Featured Post

Foto dan Desain Anda Profesional? Coba Jual di Shutterstock!

Siapa yang tidak akan senang jika hasil karya fotografi dan desain grafis yang sudah dihasilkan bisa menjadi pundi-pundi penghasilan online? Saya sangat yakin bahwa akan ada banyak diantara kita yang memimpikan hal itu menjadi sebuah realita. Dan pada kenyataannya, kesempatan untuk itu ada bahkan sejak bertahn-tahun yang lalu. Salah satunya adalah dengan menjual foto dan desain melalui salah satu situs berjenis microstock yang bernama Shutterstock.

PAYAH! 2019 Ini Masa Anda Belum Beli Domain Blog Juga, Sih?

Tahun 2019 loh guys, 2019! Dan Anda mengaku masih menggunakan blog dengan domain gratisan? Naik kelas dikit lah! Caranya ya mudah. Yaitu cukup dengan membeli domain baru secepatnya, kalau bisa ya sekarang! Gak harus menunggu lama-lama.
"Memang wajib gitu ya beli domain blog? Kalau ada yang gratis, kenapa harus beli? Memangnya manfaatnya apa?"
Anda pernah punya pertanyaan yang demikian?
Serius! Coba dipikir kembali, sudah berapa lama Anda membuat blog?

Sebulan? 3 Bulan? Atau jangan-jangan sudah setahun? Dan selama itu, Anda masih menggunakan nama blog dengan embel-embel sub-domain di belakangnya seperti desaingrafistut.blogspot.com?

Kurang greget banget ya!

Contoh nama blog dengan sub-domain gratisan diatas adalah awal-mula nama blog ini. Dan salah satu penyesalan saya dalam membangun blog ini adalah dengan tidak membeli nama domainnya secepatnya atau bahkan sejak awal sehingga berubah menjadi desainspot.com.

Sederhanaya, saat awal berbagi lewat blog ini, begini ilustrasinya:
  • Blog Awal: desaingrafistut.blogspot.com
  • Sekarang: desainspot.com
Untuk mengingat nama blognya saja, tentu poin kedua diatas akan lebih mudah. Begitu juga ketika mengetikkannya di hp dimana pengunjung yang pernah membaca disini akan dengan mudah mengingat dan mengetikkan nama blog di browser yang digunakan.

Karena salah satu jenis pengunjung itu istilahnya adalah direct traffic, yaitu trafik blog yang berasal dari orang yang datang dengan mengetikkan nama blog kita langsung pada address bar di browser yang digunakan.

Meskipun masih tidak begitu sulit untuk melakukan hal yang sama pada poin pertama diatas, namun tidak begitu efektif bagi pengunjung. Hal ini jarang disadari, namun dengan membeli nama domain, sebenarnya kita sudah melakukan salah satu langkah untuk mempermudah pengunjung ke blog kita sendiri.

Baik tahap awal pembuatan hingga memutuskan membeli nama domain blog ini, tentu platform yang digunakan masih sama. Yaitu platform Blogger yang merupakan milik Google. Kalau ingin menggunakan platform lain, Anda bisa memulainya dengan menggunakan CMS (Content Management System) paling populer di dunia yaitu WordPress.

Manfaat membeli nama domain untuk blog

Manfaat domain dan di situs terpercaya mana membelinya

Disadari atau tidak, membantu mempermudah pengunjung blog Anda seperti ilustrasi diatas tentu menjadi salah satu manfaat yang bisa Anda berikan ke pengunjung setia blog Anda. Anda mulai melayani mereka bahkan dengan hal sesederhana itu. Meskipun, mungkin tidak akan ada yang memberikan Anda ucapan terima kasih untuk itu.

Tapi tetap saja, itu hal positif yang bisa Anda berikan.

Selanjutnya adalah mengenai bagaimana membangun brand bagi blog Anda sendiri. Masih dengan contoh pada kedua poin diatas, nama domain sendiri tentu akan lebih terpercaya dan terlihat profesional. Sangat jauh berbeda jika masih menggunakan sub-domain.

Blogger, webmaster, internet marketer dan sebagainya kemungkinan besar akan membuat blog utamanya atau situs yang menjadi salah satu bisnis onlinenya memiliki nama domain sendiri. Baik itu dengan ekstensi .com, .co.id, .net dan seterusnya.

Jika masih ada yang menggunakan sub-domain, paling tinggal menunggu waktu saja kapan ia akan menggantinya. Kalaupun tidak diganti, hal seperti itu hanya terjadi pada salah satu blogger dari sekian juta yang ada.

Jika Anda dalam membangun brand blog dengan membeli domain sendiri ini bagus atau berkualitas, maka untuk menjual nama domain bahkan dengan blognya sekalian pun menjadi lebih mahal harganya.

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda peroleh ketika membeli nama domain blog. Anda pun tidak perlu khawatir ketika blog blogspot Anda saat ini ingin diubah ke domain yang baru seperti yang saya lakukan.

Ada sebuah proses yang disebut sebagai direct atau mengarahkan nama blog hingga semua kontennya ke domain baru dan itu sangat mudah untuk dilakukan. Hanya dengan melakukan pengaturan diawal selama satu dua menit, setelah itu pengunjung akan diarahkan secara otomatis ke alamat artikel yang sebelumnya masih blogspot.

Misalnya dari:
- https://desaingrafistut.blogspot.com/2018/12/cara-beli-domain-blog.html
Menuju ke:
- https://www.desainspot.com/2018/12/cara-beli-domain-blog.html

Bisa dilakukan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu lagi mengeditnya secara manual dan kehilangan pengunjung blog.

Lalu, dimana Anda bisa membeli nama domain blog baru yang terpercaya?

Penyedia atau layanan untuk Anda melakukan pembelian nama domain blog baru itu sangat banyak sekali. Baik di Indonesia maupun di luar negeri. Tapi karena Anda yang bacanya ini pasti orang Indonesia atau yang paham Bahasa Indonesia, jadi ya, belinya gak usah jauh-jauh.

Blog ini sendiri membeli domain dengan ekstensi .com di DomaiNesia sebagai salah satu penyedia domain murah dan juga salah satu penyedia hosting terbaik dan terpercaya di Indonesia. Saya pribadi melakukan pembayaran dengan transfer Bank karena salah satu metode pembayarannya seperti itu.

Sudah lebih dari 5 domain yang saya beli disana dimana salah satunya juga menggunakan hosting disana.

Sejauh ini, saya sangat nyaman dengan pelayanannya yang menurut saya cukup baik dan juga sangat responsif. Bahkan, ketika saya pertama kali tidak tahu bagaimana mengarahkan blogspot saya ke domain baru, tim dari DomaiNesia-lah yang mengarahkan dan membantu saya secara online.

Saya dibantu baik melalui fitur chat di situsnya maupun dengan mengajukan tiket bantuan atas kendala yang saya temui. Jadi, benar-benar sangat saya rekomendasikan terutama jika Anda benar-benar merasa sebagai pemula dan belum pernah punya pengalaman sebelumnya.

Harganya juga bagi saya sangat terjangkau. Dengan Rp. 99.000,- Anda sudah bisa mendapatkan nama domain baru bagi blog Anda dengan ekstensi .com. Saya pertama kali beli domainnya tahun lalu dan sampai saat tulisan ini dibuat, harga domain .com masih sama.

Kalau Anda akan menggunakan WordPress dimana selain harus ada domain blog, juga harus beli hosting. Saya membeli hosting setahun dan gratis domain. Sekarang pun demikian.

Bahkan, menjelang akhir tahun ini, ada diskon besar-besaran hingga mendapatkan potongan harga sebesar 50% untuk menyambut 2019. Seharusnya, ini menjadi kesempatan baru bagi Anda untuk memanfaatkan momen ini.

Mending beli sekarang juga meskipun baru domain, apalagi jika sudah mampu bayar hosting. Karena diskonnya berbatas waktu. Beberapa paket hostingnya lagi promo dan juga banyak domain dengan diskon yang tidak kalah menariknya.

Tinggal Anda sendiri yang menentukan akan membeli domain saja, atau paket hosting yang akan menggratiskan domainnya.

Sayang, loh!

Karena ketika saya beli domain blog baru tahun lalu, semangat untuk ngeblognya juga semakin besar. Biasanya kalau mental gratisan, kebanyakan kita sering menyepelekan hingga jarang mau mengurus blog. Ini blog Anda loh ya, yang kontennya merupakan karya Anda sendiri. Jadi, mending "naik kelas" secepatnya dengan membeli domain blog baru di DomaiNesia sebelum tahun ini berakhir.

Karena bisa jadi, semangat untuk berbagi dan berbisnis menggunakan media blog akan semakin tinggi bahkan mungkin akan melebihi saya sendiri. Semoga. Yang perlu Anda lakukan adalah berinvestasi di nama domain sesuai keinginan Anda. Lebih dari itu pasti akan lebih baik lagi.

Oh ya, masa aktif domain itu minimal satu tahun. Jadi, jika harganya katakanlah 105.000 Rupiah (harga domain + biaya transfer Bank), maka dalam setahun (365 hari), kalau dibulatkan, Anda hanya mengeluarkan biaya sekecil Rp. 290,-/hari saja. Hanya seharga permen atau bahkan lebih mahal permen Anda.

Wah, giman gak saya sebut payah tuh! Harga pulsa bulanan Anda saja bisa ratusan ribu per bulan. Jika Anda belum memiliki dananya, mulai deh untuk menabung sekarang.

Anda juga bisa memutuskan untuk membeli nama domainnya selama misalnya 2 tahun atau lebih jika memiliki dana yang mencukupi. Supaya kedepannya tidak kebingungan lagi untuk membayar perpanjangan domain.

Coba deh kunjungi DomaiNesia sekarang dan cek nama domainnya, Anda bisa memulai mencari domain dengan nama Anda sendiri. Jangan-jangan malah sudah dibeli pihak lainnya. Bagaimana? Ada pertanyaan atau hal lainnya yang bisa saya bantu? Silahkan sampaikan di komentar.

Comments