Mendulang Uang Lewat Desain dan Cetak Undangan Modal Kecil

Ketika saya mengatakan bahwa bisnis desain dan cetak undangan hanya dengan modal yang kecil, setidaknya Anda butuh biaya untuk internet dan juga pulsa atau uang bensin. Itu saja. Untuk jenis undangannya bisa berupa undangan pernikahan, sunatan, event tertentu dan sebagainya. Pokoknya, selama masih mengunakan kertas, bahkan yang selainnya sebagai media untuk mencetaknya. Bahkan undangan berbentuk kipas sekalipun yang banyak dimanfaatkan sebagai undangan pernikahan.

Anda tidak harus repot untuk print, sablon dan berbagai teknik lainnya. Tidak harus repot sama sekali. Yang perlu dilakukan adalah, bagaimana agar orang lain yang membutuhkan undangan mau memesan lewat Anda. Dan tentunya, Anda setidaknya tahu cara membuat desain baik menggunakan Photoshop, Illustrator, maupun CorelDraw.

Usaha percetakan undangan dengan modal kecil

Meskipun tidak lama, namun berdasarkan pengalaman pribadi, yang perlu dilakukan adalah Anda menemukan tempat terkait, baik sebagai tempat percetakan umum maupun yang secara khusus berbisnis mencetak undangan. Kalaupun percetakannya belum pernah menerima pesanan undangan, sebenarnya bisa saja.

Biasanya, kertas undangan sendiri yang pernah saya cetak sebelumnya disebut ivory. Pihak percetakan biasanya menggunakan jenis kertas tersebut dengan beragam ketebalan dan Anda bisa memeriksanya langsung.

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah bekerjasama dengan pihak percetakan yang Anda percayai. Dan saya rasa itu bisa dilakukan secara mudah dengan bantuan informasi dari internet. Coba saja cari lokasi percetakan di tempat Anda tinggal saat ini, lalu hubungi pihak terkait. Atau jika Anda ingin mendatanginya langsung, tentu hal itu sangat saya sarankan.

Namanya juga usaha, pihak percetakan biasanya dan bahkan seharusnya akan menyambut baik kedatangan Anda sebagai "tukang marketing dadakannya" mereka. Silahkan diobrolkan mengenai penawaran Anda.

Tentunya Anda harus tahu juga informasi mengenai harga yang mereka berikan terutama terkait jenis kertas, jumlah undangan, desain terutama mengenai warna (1 warna atau colorful berisi foto atau tidak), laminasi (biasanya ditanya apakah menggunakan dof atau glossy) dan sebagainya.

Baca juga:


Biasanya pihak percetakan akan menginformasikannya semua. Kalaupun ada yang tidak ingin diberitahu, paling sebatas harga kertas yang mereka beli dari pihak lain (pabrik).

Selanjutnya, Anda bisa menawarkan atau menanyakan langsung berapa komisi yang bisa Anda dapatkan jika mendapatkan orderan dalam jumlah tertentu.

Selesai. Gitu saja sih sebenarnya.

Kalaupun ada yang harus Anda kerjakan selanjutnya, sepertinya hanya membuat desain undangan saja. Karena urusan produksi, bukan lagi tanggungan Anda. Anda hanya perlu melakukan pengawalan dengan mengeceknya misalnya seminggu sekali atau dua kali mengenai sudah sejauh mana pencetakan undangan dilakukan. Cuma progress-nya saja.

Saya tidak menjamin bahwa semua percetakan akan seperti itu. Namun, dari yang pernah saya coba, baik yang skala kecil hingga menengah, biasanya setuju-setuju saja.

Bagi Anda yang tertarik, silahkan saja dicoba. Jika berhasil, bisa saja Anda bisa menghasilkan banyak rejeki disana.

Jadi, untuk mendulang uang lewat desain undangan tanpa modal ini, yang perlu Anda lakukan adalah:

  1. Siapkan beberapa desain undangan. Bisa hanya fokus ke undangan pernikahan saja atau kombinasi dengan acara lainnya.
  2. Kerjasama dengan pihak percetakan.
  3. Mulai memasarkannya.
Ketiga hal itu saja yang perlu Anda lakukan.

Saya tidak mengatakan bahwa itu mudah. Namun jika memang benar-benar tertarik, silahkan dilaksanakan secepat mungkin.

Untuk mempromosikan apa yang Anda usahakan nantinya, bisa dengan menggunakan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan sebagainya. Tapi akan lebih baik jika Anda hanya fokus ke salah satu saja yang Anda anggap paling aktif di jejaring sosial tersebut.

Bisa juga dengan memadukannya dengan penggunaan aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp, Line, dan sebagainya.

Jika masih bingung mengenai siapa calon konsumen prospektif yang bisa Anda dapatkan, bisa dimulai dari orang-orang terdekat Anda. Orang yang sekampung dengan Anda bisa saja mempercayai Anda dengan mudah karena sudah saling mengenal, sehingga mereka mungkin juga akan membantu Anda dalam hal promosi. Atau malah bekerja sama.

Mengenai cara lain mendapatkan tambahan uangnya, silahkan Anda kreasikan sendiri. Yang penting jangan ngaku-ngaku kalau Anda punya percetakan jika memang belum punya. Cukup informasikan bahwa Anda bekerja sama dengan pihak lain.

Untuk menarik perhatian konsumen, tambahkan juga layanan revisi desain. Entah akan membatasinya sebanyak 3X ataupun tanpa ada batas revisi sekalipun.

Baik Anda dengan pihak percetakan maupun konsumen, yang diperlukan hanyalah kepercayaan antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan itu, Inshaallah akan lancar-lancar saja.



Bagaimana, tertarik untuk mencari tambahan penghasilan lewat desain dan cetak undangan dengan modal sedikit meskipun Anda belum memiliki peralatan dan juga tempat usaha? Atau Anda punya pertanyaan lain?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »