Situs Menarik Untuk Melihat Desain Website Masa Lalu

Ingin tahu bagaimana tampilan situs-situs populer saat ini pada masa lalu? Misalnya desain situs seperti Google, PayPal, YouTube, Yahoo, Facebook, McDonald's dan sebagainya pada tahun tertentu, terutama pada saat awal membuatnya (telah online)?

Desain situs zaman dulu?

Dulu, sudah jelas bahwa penggunaan internet tidak akan sampai menyamai jumlah pemakai saat ini. Terutama karena infrastruktur dan teknologi pendukung yang ada saat itu tidaklah secanggih sekarang.

Semakin meningkatnya pengguna internet saat ini, bisa jadi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya perkembangan dalam dunia desain website.

Dari yang tadinya jadul, berubah dengan menawarkan berbagai rancangan tampilan untuk memanjakan para pengunjung suatu situs.

Adalah Web Design Museum (WebDesignMuseum.org), sebuah situs yang mengumpulkan ratusan desain situs populer di dunia.

Situs tersebut memang secara khusus berisi arsip desain website dalam bentuk screenshot. Dan sepertinya memang hanya tampilan screenshot desktop saja. Apalagi dulu memang belumlah setenar saat ini penggunaan internet dengan hp dan tablet.

Diketahui bahwa arsip yang dimiliki bermula pada desain website sejak 1995 hingga 2005 dan telah mengoleksi hingga lebih dari 900 desain website.

Cukup menarik untuk dilihat. Apalagi mengetahui betapa jauhnya perbedaan dengan trend yang berkembang saat ini.

Untuk "berkeliling di museum" ini, kita disediakan beberapa pilihan. Ingin menjelajahi dari halaman beranda hingga akhir, navigasinya tentu telah tersedia.

Fitur pencarian menggunakan nama situs sebagai kata kuncinya pun tentu saja ada.

Bagian terbaiknya adalah bagaimana melihat trend perkembangan masing-masing desain situs berdasarkan waktu. Karena pengunjung tidak hanya disajikan desain suatu situs saat awal dibuat saja. Namun juga ketika telah mengalami perubahan.

Misalnya tampilan situs Amazon saat pertama kali online (tahun 2001) dan ternyata merubah desainnya pada tahun 2004, kemudian 2006, tahun 2008, dan yang terakhir adalah 2016 yang lalu. Bisa dilihat perbandingannya karena screenshot-nya berdasarkan kurun waktu tertentu (timeline).

Unik saja sih, Melihat seberapa jadulnya trend waktu itu jika dibandingkan dengan yang ada saat ini. Kali aja bisa memberikan inspirasi baru jika Anda adalah seorang web designer.

Bagaimana menurut Anda?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »