Cara Tercepat Menyimpan Banyak File Layer Photoshop

DesainSpot.com - Saat membuat sebuah panduan atau tutorial menggunakan Photoshop, dalam satu file atau projek biasanya akan berisi beberapa atau banyak layer. Masing-masing layer tersebut akan berisi berbagai gambar, elemen, shape dan sebagainya. Jika akan menyimpannya satu persatu, tentu akan merepotkan dan memakan banyak waktu, apalagi bisa puluhan hingga ratusan layer. Oleh karena itu, dalam panduan kali ini akan diberikan cara tercepat untuk menyimpan semua layer yang kamu inginkan ke format gambar tertentu dalam sekali klik dengan beberapa langkah yang mudah.

Artikel ini terinspirasi dari aktifitas saya sendiri sebagai blogger yang menyajikan tutorial Photoshop maupun panduan lainnya yang mempublikasikan proses pembuatan karya secara online menggunakan Photoshop.

Dulunya, cukup melelahkan sebelum mengetahui metode ini, karena masing-masing layer harus saya save satu-satu. Padahal kadang waktunya tidak mencukupi. Alhasil, terkadang pekerjaan bisa tertunda.

Pada dasarnya, saat saya memiliki banyak layer dan ingin menyimpan berbagai elemen yang ada, ada beberapa hal yang saya lakukan.

Pertama, harus melakukan crop terhadap gambar grafis yang ada. Kemudian, baru mulai untuk menyimpannya. Kalau jumlah layernya ada 50, maka harus 50 kali melakukan crop karena adanya perbedaan dimensi gambar pada tiap-tiap layer, lalu baru bisa mulai menyimpan file gambar ke format yang saya inginkan.

Pokoknya ribet dan membutuhkan waktu serta sangat membosankan. Karena itu, hadirlah tutorial ini.

Cara tercepat menyimpan banyak file layer Photoshop ke format gambar tertentu

Yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka file projek yang sudah ada. Kalau punya saya sendiri, tampilann layernya akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Tercepat Menyimpan Banyak File Layer Photoshop

Saya asumsikan bahwa semua proses editing yang dibutuhkan untuk setiap layer sebagaimana gambar diatas sudah selesai dilakukan. Dan yang terakhir hanyalah perlu untuk menyimpan gambar di masing-masing layer yang ada.

Begini cara yang harus kamu lakukan!

Untuk menyimpan masing-masing layer menjadi format gambar misalnya JPEG, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan layer mana saja yang akan disimpan. Caranya adalah dengan memastikan simbol atau ikon mata menjadi aktif sebagaimana cara ketika kita ingin melihat isi layer atau tidak menyembunyikannya.

Kemudian, lakukan seleksi pada semua layer hingga tak ada satupun yang terlewatkan. Misalnya file PS kamu ada 10 layer, pilih layer paling atas kemudian tekan Shift sambil memilih layer paling bawah sehingga semua layer terseleksi.

Setelah itu, tekan Ctrl + A (Select All) untuk melakukan seleksi pada semua isi layer yang ada di dokumen Photoshop tersebut. Dan pastikan bahwa kamu juga mengaktifkan Move Tool (V) pada Toolbar agar fitur Allignment bisa aktif.

Kemudian, klik pada Align Vertical Centers and juga Align Horizontal Centers untuk menempatkan semua gambar yang ada dalam layer berada di tengah (rata tengah) baik secara vertikal maupun horisontal.

Cara Tercepat Menyimpan Banyak File Layer Photoshop: Allignment tool

Tahap diatas, berfungsi agar semua gambar yang terdapat dalam layer ditampilkan semua bidangnya. Jadi nanti ketika akan kita lakukan crop secara otomatis, tidak satu bagian gambar pun yang “terpotong.” Dan pada langkah selanjutnya, memanglah dengan melakukan crop pada semua layer, namun secara otomatis.

Nanti akan saya perlihatkan bagaimana caranya.

Sekarang, mari kita mulai menyimpan gambar dari semua layer yang sudah di seleksi sebelumnya. Untuk itu, silahkan pilih menu File - Scripts - Export Layers to Files.

Menyimpan semua layer di Photoshop sekaligus menjadi file gambar

Kemudian, akan muncul kotak dialog dari menu yang baru saja dipilih, dan hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih Destination yaitu menentukan di folder mana kamu akan menyimpan file gambar yang ada.

Untuk itu, klik Browse untuk menentukan folder penyimpanan yang Anda inginkan.

Lalu, pada bagian File Name Prefix silahkan ketikkan nama file yang Anda inginkan. Kalau dalam contoh ini, saya memberi nama file yang akan disimpan dengan nama “Instruction.” Ini contoh saja, kamu juga bisa memberikan nama apa saja. Jadi nantinya, nama file gambar dari semua layer tersebut akan dimulai dengan nama yang sudah kamu tentukan sebagaimana yang barusan saya contohkan (bisa dilihat pada gambar terakhir tutorial ini).

Jika ada salah satu atau beberapa layer yang tidak ingin kamu save, cukup aktifkan atau centang Visible Layers Only. Tapi kamu harus memastikan bahwa salah satu atau beberapa layer yang dimaksud disembunyikan dulu dengan me-nonaktifkan simbol mata di masing-masing layer.

Setelah itu, pilih File Type atau format file yang diinginkan pada menu drop down yang tersedia. Saat tulisan ini dibuat, ada 8 format gambar yang salah satunya bisa kamu pilih yaitu BMP, JPEG, PDF, PSD, Targa, TIFF, PNG-8 and PNG-24. Kalau untuk tutorial ini, saya memilih PNG-8.

Jika terdapat layer yang diatur transparansinya, pilih atau centang saja Transparency coba juga untuk mencentang Trim Layers serta ICC Profiles dan Interlaced untuk sekedar pembanding dari hasil yang akan didapatkan.

Lalu klik Run untuk memulai proses penyimpanan gambarnya!

Dari sejumlah layer yang saya simpan diatas, hanya dibutuhkan waktu beberapa detik saja untuk menyimpan gambar pada masing-masing layer. Pada akhir proses yang berjalan, akan ada pemberitahuan bahwa proses export layer ini telah selesai. Klik saja OK untuk menutup dan mengakhiri semua proses yang ada.

Dan selesai!

Begini hasil penyimpanan pada satu file projek Photoshop yang terdiri dari banyak layer yang saya dapatkan.

Menyimpan banyak layer menjadi gambar di Photoshop

Kemudian, silahkan buka satu-satu gambarnya apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu atau belum. Perhatikan juga kapasitas masing-masing gambar. Jika ada yang terlalu besar, coba kecilkan kapasitasnya dengan cara lain atau menggunakan cara yang sama dengan pengaturan yang sedikit berbeda seperti diatas.

Demikian cara tercepat menyimpan banyak file layer di Photoshop menjadi format gambar tertentu. Jika tutorial ini bermanfaat, silahkan dibagikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »