Jasa Desain Online, Ini 5 Manfaat yang Bisa Didapatkan

Terdapat banyak manfaat ketika suatu bisnis yang bergerak di bidang penyediaan jasa memutuskan untuk go online. Begitu juga dengan jasa desain grafis.

Meskipun belum semua orang melakukannya, namun tetap direkomendasikan bahwa keputusan tersebut patut untuk dipertimbangkan.

Jasa dessin online

Dari segi profesionalitas, setidaknya Anda hanya membutuhkan 1 nama domain untuk membangun sebuah blog atau website dengan ekstensi Top Lever Domain (TLD) seperti .com, .net dan sebagainya. Biayanya pun relatif terjangkau karena dengan seratus ribuan saja, Anda sudah bisa memilikinya. Jika menggunakan CMS wordpress, setidaknya 300-500 ribu sudah cukup untuk menutupi biaya domain dan hosting selama 1 tahun.

Untuk ukuran situs dengan topik desain yang ditargetkan sebagai sumber penghasilan, saya rasa harga diatas sangatlah terjangkau.

Manfaat Layanan Jasa Desain Grafis Online

Kembali ke topik utama kita, ya.

Meskipun keputusan diatas tidak serta merta akan membuat Anda kaya dalam semalam, namun peluang keberlangsungan bisnis desain online tersebut bisa lebih lama dibanding selainnya yang dilakukan dengan effort yang sama. Tentunya juga dengan berbagai keuntungan lainnya yang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Market yang lebih luas

Ini berlaku bahkan pada hampir seluruh jenis bisnis yang dijalani selain yang bergerak dalam usaha desain.

Jika melakukannya secara konvensional, target pasar yang berpeluang Anda jadikan klien didominasi oleh pencari jasa lokal. Belum lagi yang akan menggunakan keahlian Anda dengan embel-embel teman. Bisa-bisa, karya desain Anda hanya dibayar dengan ucapan terima kasih saja.

Kerja keras dan kreatif dibayar ludah!
Hehe.

Semakin banyak yang mengenal jasa Anda, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan dari bakat tersebut. Dan, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menyediakan situs khusus yang berfungsi sebagai kantor online Anda.

2. Fleksibilitas dalam waktu dan lokasi kerja

Karena Anda menyediakan layanannya secara online, maka Anda pun bebas untuk memulai kapan waktu mengerjakan orderan desain dan dimana akan mengerjakannya tanpa terikat dengan banyak hal selain deadline pekerjaan yang telah sama-sama disepakati.

Baca juga: 17 Situs Desain Logo Online

Mau dikerjakan di hutan pada waktu tengah malam pun, silahkan. Yang penting batrei laptopnya cukup. Hehehe.

3. Murah bagi yang modalnya minim

Biaya domain dan hosting yang diinformasikan diatas setidaknya menjadi salah satu cara yang SANGAT efisien jika belum memiliki modal yang cukup. Apalagi kalau harus dibandingkan dengan biaya bangunan (kantor). Jauh banget bedanya.

Apalagi jika Anda melakukannya sendirian. Justru akan sangat menghemat pengeluaran yang tidak perlu. Toh, hanya tambah biaya internet saja.

4. Peluang kerjasama terbuka lebar

Sesuatu yang mampu dipikirkan manusia itu bisa jadi akan terwujud di hari yang akan datang. Jika Anda pernah mengimpikan dan mulai berusaha untuk mendapatkan klien besar sekelas perusahaan nasional, hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil.

Selain itu, bisa saja dari terkenalnya situs Anda, datang pula berbagai tawaran kolaborasi dari artis lainnya untuk bekerjasama dalam suatu proyek desain yang sedang mereka tangani.

5. Konversi penghasilan yang tinggi

Biaya operasional yang rendah, begitu juga dengan pengeluaran bagi pengelolaan dan perawatan situs yang minim, bukankah ini juga setidaknya dapat dimaknai bahwa nilai persen atau keuntungan bersih yang bisa didapatkan semakin tinggi?

Rekomendasi: 6 Produk dan Jasa Desain yang Laku Dijual Online

Mungkin tidak sampai sebulan, malah sudah bisa kembali modal. Terutama untuk website tersebut.

Bukannya mau mengajak Anda untuk lama-lama dalam berangan-angan ya, tapi sepertinya memang masuk akal. Apalagi kalau sampai menjalin kerjasama dengan pihak percetakan.

Jossss!!!

Semoga artikel singkat ini bisa memotivasi terutama bagi Anda yang menekuni bidang terkait. Jika ada tambahan, silahkan sampaikan pemikiran dan pengalaman Anda melalui komentar dibawah.

Oh ya, poin-poin diatas beberapa menjadi pengalaman penulis sendiri. Selainnya merupakan hasil observasi dari pengalaman teman dan orang lain yang dipublikasikan secara online.

Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Dan, jangan lupa bersedekah!

Comments