3 Cara Memindahkan Gambar atau Layer Dalam Dokumen Photoshop

Dalam panduan kali ini, Anda akan mempelajari 3 cara memindahkan foto maupun layer dalam dokumen kerja Photoshop. Ketiga hal yang akan dijelaskan tersebut membahas tentang teknik copy paste gambar, drag and drop gambar, dan bagaimana melakukan duplikat (memperbanyak) layer yang sudah Anda miliki.

Sehat ya DesainSpotter semua?

Sebagai informasi awal, saya ingin menyampaikan bahwa penggunaan software dalam panduan dasar ini bisa dengan menggunakan Photoshop CS6 maupun yang versi CC-nya. Mengenai versi sebelumnya (dibawah), silahkan coba sendiri berhubung penulis belum mencobanya untuk pembahasan yang sekarang.

Yang dibutuhkan dalam topik ini adalah 2 gambar yang nantinya sobat akan membuka fotonya di Photoshop. Langsung ditampilkan saja ya saat ini juga kedua gambar tersebut.

Anda pastinya sudah tahu bahwa ketika 2 foto tersebut sudah dalam dokumen kerja Photoshop, pasti akan ada 2 lembar kerja dalam bentuk tab. Dan, pengaturan bawaannya hanya akan menampilkan salah satu gambar saja.

Dan, pasti sudah tahu juga bahwa untuk beralih atau pindah ke tab lainnya, tinggal di klik saja untuk melihat gambar lain yang diinginkan.

Dalam tutorial ini, "anggaplah"  saya akan menggunakan gambar Laut (foto 1) dan Percikan Air (foto 2). Belum saya sertakan foto sih, karena panduan ini ditulis di hp. Laptop sudah lama rusak dan belum tahu mau pinjam punya siapa. Harap maklum.

Mohon maklum juga ya jika penjelasannya terlalu basic, namanya juga amatiran.

Baiklah.

Selanjutnya, saya akan langsung saja mengajak Anda ke pokok pembahasan dari ketiga cara yang telah saya beritahu di awal. Yuk, mari!
Copy paste gambar di Photoshop

Cara 1. Copy dan Paste

Metode pertama ini bertujuan untuk mentransfer foto dari satu dokumen ke dokumen lainnya. Untuk memulainya, silahkan pilih salah satu dokumen (tab) dari kedua gambar yang sudah dipersiapkan. Sebagai contoh, saya akan mengawalinya dengan memakai foto laut.

Kemudian, arahkan mouse Anda dengan memilih menu Select - All. Bisa juga dengan hanya menggunakan shortcut Ctrl + A di keyboard. Langkah ini berguna untuk memilih semua bidang gambar yang akan di copy. Ditandai dengan aktifnya ikon seleksi (yang gambar garis putus-putus dan gerak-gerak itu loh) di semua sisi.

Pilih menu Edit - Copy atau Ctrl + C. Setelah itu, pindah ke tab foto 2, dan select all lagi. Kemudian, pilih menu Edit - Paste atau Ctrl + V untuk menempelkannya.

Anda akan melihat bahwa langkah pertama ini akan menggandakan gambar dalam dokumen yang sama. Dimana gambar yang baru saja Anda paste tersebut akan secara otomatis berada dalam layer baru diatas gambar aslinya.

Jika Anda ingin melanjutkan ke metode selanjutnya, silahkan reset dulu dokumennya agar sama persis dengan tampilan awal ketika kedua foto baru di buka. Hapus layer yang baru tersebut dan hilangkan seleksi pada gambar dengan memilih menu Select - Deselect atau Ctrl + D.

Cara 2. Duplikasi Layer

Dalam dokumen Photoshop, file gambar/foto ditempatkan berada dalam wadah yang kita sebut sebagai layer. Jadi, ketika Anda akan menduplikat layer tersebut, maka isi didalamnya pun akan mengikuti. Layer ini ibarat rumah. Ketika rumah akan dipindahkan, maka seluruh penghuni dan isinya pun akan ikut pindah.

Baik sebagian maupun keseluruhan isi rumah tersebut mau Anda pindahkan atau tidak, terserah Anda. Namun, dalam panduan ini - anggaplah kita akan memindahkan semuanya (seluruh bidang gambar tiap pixelnya).

Pertama-tama, pastikan bahwa Anda mengaktifkan layer gambar dalam salah satu dokumen dengan cara mengkliknya. Lalu, pilih Layer pada menu dan klik Duplicate Layer. Bisa juga dengan melakukan klik kanan di layer yang akan diduplikat.

Kemudian, akan muncul kotak dialog yang menyarankan untuk menamai layer (bisa dilakukan atau tidak). Opsional. Dan pada bagian Destination (tujuan), berisi informasi bahwa menuju dokumen mana Anda akan menduplikat layer tersebut. Pilih destinasinya, lalu klik Ok untuk melanjutkan.

Silahkan pilih dokumen yang menjadi tujuan duplikasi tersebut. Disana, seharusnya sudah akan tampil gambar beserta layernya yang baru saja digandakan.

Jika teman-teman merasa penjelasannya membingungkan, jangkan sungkan untuk bertanya langsung ya.

Jangan lupa untuk me-reset lagi setiap dokumen yang ada untuk mendukung langkah selanjutnya (Ctrl + Z).

Cara 3. Drag and drop antar dokumen (tab)

Mengenai drag and drop ini sudah pernah saya bahas secara singkat dalam artikel cara memasukkan gambar di Photoshop. Silahkan dibaca bagi yang belum.

Untuk memindahkan gambar, cara ini termasuk cukup sederhana dan bisa dilakukan dengan sangat cepat. Proses pemindahan file grafis tentunya akan dilakukan antar dokumen yang satu dan lainnya.

Caranya adalah, aktifkan atau pilih Move Tool (M). Huruf "M" tersebut merupakan shortcut keyboardnya. Tool ini merupakan alat yang diposisikan pada bagian teratas toolbar dari sekian banyak tool yang tersedia pada bagian kiri interface photoshop.

Di dalam dokumen yang akan dipindahkan, kemudian silahkan klik dan tahan pada bagian gambar mana saja. Sambil mouse tetap ditahan (belum dilepas kliknya), arahkan kursor Anda menuju tab/dokumen lainnya yang menjadi tujuan pemindahan foto.

Secara otomatis, tampilan Photoshop seharusnya akan beralih ke tab tujuan tersebut. Yang penting jangan buru-buru. Pastikan dengan benar bahwa pergantian tab sudah terjadi, ditandai dengan tergantinya tampilan gambar yang mengisyaratkan bahwa untuk selanjutnya Anda akan aktif bekerja di dokumen kedua ini.

Sebagai contoh, saya akan mengcopy gambar laut menuju gambar percikan air. Karena tab pertama yang dibuka adalah di foto laut, maka tampilan selanjutnya yang akan aktif adalah di tab foto percikan air.

Jika tampilan dokumen tujuan sudah aktif, silahkan langsung arahkan gambar yang masih Anda 'klik dan tahan" tersebut ke dalam gambar di dokumen tujuan. Lalu, lepas mouse Anda agar foto secara otomatis dimuat didalam tab kedua ini.

Untuk memposisiskan gambar pada bagian tengah, tekan dan tahan tombol Shift pada keyboard bersamaan dengan Anda melepas klik mouse tersebut (drop).

Jika sudah, selain gambar tersebut berhasil di pindahkan, Anda juga akan melihat bahwa layer dalam dokumen ini akan bertambah satu yaitu layer dari gambar yang baru saja Anda copy.

Pada tahap ini, Anda sudah selesai dengan metode pengambilan dan peletakan gambar dengan tujuan untuk menggandakannya (memperbanyak).

Dan, selesai jugalah ketiga metode pemindahan foto dalam panduan ini.

Penulis tahu bahwa mungkin akan banyak yang kebingungan. Hehehe. Karena itu pastikan untuk bertanya via komentar dibawah. Jangan lupa juga untuk membagikan panduan ini ke teman-teman Anda.

Terima kasih.

Comments

Post a Comment