Manfaat Download File PSD Photoshop yang Dibagikan Gratis Secara Online

Kenapa harus unduh PSD

Mungkin sudah banyak yang tahu apa saja manfaat file PSD sebagai format dokumen bawaan Photoshop. Namun bagi yang belum, silahkan lanjutkan membaca artikel ini meskipun hanya sebagai pengantar singkat. Juga apa alasan kenapa harus men-download filenya dari blog atau situs lainnya yang dibagikan gratis secara online.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat bekerja di Photoshop dengan berbagai foto dan elemen grafis lainnya, konten-konten dalam satu dokumen tersebut memungkinkan untuk ditampilkan dalam layer yang terpisah. Begitu juga dengan berbagai pengaturan seperti filter dan efek lainnya.

Layer kemudian berfungsi sebagai container (wadah) untuk menyimpan berbagai elemen grafis dan efek yang kita masukkan.

Ketika sedang mengerjakan sebuah projek dan teralihkan oleh kegiatan lain yang tidak memungkinkan kita untuk melanjutkan pekerjaan yang sedang digarap saat ini, menyimpan filenya dalam format PSD tentu akan sangat membantu.

Apalagi jika pengalihan tersebut mengharuskan kita untuk melakukan shutdown terhadap laptop atau PC.

Tentu kita tidak perlu khawatir lagi karena dalam PSD yang telah disimpan, sangat memungkinkan untuk melanjutkan kembali pekerjaannya di waktu lain. Tanpa harus ragu kehilangan pengaturan yang telah diterapkan. Apalagi akan sangat membantu ketika masing-masing layer telah diubah ke smart object.

Di berbagai situs-situs besar atau populer dan blog personal yang berkaitan dengan dunia editing foto dan juga desain grafis, kerap ditemukan menyertakan link download file untuk tutorial yang dipublikasikan. Bahkan banyak website yang khusus didedikasikan untuk mendownload file PSD dan berbagai format dokumen grafis lainnya untuk didapatkan secara gratis.

Hal tersebut tentu menjadi kabar baik bagi kita yang belajar tentang hal yang berkaitan, terutama penggunaan Photoshop.

Dalam mempelajari efek foto tertentu, banyak diantara kita kerap melakukan pencarian panduan baik dalam bentuk teks atau artikel maupun video di YouTube.

Memang sangatlah wajar, bahkan hal tersebut sepertinya sangatlah banyak yang melakukannya.

Dan sebagai tambahan untuk membantu proses belajar, Anda bisa memanfaatkan file PSD yang dibagikan secara gratis di situs dan blog terkait.

Dalam file PSD yang diunduh tersebut, biasanya berbagai pengaturan terhadap foto telah disertakan efeknya. Karena tersimpan dalam layer yang terpisah. Juga, biasanya memanfaatkan kehadiran fitur smart object sehingga efek dan pengaturannya bisa diakses atau dilihat dengan mudah.

Kemudahan tersebut pula lah yang akhirnya akan membantu Anda dalam mempelajari apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan efek foto tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa sekedar melakukan copy-paste terhadap efek tertentu ke dokumen lainnya yang memiliki foto yang berbeda.

Selanjutnya, Anda tinggal mengubah-sesuaikan saja pengaturan yang ada. Mengurangi nilainya, merubah mode layernya, ataupun menghapus salah satu atau beberapa filter yang tidak Anda butuhkan dan sebagainya.

Bahkan, dari efek foto yang satu mungkin akan menuntun Anda untuk menciptakan efek lainnya yang berbeda dengan hasil akhir dari PSD yang Anda unduh sebelumnya.

Dan memang hal itu sangatlah memungkinkan selama efek yang dimaksud ditempatkan pada layer yang berbeda atau dalam layer yang telah dikonversi ke smart object.

Jadi, silahkan berburu PSD di situs favorit Anda. Dan jadikan file tersebut sebagai salah satu inspirasi untuk membantu proses belajar Anda.

Semoga berkenan. Ada pertanyaan?

Comments