Studio Foto: 10+ Manfaat Fotografi Dalam Ruangan

Studio foto merupakan salah satu pilihan bagi siapapun yang ingin menggunakannya. Proses pengambilan gambar fotografi yang biasanya banyak dilakukan diluar ruangan, kini bisa juga dihasilkan dari dalam ruangan khusus yang diperuntukkan untuk berbagai kebutuhan. Masing-masing lokasi fotografi tentu memiliki manfaatnya sendiri-sendiri, termasuk juga dengan photography indoor ini.

Manfaat studio foto dalam fotografi

Kebanyakan dari kita sebenarnya sudah pernah menggunakan layanan fotografi dalam ruangan, setidaknya sekali. Yah, meskipun itu sekedar foto KTP. Tapi biasanya juga sih dimanfaatkan untuk momen tertentu seperti pernikahan, foto keluarga atau bersama teman pergaulan, dan sebagainya.

10 manfaat studio foto


Dengan hadirnya jasa foto studio terutama di berbagai kota bahkan mungkin mencapai hingga ke pelosok-pelosok negeri, saya kemudian tertarik untuk mengulik lebih jauh mengenai manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Berbagai kegunaan foto studio ini diharapkan tidak hanya bisa dirasakan oleh pengguna jasa, namun semoga juga bisa menginspirasi para calon fotografer profesional Indonesia untuk membuka bisnis di bidang yang sama. Yaitu dengan menyajikan layanan foto studio dengan berbagai konsep dan juga tema yang menarik serta kreatif.

1. Fotografer bisa lebih fokus melakukan pengambilan gambar


Ini penting, terutama agar hasil foto yang didapatkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Hal ini disebabkan karena akan semakin berkurangnya gangguan yang bisa dirasakan oleh seorang fotografer.

Bayangkan saja kalau berada diluar ruangan, dimana ada banyak hal yang terjadi dan bisa saja proses pengambilan foto menjadi lebih lama. Belum termasuk hasilnya nanti apakah sudah sesuai atau tidak. Namanya juga pekerjaan. Semakin fokus, peluang dari hasil yang ingin didapatkan pun semakin besar. Begitu juga dengan penggunaan studio foto.

2. Biaya yang dikeluarkan lebih murah dan tidak harus repot melakukan perjalanan jauh


Di kota-kota besar, keberadaan studio fotografi sudah sangat banyak sekali. Selayaknya sebuah bisnis, semakin banyak pesaing, maka akan semakin banyak juga layanan yang sama yang dihadirkan dengan harga yang semakin terjangkau. Bahkan dengan konsep yang bisa lebih bagus dan juga tetap profesional. Terkhusus bagi pengguna jasa, tentu ini akan semakin terjangkau dari segi harga. Apalagi jika memang membutuhkannya.

Bagi fotografer dan timnya sendiri, juga tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh yang membawa serta berbagai peralatan yang bisa saja terguncang dan rusak selama perjalanan. Kecuali jika memang klien memiliki permintaan yang berbeda.

Harus diakui bahwa berbagai peralatan fotografi awalnya terbilang cukup mahal untuk didapatkan. Baik itu kamera dan lensa, peralatan pencahayaan, maupun bangunannya itu sendiri dan sebagainya. Khusus untuk berbagai peralatan, jika kamu mau menggali informasi lebih lagi, sebenarnya sudah banyak yang menjual peralatan studio yang sangat terjangkau. Dan kamu bisa mencari secara online.

3. Kebebasan dalam mengontrol objek foto


Banyak hal yang bisa dikendalikan oleh seorang fotografer bersama timnya di dalam studio foto. Seperti riasan model, pencahayaan yang bisa dengan mudah direkayasa dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan diluar ruangan dimana kondisi alam seperti cuaca, angin, suhu, dan lain-lain tidak bisa dipertahankan sehingga telat sedikit saja bisa merubah hasil foto yang didapatkan.

Dengan melakukan pengambilan foto di dalam ruangan, fotografer bisa bebas melakukan apapun. Tidak harus khawatir hujan turun, cahaya yang mengenai objek utama berkurang dan sebagainya. Asal gak mati listrik saja.

4. Bisa lebih percaya diri


Entah itu modelnya yang bisa lebih ekspresif maupun fotografernya sendiri yang menjadi lebih percaya diri. Jujur saja, fotografi itu juga butuh mental. Coba bayangkan jika itu dilakukan diluar ruangan dan banyak orang yang akan menontonnya, maka bisa saja model dan fotografernya akan ciut nyalinya. Mana tahu dia jadi malu, kan?

Tapi setidaknya bahwa hal itu akan dirasakan di dalam studio foto menjadi semakin berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Pada beberapa kesempatan, fotografer terkadang harus jungkir-balik, berbaring hanya untuk mengambil gambar dari posisi bawah. Dengan melakukannya di dalam studio, ia tak perlu merasa khawatir untuk mendengar ocehan penonton yang bisa saja mengatakan:

"Ini fotografernya ngapain sih? Sok-sokan banget. Bukannya modelnya yang bergaya, malah ia sendiri yang menarik perhatian."

Padahal terkadang ia harus memang seperti itu. Bukan karena "gaya-gayaan" dan sebab lain.

5. Hasil foto bisa lebih profesional


Saya tidak mengatakan bahwa foto diluar ruangan itu tidak profesional. Tidak ada hubungannya sama sekali. Namun, karena berkuarangnya gangguan, fotografer lebih fokus, percaya diri, memiliki kemampuan untuk mengendalikan pencahayaan dan juga modelnya, maka peluang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan profesional akan lebih besar pula.

Benar apa betul?

Dengan adanya studio foto, pembuatan gambar yang tampak profesional dan terkesan formal pun bisa didapatkan. Kan gak ada tuh foto KTP atau Ijazah yang backgroundnya itu gambar pantai atau gunung. Meskipun bisa dengan pengeditan lebih lanjut, namun sepertinya kamu gak harus repot karena sudah ada jasanya. Apalagi kalau tidak tahu mengedit.

6. Bisnis, bisnis dan bisnis!


Mau bagaimana lagi, jasa fotografi termasuk yang menggunakan studio sebagai lokasinya merupakan salah satu dari sekian banyak bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Jadi, jika kamu memiliki hobi di bidang ini, kamu tetap bisa mengasahnya secara terus-menerus. Barangkali dengan itu, kamu pun berkesempatan untuk membuka bisnis yang sangat berhubungan dengan keahlian yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

Dan memang hal itu sangat mungkin karena sudah banyak yang membuktikannya. Coba saja perhatikan di kota mana kamu berada sekarang. Kemungkinan sudah banyak tuh yang membuka jasa yang sama. Dan kamu pun memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang sudah lebih dahulu terjun di bisnis ini.

Selain membuka jasa foto studio, kamu juga berkesempatan untuk membuka layanan sewa atau rental studio yang bisa saja menarik untuk digunakan oleh fotografer lainnya. Menarik, kan?

7. Beragam latar belakang gambar yang bisa digunakan


Banyak studio foto yang saya temui, menyediakan kain baik yang 1 warna atau lebih dan juga latar dengan desain atau gambar yang menarik.

Bagi kamu yang menggunakan jasa studio tersebut, tentu akan lebih beragam lagi jenis foto yang bisa dihasilkan karena tidak melulu "pemandangan" bagian belakangnya itu-itu saja.

Jika pemiliknya mampu menyediakan backdrop yang variatif, kamu bisa dengan bebas untuk menentukan pilihan akan menggunakan bahan apa saja dan juga gambar apa saja. Apakah latarnya bertekstur, 1 warna solid, pemandangan alam, dan sebagainya.

Jika fotomu terlihat membosankan, coba saja untuk menggunakan beberapa macam latar belakang foto. Dengan begitu, bisa jadi hasil yang akan kamu dapatkan nantinya juga tidak hanya beragam, namun juga bisa lebih baik dibanding sebelumnya.

8. Ketersediaan peralatan yang lengkap dan canggih (teknologi)


Belum ada fotografer yang saya temui, membuka jasa studio foto dengan menggunakan kamera hp atau pocket sebagai alat utamanya. Setidaknya yang kita kenal dengan nama DSLR sangat mudah untuk kita temui.

Belum termasuk dengan peralatan pencahayaan (lighting) yang juga sangat penting. Lensa yang tersedia juga bisa lebih beragam agar hasil yang didapatkan bisa lebih profesional lagi.

9. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan studio foto dengan beragam konsep dan tema dengan harga yang terjangkau


Apakah nanti akan dibuat seperti photo booth atau yang selainnya. Yang jelas, semakin kreatif seorang fotografer, bisa saja menghadirkan juga berbagai konsep dan tema pemotretan di dalam studio yang dimilikinya. Apalagi jika harga yang harus dibayarkan untuk itu tetap sama tanpa adanya penambahan biaya.

10. Bisa sekalian dengan jasa edit fotonya


Saat kamu menggunakan layanan studio, beberapa foto yang dihasilkan biasanya sudah termasuk dengan jasa editing dari biaya yang harus kamu keluarkan. Jadi selain penggunaan studio beserta fotografernya, kamu juga akan terbantu dengan adanya layanan tambahan ini. Mengenai jumlah foto yang akan di edit, tentu berbeda antara yang satu dan yang lainnya.

Selain itu, bagi pemilik studio foto, juga bisa menghadirkan jasa tambahan seperti pengeditan ini untuk mendapatkan uang tambahan juga. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui lah pokoknya.

Sama-sama untung antara klien dan pemiliknya.

11. Gambar produk biasanya juga banyak dihasilkan di dalam studio foto


Jika kamu seorang pebisnis yang memiliki produk tertentu untuk di promosikan, keberadaan foto terhadap produk tersebut seharusnya tampil secara profesional kan? Apalagi jika studionya juga memberikan layanan desain untuk pembuatan katalog, baliho dan sebagainya. Tentu hal itu akan semakin membuat produk kamu lebih keren.

Selain itu, juga bisa menambah layanan fotografi dari pemiliki studio itu sendiri. Dimana ia bisa menghadirkan layanan foto produk bagi para pemilik usaha yang membutuhkan.

12. Kemudahan dalam proses pengeditan foto


Banyaknya hal yang bisa dikendalikan didalam studio foto oleh fotografer dan juga profesionalnya hasil yang didapatkan, akan semakin mempermudah proses pengeditan yang akan dilakukan.

Bagi yang sering menggunakan Photoshop, pasti paham bagaimana susahnya melakukan seleksi objek, misalnya pada bagian rambut serta lainnya yang terlihat rumit. Namun karena pada dasarnya hasil dari studio begitu jelas dan juga memang sudah bagus, maka proses selanjutnya juga akan semakin mudah.

13. Sebagai tempat untuk mengasah kemampuan fotografi


Jika kamu punya studio foto dengan berbagai peralatan yang dimilikinya, maka itu juga merupakan peluang bagi kamu untuk meningkatkan kemampuan dalam dunia fotografi. Setidaknya mengenal lebih jauh mengenai teknik fotografi, pencahayaan, penggunaan kamera dan peralatan lainnya bisa kamu lakukan tanpa harus jauh-jauh keluar dari rumah.

Kamu bisa lebih fokus menghasilkan karya di dalam ruangan dan bisa jadi itu akan bisa diterapkan diluar ruangan jika itu memungkinkan.

Yang penting ada kemauan saja, sih. Masa iya studionya dianggurin begitu saja ketika sedang tidak ada klien yang menggunakannya selama berjam-jam. Kan lebih baik dimanfaatkan untuk belajar.

Kira-kira apalagi ya manfaat yang bisa didapatkan baik oleh klien maupun pemilik (fotografer) ketika memotret di dalam studio foto? Beritahu saya di komentar ya.

Oh iya, kalau artikel ini bermanfaat, mohon di share ya. Terima kasih sudah berkunjung ke DesainSpot.com. Silahkan baca-baca juga tulisan lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »