2 Hal Ini Sering Dilupakan Pemula Saat Belajar Photoshop

Bagi pemula, belajar Photoshop itu gampang-gampang susah dan sebaliknya.

Bila Anda mengganggapnya rumit sedangkan sudah berbulan-bulan bahkan menginjak tahunan dalam pembelajaran dan latihan tersebut, mungkin saja proses pembelajaran yang Anda lakukan KELIRU.

Ini juga berlaku bagi penulis. Yang entah sudah berapa tahun baca dan latihan sana-sini, tapi ada saja yang masih sering terlupakan. Hal ini berakibat pada waktu yang dibutuhkan semakin banyak. Padahal, kadang hal yang sama telah berulang kali diketahui dan dipraktekkan.

Belajar dasar-dasar Photoshop

Setelah dipikirkan kembali, salah satu faktor pertama yang sangat berpengaruh ternyata tidak belajar secara terstruktur (tidak berurutan). Bayangkan saja, bukankah untuk sampai pada tingkat yang lebih lanjut lagi kita harus merasakan dasar-dasarnya dulu?

Sepengalaman saya, dulu saat awal berkenalan dengan Photoshop dan mungkin juga software desain grafis lainnya seperti CorelDraw dan Adobe Illustrator - langsung mencari berbagai tutorial dalam penggunaannya. Maunya langsung dipraktekkan pada foto sendiri atau teman supaya biar lebih cepat dilihat hasilnya. Begitu terus hingga bertahun-tahun.

Hasilnya?

Bisa memang. Namun, semakin kesini, mikirnya kok semakin gak bisa terlepas dari panduan yang diberikan orang lain secara online!? Tidak ada kemandirian sama sekali. Semua serba latah. Ikut-ikutan. Karyanya itu-itu saja. Jika dulu lagi nge-trend efek foto tertentu, ya itu juga yang diikuti.

Rekomendasi: 9 Cara Merubah Warna Foto di Photoshop

Memang tidak salah. Tapi, jika Anda memiliki tujuan lain dalam dunia desain grafis maupun editing, ada baiknya untuk mulai menetapkan tujuan pembelajaran Anda. Mau sejauh apa? Apakah nanti akan dijadikan sebagai sumber penghasilan atau sekedar mengenal sepintas software bersangkutan?

Membaca tutorial dan langsung mempraktekkannya itu tidaklah salah. Apalagi jika Anda diperintahkan (misalnya, atasan Anda di kantor) untuk membuat sebuah desain sementara itu bukan latar belakang pendidikan Anda. Sah-sah saja. Namun, jika ingin berkembang dalam bidang tersebut lebih dalam lagi, ada baiknya Anda mulai belajar kembali dasar-dasarnya.

Ini yang sering dilupakan pemula

Lagi-lagi ini untuk pemula ya. Dasar-dasar untuk Anda memulainya kembali ada 2 saja. Gak banyak kok. Lihat daftarnya dibawah ini.

1. Interface Photoshop

Interface yang saya maksudkan disini adalah pengantar software paling dasar yang harus Anda miliki pengetahuan didalamnya. Satu hal yang menyangkut poin ini adalah tampilan dari PS itu sendiri.

Ini biasanya berkaitan dengan berbagai preview dalam suatu perangkat lunak. Misalnya, toolbar itu apa dan dimana letaknya, menu, layer panel/palleete dan sebagainya.

Dengan mengetahui hal ini, referensi lain yang menjelaskan tentang hal yang berhubungan akan dengan mudah Anda pahami.

Misalnya ketika pemula diinformasikan untuk mengaktifkan tool shape pada toolbar, kira-kira paham tidak dimana letak toolbar tersebut.

2. Pengenalan fungsi tool, filter dan sebagainya

Ini juga sangat perlu dilakukan. Dan juga memiliki keterkaitan dengan poin nomor 1 diatas.

Anda mungkin sudah tahu tentang penggunaan brush, begitu juga dengan saling keterhubungan penggunaannya dengan Layer Mask dalam melakukan seleksi terhadap bagian tertentu pada foto atau desain. Namun, kalau pemula belum tentu paham bagaimana proses kerja tersebut. Bukannya meremehkan ya, tapi banyak ditemui secara online mengenai topik seperti itu dan masih banyak lagi contohnya.

Belum lagi, beberapa filter tidak bisa digunakan sama sekali ketika akan diterapkan pada layer yang telah diubah menjadi Smart Object.

Ketika 2 hal diatas sudah dikuasai dengan baik, Anda bahkan tidak akan begitu membutuhkan lagi banyak tutorial karena sudah kuat dasarnya.

Selebihnya Anda hanya akan mencari referensi untuk karya-karya berikutnya jika memang diperlukan.

Baca juga: 3 Cara Memindahkan Gambar dan Layer Photoshop

Namun, harus diakui bahwa kedua hal diatas itu sangat membosankan. Bener gak?

Padahal, paling hanya dibutuhkan waktu seminggu atau mungkin sebulan paling lama. Selebihnya, kalau sudah khatam; untuk seterusnya mungkin tidak akan dipelajari lagi. Soalnya, Photoshop sendiri yang versi apapun gitu-gitu aja update-annya. Kalaupun signifikan, untuk mempelajarinya pun sangat mudah.

Bagaimana menurut Anda?

Comments