Apa Itu Tipografi dalam Desain Grafis serta Manfaatnya

Dalam dunia desain grafis atau yang berkaitan dengannya, kita kerap kali mendengar dan membaca mengenai sebuah istilah yang disebut sebagai tipografi. Tapi apakah kita benar-benar tahu apa itu tipografi sendiri?

Anda mungkin merasa untuk tidak perlu mengetahui definisinya, namun justru dari hal sederhana inilah Anda akan mengetahui tidak hanya dasar-dasar mengenai tipografi, tapi juga bagaimana perkembangannya hingga saat ini. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda kedepannya bisa menghasilkan karya dari bidang ini.

Yang penting bagaimana dasar-dasar pengetahuannya dikuasai terlebih dahulu. Mungkin akan terdengar sebagai proses yang membosankan, tapi ketika itu semua bisa dilewati, maka pengembangan ilmu dan prakteknya pun akan semakin menunjang kedepannya.

Apa itu tipografi dalam desain grafis?

Definisi tipografi serta manfaatnya dalam desain

Kita memaknai desain grafis sebagai sebuah proses perancangan (desain) yang melibatkan banyak elemen pendukung. Mulai dari penggunaan dan pemanfaatan ruang desain, hingga berbagai bentuk, garis, dan sebagainya.

Salah satu elemen penting mengenai yang dimaksud dalam bidang ini adalah kehadiran komponen tertulis baik hanya melibatkan 1 huruf saja, kata, hingga satu atau beberapa kalimat. Dan semua itu terangkum dalam yang namanya tipografi sebagai salah satu elemen desain yang ada.

Bahkan, karya-karya yang telah berhasil dilahirkan dalam dunia tipografi bisa menjadi sebagai bisnis tersendiri yang juga sangat menggiurkan. Katakanlah berbagai jenis huruf yang dijual secara premium. Belum termasuk sebuah karya yang kita tahu sangat banyak melibatkan elemen tipografi dalam suatu desain.

Oleh karena itu, definisi sederhana tipografi dapat diartikan sebagai suatu komponen visual dari huruf atau kata yang tertulis. Kumpulan beberapa huruf dapat membentuk sebuah kata yang selanjutnya jika digabungkan lagi akan menjadi sebuah kalimat. Entah hanya huruf dan satu kata saja, Anda bebas untuk menjadikannya sebagai sebuah komponen atas desain yang sedang dikerjakan.

Kalau mau lebih sederhana lagi, desain yang Anda rancang saat ini yang berisi elemen huruf maupun angka adalah bagian dari penerapan tipografi.

Baca juga: 30 Situs Download Font Gratis

Lebih lanjut, pengertian mengenai tipografi dimaknai sebagai seni cetak atau tata huruf dengan menggunakan teknik tertentu dan mengatur penyebarannya pada bidang ruang desain yang tersedia untuk menciptakan kesan atau nilai tertentu.

Mengapa tipografi itu penting?


Ok-lah bahwa dengan adanya tipografi, bermunculan berbagai jenis font yang bisa Anda gunakan. Namun kita tidak akan berhenti berbicara mengenai model-model huruf yang sudah ada saja.

Lebih dari itu, mari mengenal manfaat tipografi dalam dunia desain hingga bisa menjawab kenapa ia begitu penting.

1. Memudahkan dalam penyampaian pesan dan mengungkap "rasa"


Sebagai bagian dari komunikasi yang bersifat visual, pemilihan font dapat memberi pengaruh tersendiri terhadap desain yang ditampilkan. Pun, kerapatan (spasi) antara huruf dan kata yang disajikan juga tidak kalah pentingnya.

Sebagai contoh, silahkan pertimbangkan 2 gambar dibawah ini mengenai mana yang paling tepat untuk Anda gunakan dalam menyampaikan pesan agar bisa terbaca dengan mudah.

Penggunaan berbeda dalam tipografi dalam desain

Saya yakin bahwa kebanyakan diantara kita akan memilih untuk menggunakan desain pada sebelah kiri dibandingkan sebaliknya. Adanya pemilihan font yang tampak tegas sejalan dengan pesan yang diharapkan untuk diikuti. Begitu juga dengan ukuran serta warna yang digunakan memberikan kesan tersendiri bagi yang membacanya. Kata “STOP” disajikan begitu serius dan juga penting.

Sebaliknya, contoh yang satunya menonjolkan fleksibilitas dan juga keceriaan yang sangat bertolak belakang dengan makna pesan yang ada.

Rasa dan kesan seperti itu yang mampu dihadirkan dalam desain yang melibatkan tipografi.

2.Tipografi yang baik akan membuat pembaca untuk membaca lebih banyak


Dalam penerapannya, tipografi juga banyak diaplikasikan dalam dunia penulisan baik di majalah maupun media internet.

Sederhananya misalnya penggunaan jenis font dan warna. Coba bandingkan kembali dengan melihat kedua gambar di bawah ini, kira-kira pada tulisan mana Anda akan tetap lanjut untuk membaca dengan nyaman?

Contoh tulisan menggunakan tipografi yang baik dan yang tidak

Saya rasa tidak perlu saya menjawabnya karena Anda sendiri pun pasti sudah mengetahuinya. Yaitu mana yang akan membuat Anda sendiri pusing dan mana yang tidak.

Tipografi yang baik tidak hanya fokus pada materi sebuah konten, namun juga bagaimana menyajikannya dengan format yang konsisten, warna yang tidak menyebalkan, begitu juga dengan pemilihan huruf yang digunakan.

Begitu juga dengan hierarki sebuah tulisan yang dapat membantu para pembaca untuk dipandu secara nyaman. Dalam contoh diatas, gambar pada bagian sebelah kiri merupakan contoh yang baik untuk diterapkan karena disediakan sub-menu dari tulisan yang sangat jelas.

Begitu juga pemilihan font dan warna yang tidak "merusak" mata bagi yang membacana.

Dan mungkin masih banyak lagi keuntungan hanya dengan menerapkan dasar-dasar tipografi yang baik, terutama yang menempatkan pembaca atau target audiens sebagai salah satu tolok ukur utama.

Semoga definisi mengenai apa itu tipografi serta manfaatnya dalam dunia desain grafis bermanfaat. Sebarkan artikel ini untuk memberitahu yang lainnya. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »