Prospek Bisnis "Berantai" Dunia Desain Grafis

Seseorang yang paham dengan dunia desain grafis atau desainer grafis mulai dari hal-hal dasar yang harus diketahui, hingga mampu menghasilkan sebuah karya yang banyak diminati, tentu akan membuka peluang bisnis tersendiri.

Prospek bisnis desainer grafis

Tidak hanya mampu "menggambar" menggunakan salah satu atau beberapa software, namun juga paham dengan apa yang ia lakukan.

Kalau sekedar membuat desain dari proses awal hingga benar-benar selesai, mungkin akan banyak yang bisa melakukannya hanya dengan berbekal berbagai tutorial dari internet. Kayaknya seperti saya, nih.

Namun, untuk bisa dinilai sebagai sebuah karya desain, tentu menjadi persoalan lain. Ibaratnya, kalau cuma gambar, saya rasa semua orang juga mungkin bisa melakukannya. Namun, apakah itu merepresentasikan sebuah hasil desain grafis, tentu penilaiannya akan menjadi berbeda.

Tapi saya tidak ingin membahas itu lebih jauh. Tidah hanya karena itu bukan inti dari artikel ini, namun juga pengalaman dan pengetahuan yang masih sangat sedikit. Masih perlu belajar lebih jauh lagi.

Karena itu, mari fokus saja ke sisi bisnis dan prospeknya yang saya sebut "berantai."

Anggaplah ada yang Anda anggap tahu untuk mendesain sesuatu. Entah itu desain logo perusahaan, membuat gambar abstrak, dan sebagainya.

Hal pertama yang bisa menjadikannya bernilai bisnis adalah dengan menawarkan jasa atau layanan desain dalam berbagai bentuk. Bisa dengan menawarkannya secara langsung ke mereka yang dianggap sebagai calon konsumen prospektif, bisa juga dengan memanfaatkan jasa desain online dengan memperkenalkannya melalui berbagai platform seperti jejaring sosial, blog, maupun marketplace.

Pengembangan bisnis yang kedua dengan adanya kemampuan dalam membuat desain adalah dengan menawarkan kerjasama ke salah satu atau beberapa pihak terkait. Contohnya seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya mengenai bagaimana mendapatkan penghasilan lewat desain dan cetak undangan dengan modal yang sangat kecil. Selain itu, tentu masih banyak lagi ide bisnis lainnya yang terkait.

Mengenai hubungannya dengan situs berjenis marketplace sendiri, kemudian bisa juga kita dituntun pada prospek bisnis selanjutnya (ketiga) yaitu dengan menjual hasil desain di berbagai website yang memungkinkan untuk dilakukan pencetakan desain dalam berbagai media. Contohnya adalah teespring.com yang memungkinkan kita untuk mengunggah desain dan menjualnya dalam bentuk kaos, mug, jaket dan sebagainya.

Hingga pada prospek bisnis ketiga ini, saya kira sudah pantaslah diberi julukan berantai karena adanya keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, tentu tidak hanya itu saja sebab pengembangan ke lini bisnis lainnya pun masih terbuka lebar.

Untuk itu, peluang bisnis ke-empat adalah bisa saja dengan ahlinya Anda dalam mendesain, Anda juga akan tertarik untuk belajar menyablon kaos. Entah nantinya akan membuka brand sendiri atau menyediakan jasa sablon kaos, tentu terserah Anda saja.

Baca juga: 17 Situs Desain Logo Online

Jika prospek kelima bisa memungkinkan Anda hingga memiliki konveksi sendiri, tentu akan semakin menyenangkan lagi. Meskipun saya tahu bahwa hal itu bisa saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi yakin saja bahwa Anda selalu bisa memulainya dari hal-hal yang kecil jika modal menjadi kendala saat ini.

Apapun yang Anda rasa memungkinkan untuk dimulai saat ini, silahkan untuk dilakukan sekarang juga. Biar tidak terlambat seperti saya yang telat dalam mempelajari bidang ini. Meskipun itu sekedar menjual produk dan jasa desain grafis secara online, bisa jadi kesempatan besar Anda ada disana.

Dicoba saja dulu mana yang sesuai untuk Anda jalankan. Selama Anda menikmatinya, saya berharap rejeki yang Anda ingin dapatkan pun melebihi ekspektasi selama ini.

Masih ada prospek bisnis dunia desain grafis yang belum saya sebutkan diatas? Beritahu saya lewat komentar di bawah. Terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »