Featured Post

Foto dan Desain Anda Profesional? Coba Jual di Shutterstock!

Siapa yang tidak akan senang jika hasil karya fotografi dan desain grafis yang sudah dihasilkan bisa menjadi pundi-pundi penghasilan online? Saya sangat yakin bahwa akan ada banyak diantara kita yang memimpikan hal itu menjadi sebuah realita. Dan pada kenyataannya, kesempatan untuk itu ada bahkan sejak bertahn-tahun yang lalu. Salah satunya adalah dengan menjual foto dan desain melalui salah satu situs berjenis microstock yang bernama Shutterstock.

Cara Membuat Efek Teks Horror di Photoshop

Hari ini, saya akan membagikan tutorial cara membuat efek teks yang menurut saya terlihat sedikit menyeramkan (horror) dengan menggunakan Photoshop. Panduannya sendiri telah saya bagi dalam 4 langkah agar lebih memudahkan Anda dalam mengikuti langkah-langkahnya.

Entah akan Anda gunakan untuk apa efek teks ini, silahkan kreasikan sendiri. Apakah akan dibuat poster, kombinasi dengan desain yang sedang Anda kerjakan, atau sekedar ingin mencoba beberapa tahapan penggunaan Photoshop yang mungkin belum pernah Anda praktekkan sebelumnya dan sebagainya.

Begitu juga dengan efek yang sudah ada, Anda bisa mengembangkannya lebih jauh lagi tentunya.

Akan ada 2 hasil akhir yang Anda lihat. Namun untuk hasil akhir dari tutorial yang akan saya perlihatkan caranya pada tutorial ini adalah sebagai berikut.


Hasil akhir kedua efek teks ini bisa Anda lihat pada bagian akhir tutorial ini ya.

Baiklah, tanpa menunggu lama-lama lagi, berikut langkah-langkah cara membuat efek teks horor di Photoshop yang saya maksudkan.

1. Persiapan membuat dokumen baru di Photoshop

Bualah dokumen baru di Photoshop! Saya biasanya langsung menggunakan shortcut dengan menekan Ctrl + N pada keyboard. Kemudian, silahkan terapkan pengaturan sebagai berikut:

Name: Horror, Width: 550 px, Height: 370 px, Resolution 72 PPI, Background Contents: White. Setelah itu langsung klik Ok saja ya untuk memuat dokumen baru tersebut.

Dokumen baru dan pengaturannya untuk efek teks horror

Pada tahapan pertama ini, tujuannya adalah untuk digunakan sebagai gambar latar sebelum membuat efek teksnya. Jadi, langkah pada penyesuaian background ini bisa juga sebenarnya tidak Anda lakukan. Namun, jika Anda menginginkan latar yang sama seperti hasil akhir diatas, silahkan lanjut untuk mengikuti tahap kedua dibawah ini.

2. Membuat background efek teks horror di Photoshop

Akan ada 3 tahapan dalam mempersiapkan gambar latar dalam tutorial ini. Pertama adalah warna dokumen baru yang baru saja dibuat akan diisi dengan warna gradien dan 2 tahap lainnya adalah dengan menerapkan beberapa efek filter pada dokumen tersebut.

Untuk tahap pertama, silahkan klik pada Create new fill or adjustment layer pada bagian kanan bawah panel Photoshop lalu pilih Gradient. Ubah pengaturan Style ke Radial, Angle: 90, Scale: 170%. Dan untuk kode warna untuk gradient fill-nya adalah 240000 dan 5E0000.

Untuk lebih detailnya, silahkan perhatikan gambar pengaturannya di bawah ini.

Pengaturan warna background menggunakan gradient fill di Photoshop

Setelah menerapkan warna gradien diatas, klik kanan pada layer background tersebut lalu pilih Convert to Smart Object agar nantinya Anda bisa menerapkan beberapa filter dan mengeditnya sesuai keinginan Anda.

Jangan lupa juga untuk mengubah nama layernya menjadi "Background" atau nama apapun yang Anda inginkan.

Setelah itu, Anda akan menerapkan efek filter Photoshop yang pertama yaitu Crystallize. Caranya adalah dengan memilih Filter – Pixelate – Crystallize. Atur nilai Cell Size ke 36 dan klik Ok untuk mulai menerapkan filter tersebut.

Efek filter crystalize pada background di Photoshop

Kemudian, terapkan filter kedua yaitu Twirl dengan memilih Filter – Distort – Twirl. Atur Angle menjadi 100° dan klik Ok untuk menyelesaikannya.

Efek filter Twirl di Photoshop

Berikut adalah hasil dari gambar latar (background) yang telah dibuat.

Gambar background di Photoshop menggunakan gradient dan beberapa efek filter

3. Mulai membuat efek teks horror di Photoshop

Setelah background selesai dibuat seperti diatas, sekarang Anda akan mulai bekerja untuk membuat elemen utamanya yaitu teks dan efek horronya.

Untuk itu, silahkan aktifkan Horizontal Type Tool (T) dan mulai mengetikkan kata "HORROR" kedalam dokumen Photoshop. Pada tutorial ini, font yang digunakan adalah Century Gothic. Atur hurufnya menjadi Bold, Font Size: 72 pt, dan Vertically scale: 115 %.

Kemudian, ubah nama layernya menjadi “Horror” dan klik 2 kali untuk membuka pengaturan Layer Style. Kali ini, teksnya akan diberikan warna menggunakan Gradient Overlay. Lihat pengaturannya pada gambar berikut ini.

Peggunaan Gradient Overlay di Photoshop untuk warna teks horror

Setelah itu, klik kanan pada layer teks horor tersebut dan pilih Convert to Smart Object. Hal ini dilakukan karena akan ada filter yang diterapkan pada layer tersebut.

Lalu, pilih Filter – Distort – Ripple dan lakukan pengaturan pada Amount: -160 % dan Size: Small, kemudian klik Ok.

Efek filter Ripple untuk membuat teks terlihat horror di Photoshop

Kemudian, klik 2x pada layer teks tersebut untuk membuka Layer Style. Pilih Outer Glow dan terapkan pengaturan sebagai berikut.

Outer Glow untuk efek tambahan agar teks tampak lebih horror di Photoshop

Sejauh ini, hasil yang didapatkan seharusnya tampak seperti ini:

Efek teks horror setelah diberikan efek outer glow di Photoshop

Hasil yang didapatkan diatas bukanlah hasil akhir. Hanya sebagai tampilan bagiamana seharusnya hasil yang Anda dapatkan setelah menerapkan efek outer glow sebelumnya.

4. Mendapatkan hasil akhir efek teks horror di Photoshop

Nah, pada tahap ini adalah tahap akhir (finishing). Untuk tahap akhir pada tutorial ini, Anda akan menerapkan efek shadow (bayangan) pada teks menggunakan layer style.

Untuk melakukannya, silahkan Anda duplikat layer teks horror yang ada dengan cara menekan Ctrl + J pada keyboard. Dan silahkan ubah nama layer kedua tersebut sesuai keinginan Anda jika memang perlu.

Kemudian, pada layer baru hasil duplikat tersebut, klik 2x pada bagian Effects atau Outer Glow yang merupakan efek layer style pada layer teks sebelumnya. Kemudian, hilangkan efek (centang) pada outer glow untuk menghilangkan efek tersebut dan pilih atau centang pada efek Drop Shadow.

Pengaturan pada efek Drop Shadow ini adalah sebagai berikut:

Blend Mode: Multiply, Color code: 400000, Opacity: 100, Angle: 120° (centang pada Use Global Light), Distance: 1 px, Spread: 100 %, Size: 3.

Efek drop shadow pada teks horor di layer kedua Photoshop

Klik Ok dan Anda bisa langsung melihat hasilnya. Hasil tersebut pun akan menjadi hasil akhir dari tutorial cara membuat efek teks horor di Photoshop ini.

Lihat kembali foto hasil akhir pada gambar pertama diatas, seharusnya, seperti itulah hasil yang akan Anda dapatkan jika mengikuti panduan ini.

Tutorial efek teks lain: Tutorial Photoshop Cara Membuat Efek Teks Emas Serta Refleksi Realistiknya

Dengan pengaturan yang sama seperti langkah-langkah diatas, kecuali pada pemilihan warna yang berbeda pada Gradient dan juga Outer Glow, Anda bahkan bisa membuat tampilan warna efek teks horror seperti dibawah ini.

Efek teks horror di Photoshop menggunakan warna berbeda

Semoga Anda bisa mengikuti panduan cara membuat efek teks horror di Photoshop ini dengan mudah. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala, silahkan sampaikan lewat komentar di bawah ini. Terima kasih. Silahkan bagikan tutorial ini ya.

Comments