Featured Post

Cara Cepat Membuat Efek HDR Pada Foto Di Photoshop

Efek Foto HDR di Photoshop  - High Dinamic Range (HDR)  atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Jangakauan Dinamis Tinggi dalam ...

30 Situs Download Font Gratis Untuk Desainer Grafis, Mana Pilihan Anda?

DesainSpot.com - Situs download font gratis. Mungkin terdapat hingga jutaan situs di seluruh jagad web ini yang khusus menawarkan download font gratis bagi siapapun. Baik yang bisa langsung mengunduhnya maupun melalui fasilitas berlangganan yang ditawarkan bagi pengguna website tersebut.

Jika anda adalah seorang Graphic Designer, penawaran jenis huruf gratis ini tentunya sangat membantu untuk berbagai keperluan proyek desain anda. Terlebih lagi, bagi pemula yang baru mulai belajar tentang bidang yang bersangkutan.

Anggaplah anda adalah seorang yang baru dan memiliki antusias yang tinggi saat menggunakan software semacam Adobe Photoshop, Illustrator, dan mungkin CorelDraw atau beberapa program grafis lainnya. Dan, anda membutuhkan font yang juga baru, stylish, font yang keren, yang anda lihat di beberapa situs yang anda kunjungi, namun tidak tahu dimana akan mengunduhnya. Maka, artikel kali ini bisa jadi membantu anda agar tidak terlalu kerepotan mencarinya satu-satu.

Oleh karena itu, daftar situs tempat unduh font di bawah ini semoga bisa membantu anda untuk segala jenis kebutuhan desain yang sedang dan akan anda buat.

30 Situs Download Font Gratis

Web download font gratis

Mohon untuk diperhatikan bahwa list yang akan anda baca ini, masing-masing situs memiliki kebijakan/peraturan dan persyaratan penggunaan font yang berbeda antara satu dengan yang lain. Jadi, jika misalnya anda mendownload kemudian menggunakannya untuk keperluan komersil, silahkan baca peraturan penggunaannya yang diinformasikan oleh situs tempat anda mengunduhnya.

1. 1001FreeFonts

Nama situs yang pertama ini sepertinya sudah mengatakan segalanya mengenai web tersebut. 1001FreeFonts juga bisa jadi merupakan salah satu atau bahkan yang pertama kalau berurusan dengan resource gratisan. Sepertinya sudah ada sejak 1998, deh. Untuk mendapatkan 10.000 fonts yang bisa digunakan bagi kepentingan komersil, mereka pun hanya memberikan penawaran seharga $19,95 saja. Sangat murah dengan jumlah yang demikian banyaknya.

2. 1001fonts

Tanpa embel-embel free pada nama situsnya, namun Anda bisa mendapatkan berbagai huruf gratis seperti pada nomor 1 diatas. Yang menurut saya sangat menarik dari 1001fonts adalah pada navigasi situsnya yang memungkinkan kita untuk melakukan filter pencarian font dengan ukuran (pt) tertentu dan memberikan kebebasan pada penggunanya untuk melihat contoh huruf dalam warna yang bisa Anda pilihan sendiri.

3. FontFreak

Ada ratusan ribu font yang terdapat di web ini yang merupakan karya dari ratusan desainer. Dan, dalam situsnya juga Anda bisa mengunduh 5 ribuan lebih font hanya dengan harga $7,95 saja. Lebih murah dibandingkan dengan 1001 free fonts meskipun jumlahnya yang berbeda.

Toh, biaya tersebut digunakan untuk menutupi biaya server situs (bandwidth) agar tetap bisa diakses dengan mudah dan cepat.

4. Acid Fonts

Disini sepertinya gratis semua meskipun Anda tetap harus memeriksa TOS situsnya untuk mengetahui sejauh mana penggunaan font yang tersedia bisa Anda manfaatkan. Di situsnya pun tidak ada tawaran pembelian font dalam jumlah tertentu, terlebih untuk kepentingan komersil. Jadi, jangan lupa berkunjung ya ke AcidFonts.com.

5. Font Reactor

Kalau berkunjung langsung ke fontreactor.com, bahasa situs utamanya adalah Spanyol. Jadi, lebih baik di URL en.fotnreactor.com saja agar bisa diakses pakai Bahasa Inggris.

Disini juga menyediakan yang versi premium untuk kebutuhan komersil maupun bagi pencari gratisan. Hingga tulisan ini dipublikasikan, dukungan bahasa yang ada sudah mencapai 11 bahasa meskipun belum ada yang Indonesia-nya.

6. Abstract Fonts

Kebanyakan situs download font gratis tidak mewajibkan penggunanya untuk membuat Akun di situsnya. Sama juga dengan di AbstractFonts.com.

Namun, cobalah untuk mendaftar disana! Karena, Anda akan bisa melakukan bookmark and batch download hingga 100 font yang telah di zip menjadi 1 file. Jadi, hanya sekali klik saja.

7. Font Garden

Di FontGarden.com, bagi saya situsnya sangat sederhana. Bahkan, tidak ada iklan sama sekali seperti kebanyakan situs lainnya dengan tema yang sama. So, silahkan berkunjung dengan hati yang gembira kesana.

8. Urban Fonts

Saya sih yakin bahwa kamu akan menyukai juga ketika berkunjung ke UrbanFonts.com. Kenapa? Menurut saya, hal paling menyenangkannya adalah ketika ada menu navigasi OUR FAVORITES dan TOP 100-nya.

Penasaran? Langsung aja kesana bro!

9. DaFont

Yes.

Dafont.com ini adalah salah satu tempat download font gratis terRAMAI di dunia menurut Admin. Dan juga salah satu favorit saya. Terlalu banyak yang harus Admin ungkapkan. So, mending langsung ke lokasi aja, yes?

10. Search Free Fonts

SearchFreeFonts.com berani mengatakan bahwa mereka salah satu yang terbesar di web dalam kategori ini. Terserahlah.

Tapi, memang keren sih. Apalagi yang membuat saya jatuh cinta adalah, di situsnya juga disertai berbagai ragam artikel untuk membantu penggunanya. Terutama sekali bagi mereka yang bergelut dengan dunia tipografi. Dan, ini yang banyak luput dan tidak banyak dilakukan website lain.

Salute!

11. Font Paradise

Kalau situs lainnya langsung menampilkan contoh font pada halaman depan web, disini malah ada sambutan-sambutan gitu yang berjudul Welcome to FontParadise.com disertai dengan tulisan panjang lainnya. Entah sampai berapa paragraf.

Meskipun, pandangan pertama tersebut belum bisa membuat Admin jatuh cinta, namun tetap layak untuk dikunjungi. Dicoba aja, yah?

12. Chank

Ingin tahu pendapat saya mengenai Chank.com?

Saya suka... Saya suka!

Desain webnya juga sangat kekinian banget. Bagaimana dengan mengunduh file font apalagi yang gratis? Buktikan sendiri saat ini juga!

13. Creative Market

CreativeMarket.com, biasanya memberikan juga berbagai penawaran menarik setiap minggu apalagi jika anda berlangganan di situs ini. Diantara penawaran-penawaran tersebut, anda akan menemukan bahwa mereka juga memberikan font gratis bagi pengunjung situs.

14. Behance

Behance.net, selain sebagai platform yang menawarkan portofolio online bagi pengguna terdaftar, anda juga bisa memanfaatkan fitur search yang disediakan untuk melakukan pencarian font yang diupload dan siap untuk di download disana. Terlebih, banyak dari kalangan para artist dan profesional desainer grafis berkumpul disana yang berasal dari seluruh dunia. Bisa jadi, anda akan menemukan apa yang sedang dicari dan mungkin cocok bagi anda. Happy hunting!

15. HypeForType

HypeForType.com ini memiliki lebih dari puluhan ribu desain dari para top desainer yang kebanyakan disediakan untuk di download secara gratis. Karena para profesional dan master, situs ini juga patut untuk anda bookmark.

16. Artimasa

Artimasa.com bisa diibaratkan sebagai suatu studio kecil yang didalamnya berisi orang-orang dengan mimpi yang sangat besar. Terbukti dari banyaknya jenis dan desain font menarik. Beberapa rancangan font yang dibuatnya pun bisa anda download dengan mudah.

17. The Northern Block

Beralamat di thenorthernblock.co.uk, sepertinya situs yang satu ini berasal dari negeri Ratu Elizabeth (UK).

Dan, jangan sampai melewatkan situs ini sebagai daftar yang patut anda eksplorasi.

18. Fontcab

Disini, semua font bisa digunakan untuk kepentingan komersial. Kunjungi Fontcab.com saat ini juga.

19. Fontstruct

Bagi saya, Fontstruct.com sangat dianjurkan untuk dieksplor lebih jauh. Langsung aja nongkrong disana atau bisa juga dijadikan salah satu tujuan utama kalau berbicara mengenai dunia perHURUFan.

20. Adobe Edge Web Fonts

Sudah tahu belum kalau Adobe ada fasilitas untuk font nya? Silahkan berkunjung ke EdgeWebFonts.adobe.com untuk mengetahui lebih jauh.

21. Neogrey

Neogrey.com ya?

Gambar diatas itu adalah dari situs ini. Kalau penasaran, kenapa gak kesana saat ini juga.

22. FontFabric

Di FontFabric.com, yang gratisannya hanya sejumlah 100-an saja. Tapi, kualitasnya premium.

23. Font Squirrel

Selain fungsi utamanya sebagaimana pokok bahasan di artikel ini, di FontSquirrel.com juga bisa dimanfaatkan Font Identifier-nya jika Anda tidak mengetahui nama atau jenis font tertentu dengan mengupload gambarnya. Juga, tersedia forum untuk membicarakan berbagai hal terkait huruf/tipografi dan menu Blog sebagai wadah untuk belajar dari artikel yang dipublikasikan.

24. Ten by Twenty

Jika menginginkan situs dengan ribuan font gratis, TenByTwenty.com memang bukanlah tempat yang tepat. Tapi, jika menginginkan yang sangat keren, silahkan Anda jajal situs ini.

Disana, anda juga akan menemui berbagai ikon, tema dan template. Ingat! Ini bukan hanya tentang kuantitas, tapi juga sesuatu yang melebihi itu.

25. Kevin and Amanda

Saat berkunjung ke KevinAndAmanda.com, akan banyak yang terkecoh karena pada dasarnya ini adalah blog personal kedua nama diatas yang mengulas tentang makanan, perjalanan dan berbagai tips lainnya.

Namun, siapa sangka bahwa di blog tersebut juga ternyata membagikan font gratis bagi siapapun.

26. Fonts.Google

Dari namanya, Admin yakin kalau Anda pasti sudah tahu situs ini besutan siapa. Selain bisa mendapatkan font gratis, di Fonts.Google.com juga bisa dimanfaatkan untuk mengganti font blog/situs.

27. The League of Movable Type

Disini, selain menyediakan membership juga ada kursusnya. Monggo, dikunjungi di TheLeagueOfMovableType.com.

28. Impallari

Awal berkunjung ke impallari.com, tampilannya sangat sederhana banget. Bahkan, saya awalnya mikir kalau desainnya seperti koran. Tapi, tetap unik.

Meskipun tidak banyak pilihan disini, namun font yang disajikan pun bagi saya merupakan pilihan terbaik. Jadi, tunggu apalagi!?

29. Font Library

Didominasi dengan warna coklat cream pada desain webnya. Mengenai gratisan, FontLibrary.org bisa dicoba.

30. Font Space

Nah, yang ini dulunya namanya FontFlood kalau gak salah. Desain webnya juga bikin cinta semakin dalam. Saat Anda membaca tulisan ini, disana sudah ada font gratis sebanyak 33.000 yang dibagikan oleh para desainer dari berbagai negara di dunia yang fana ini.

WOW pake banget!

Masih kurang atau jangan-jangan malah kebanyakan situs download font gratis diatas?

Silahkan pilih mana yang akan Anda kunjungi dan bagi pengalaman tersebut di komentar yang sudah disediakan dibawah.

Ingat juga untuk membagikan artikel ini di Facebook, Twitter, Google Plus dan sebagainya.

Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »