Cara Memasukkan Gambar Foto di Photoshop Dari Folder Laptop Anda

Cara insert media file ke Photoshop

Memasukkan Foto di Photoshop - DesainSpot.com. Sepertinya sederhana, bahkan mungkin terkesan remeh. Namun tahukah Anda, bisa jadi hal sesederhana menerjemahkan kata open yang Bahasa Indonesianya adalah buka - tidak semua orang mengetahuinya.

Who knows!?

Apalagi jika pemula seperti saya dan mungkin juga sobat yang sedang membaca artikel singkat ini. Yang jelas, untuk menyisipkan foto ke PS itu sangat mudah.

Bagi kawan yang belum mengetahuinya, semoga panduan ini bisa bermanfaat.

Cara memasukkan gambar/foto di Photoshop

Sepanjang yang penulis tahu, setidaknya ada 3 cara insert file grafis untuk kemudian Anda edit. Baik yang sifatnya mudah, maupun yang sedikit merepotkan. Hehehe.

Berikut ketiga poin yang saya maksudkan.

1. Drag and drop

Drag = seret (ambil), drop = jatuhkan (letakkan).

Begitulah terjemahan yang saya berikan. Kalaupun keliru, yang jelas konteksnya sepertinya akan sama saja kalau berbicara makna kata.

Tapi, setidaknya paham kan mengenai maksud saya? Lalu bagaimana prosesnya untuk membantu Anda melakukannya?

Tentunya, saya beranggapan bahwa sobat pasti sudah membuka software Photoshop di PC/laptop. Yang perlu dilakukan adalah dengan membuka lokasi penyimpanan foto yang akan dibuka tersebut. Jika sudah, tinggal klik kiri (pilih) sambil mousenya ditahan. Dalam terjemahan diatas, langkah pertama ini adalah "mengambil". Lalu, arahkan file tersebut ke PS yang tadi sudah Anda buka diawal. Kemudian lepas mousenya yang kemudian langkah ini menjadi tahap kedua yaitu drop (meletakkan).

Cara ini bisa Anda gunakan tidak hanya di Photoshop, namun juga di CorelDraw dan Adobe Illustrator.

Bahkan, cara ini adalah salah satu cara yang paling umum digunakan untuk membuka file tertentu di banyak perangkat lunak lainnya.

2. Menggunakan menu open

Nah, langkah pertama tadi adalah dengan memulainya lewat mencari dan memilih file, baru kemudian disisipkan ke PS. Sedangkan, cara yang kedua ini adalah sebaliknya.

Anda akan membuka gambar dengan memanfaatkan menu dari dalam Photoshop itu sendiri.

Tahapannya yaitu dengan memilih menu File - Open. Atau bisa dengan menggunakan shortcut CTRL+O. Nanti akan terbuka kotak dialog yang memungkinkan Anda untuk mencari dimana tempat (folder) penyimpanan foto yang akan dibuka. Jika sudah ketemu, silahkan langsung klik sebanyak 2X atau klik 1X saja dan pilih Open didalam kotak dialog tersebut.

Silahkan bertanya jika ada yang belum dipahami!

3. Menggunakan Adobe Bridge

Kalau tak salah, Adobe Bridge ini kayaknya sudah ada secara bap} waan ketika kita sudah selesai menginstall Photoshop.

Cara ini sebenarnya cukup merepotkan, bahkan akan jarang Anda gunakan. Tapi, kenapa saya tetap menginformasikannya?

Ada banyak alasannya. Namun, setidaknya saya ingin menyampaikan bahwa di AB itu banyak juga loh fitur-fitur menarik yang bisa dieksplorasi. Salah satunya adalah mengedit foto dengan Camera Raw. Semoga kita bisa membahasnya di lain kesempatan.

Untuk memasukkan gambar, Anda hanya perlu menemukan folder penyimpanan file seperti langkah pertama dan kedua diatas. Kemudian coba klik kanan di gambarnya. Pilih Open in Photoshop untuk memuat gambar yang nantinya akan Anda edit.

Oh ya, untuk membuka Adobe Bridge, di Photoshop pilih File - Browse in Bridge.

Dan, selesai.

Dari beberapa yang disampaikan diatas, silahkan gunakan cara yang mana saja yang sobat rasa mudah untuk menyisipkan gambar.

Jika ada pertanyaan, silahkan disampaikan sekarang via komentar. Dan, bagikan artikel ini untuk membantu teman-teman lainnya.

Makasih ya :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »