6 Jenis Produk dan Jasa Desain Grafis yang Laku Dijual Online

Selayaknya bidang lainnya, dunia desain grafis juga memiliki orang-orang dengan talenta khusus. Jika anda adalah seorang graphic designer, anda mungkin pernah merasakan dunia berbalik arah dimana karya anda yang keren itu dianggap sebagai desain gratis. Mungkin oleh teman anda sendiri?

Sungguh TERLALU!
Tapi, tenang. Karena Anda tidak sendirian.

Faktanya. Banyak diantara kita juga mengharapkan bahwa apa yang menjadi bakat tersebut, diharapkan mampu untuk menjadi salah satu sumber penghasilan. Benar?

Sederhana saja.

Sudah berapa karya yang dihasilkan dan benar-benar mendapatkan "apresiasi" dari dunia sekitar anda selain ucapan "terima kasih, ya Bro!"?

Mendapatkan penghasilan online dari produk dan jasa desain

Disisi lain, anda berkreasi juga terkadang memerlukan biaya. Mungkin harus beli pulsa atau kuota internet untuk mencari inspirasi, cemilan untuk menemani bekerja karena pacar gak punya, dan tentunya kopi sebagai penahan ngantuk disaat bekerja di malam hari. Belum lagi, proses yang harus Anda lewati (belajar) tersebut bisa bertahun-tahun.

Bagaimana hasil dari meluangkan waktu dan tenaga tersebut?

Uhhh…

Apalagi, terkadang satu karya bisa diselesaikan selama satu hari penuh dan bahkan lebih. Jangan bilang kalau saya benar juga mengenai hal ini, iya kan!?

Teman, kenalan baru dan sebangsanya memang kadang perlu diberikan yang gratisan. Tapi, pada satu waktu, anda juga harus berani mengatakan tidak terhadap korupsi. Eh.

Lucunya, meskipun keberadaannya diakui, masih sangat banyak masyarakat yang harus diyakinkan bahwa dunia desain juga merupakan sebuah pekerjaan yang layak dan profesional. Terkadang, orang dengan pendidikan tinggi pun masih harus dijelaskan kenapa mereka harus mengeluarkan uang untuk jasa ini. Bukan sekedar biaya untuk nge-print saja.

Jika anda mengalami dan mungkin sering merasakan hal-hal diatas. Mungkin sudah waktunya untuk memikirkan cara baru menguangkan bakat tersebut. Yaitu, menjual secara online kreativitas yang sudah dimiliki.

Produk dan Jasa Desain Grafis

Oleh karena itu, akan coba saya bagikan 6 jenis jasa dan produk desain yang laku untuk dijual online. Secara sengaja saya gabungkan saja antara jasa dan produk karena keduanya bisa beriringan dan jalan sama-sama dalam satu atau beberapa kesempatan.

Silahkan cek daftarnya dibawah ini untuk membantu perjalanan karir dan peningkatan penghasilan melalui cipta kreasi anda.

1. Desain undangan

Sepertinya desain undangan adalah salah satu jenis desain yang paling sering dibutuhkan. Maksud saya adalah, hampir setiap saat orang memutuskan untuk menikah. Anda bisa menyediakan jasa menggambar undangan atau membuat banyak template desain yang siap untuk anda jual.

Satu desain undangan, setidaknya bisa mendapatkan harga Rp. 50.000,- dan elemen-elemen pembentuknya bisa anda dapatkan dengan mudah di internet jika anda tidak ingin membuat yang baru. Tinggal modifikasi, selesai.

Undangan pun memiliki jenis yang sangat beragam. Dari undangan pernikahan, acara resmi kantor/organisasi/lembaga, ulang tahun anak, akikahan, sunatan, dan seterusnya. Jika anda fokus saja pada undangan ini, sepertinya peluangnya masih sangat luas dan besar. Saya tidak mengatakan itu mudah. Tapi melihat peluangnya yang begitu besar, menjadi realistis untuk dicoba. Monggo!

2. Desain dalam dan luar ruangan

Jenis yang kedua ini juga banyak dibutuhkan terutama para pelaku bisnis. Dan, rata-rata mereka tidak memiliki karyawan atau bidang/divisi khusus untuk menangani hal ini. Dan, disitu pulalah celah bagi anda untuk menyediakan jasa ataupun produk bagi mereka.

"Tapi mas, kan sudah banyak yang menyediakan layanan murah bahkan gratis oleh pihak percetakan besar lainnya?"

Jika anda beranggapan demikian, coba pikir kembali. Seberapa pun besarnya perusahaan atau layanan pihak percetakan, tetap saja mereka memiliki jumlah pekerja yang terbatas. Jika menerima semua orderan, itu orang masih bisa tidur gak sih?

Selain dari pihak bisnis, kalangan akademisi aka kampus (perguruan tinggi) pun banyak membutuhkannya untuk berbagai event yang mereka tangani. Belum lagi penerimaan mahasiswa baru yang membutuhkan desain tambahan untuk buku panduan, promosi spanduk, dan sebagainya.Tertarik?

Untuk varian kedua ini sangat beragam bentuknya. Bisa berupa spanduk dan baliho, selebaran, brosur dan masih banyak lagi.

3. Desain untuk baju kaos

Sampai di pelosok-pelosok, mungkin masih bisa ditemui salah satu atau beberapa penjual pakaian. Belum lagi di kawasan perkotaan dengan berbagai distro kaos premiumnya. Beberapa sudah memiliki desainer grafis, tapi apakah semuanya memang sudah punya tenaganya?

Tentu saja tidak. Perhatikan saja sendiri. Apalagi di Indonesia yang luas ini.

Baca ini juga ya: 2 Hal Ini Sering Dilupakan Pemula Saat Belajar Photoshop

Oh, nampaknya saya belum menyebutkan juga tukang sablonnya ya? Mereka itu ya guys, banyak juga didatangi oleh penjual kaos, pelaksana kegiatan (event) dan lain-lain untuk membuat desain. Padahal jasa sablon loh. Meskipun, memang mereka juga sudah memiliki skill desain, sih. Tapi, bukankah itu juga peluang bagi anda?

Karena pekerjaan nyablon itu butuh tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Sibuk banget. Apalagi sablon manual.

Coba bayangkan! Terkadang anda dan mungkin kenalan anda ingin membuat acara angkatan SMA atau lulusan kampus. Makin jos lagi, karena biasanya butuh desain kaos khusus.

Bagaimana dengan desain baju bola, basket dan olahraga lainnya? Uhhh... Yang ini makin nambah lagi nilai plusnya karena biasanya orang-orang yang mencintai bidang tertentu memiliki kebanggaan tersendiri yang kadang ditampakkannya melalui kaos. Buruan dan tetap semangat mengambil kesempatan ini.

4. Desain stiker (sticker) dan Pin

Ini yang jarang dibicarakan. Bahkan, seolah dianggap tidak pernah ada atau tergerus oleh zaman. Modernitas gundulmu!

Coba anda perhatikan, masih banyak kan anda saksikan disekeliling dan didalam ruangan kamar yang memiliki stiker di cerminnya. Mungkin hadiah suatu kegiatan atau promosi produk bisnis tertentu. Pertanyaannya, berapa banyak yang anda tahu, pengusaha yang khusus menangani desain stiker dan pin (bros) ini?

Bagaimana dengan stiker kendaraan?

5. Jual tutorial (Photoshop, Illustrator, CorelDraw)

Semakin berkembangnya dunia blogging saat ini, para blogger juga sudah semakin tahu cara meningkatkan penghasilannya secara online. Terutama, yang fokus ke dunia desain.

Terkadang mereka memiliki beberapa blog yang tentunya belum bisa diurus setiap hari semuanya. Maka dari itu mereka membuka jasa penulis tutorial. Jika anda benar-benar paham dengan bidang ini dan bisa berkarya, maka seharusnya juga ada sedkit kemudahan untuk menuliskan panduannya, bukan?

Menariknya. Anda bisa menulis apa saja terkait topik yang bersangkutan. Bebas sebebas-bebasnya sesuai yang Anda inginkan.

Silahkan anda coba googling untuk mencari blog yang menerima dan membeli tutorial desain grafis berbahasa indonesia. Yang jelas ada, dan sudah lumayan banyak kok.

Jika ingin mendapatkan harga jual tutorial yang relatif lebih tinggi, konten panduan berbahasa inggris akan menjadi rekomendasi pertama saya. Jika sesuai dengan standar yang ditetapkan, maka siap-siap saja menerima transferan uangnya. Biasanya melalui paypal dan lainnya. Kalau Indonesia, enaknya masih bisa transfer antar Bank, bisa juga dalam bentuk pulsa pembayarannya.

Untuk yang berbahasa internasional, banyak yang membeli panduan tersebut hingga seharga 1 jutaan lebih. Minimal $50 kayaknya.

Tunggu apalagi?

6. Desain Logo

Nah, kalau yang ini sudah tidak asing lagi. Apalagi nilainya yang sangat tinggi. Setidaknya, harga per satu logonya minimal ratusan ribu. Itu juga yang saya perhatikan di Indonesia.

Rekomendasi: 17 Situs Desain Logo Online

Bahkan, bisa sampai ratusan juta dan milyaran. Tentunya butuh perjalanan yang tidak sebentar. Namun, tetap patut untuk dicoba.

Bonus:
Untuk poin pertama hingga ke-empat, Anda bisa dengan mudah melakukan tahapan lanjutan jika kurang pede karena modal mungkin belum siap. Yaitu, dengan bekerjasama dengan pihak percetakan. Saya sendiri sudah mengalaminya dan ternyata banyak pihak yang sangat senang dengan cara seperti itu. Jadi, selain desain, Anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari pihak yang Anda ajak kerjasama.

Dan, sangat lumayan loh hasilnya. Karena pada dasarnya, mereka juga kan adalah pebisnis.

Oh ya, tahukah Anda bahwa untuk memulai itu semua; yang diperlukan setidaknya banyalah satu blog atau 1 media sosial. Dengan begitu, maka Anda sudah bisa memulai bisnis desain.

Mungkin itu saja dulu mengenai 6 jenis jasa dan produk yang berhubungan dengan dunia desain grafis yang laku dijual online dan sangat saya rekomendasikan dalam artikel ini.

Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dan, jika sudah masuk transferannya, jangan lupa untuk bersedekah, ya? Kalau masih ada produk lainnya yang belum saya sebutkan, silahkan sampaikan di komentar agar pembaca lainnya juga bisa terinspirasi.

Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »