Featured Post

6 Tips Cari Jasa Desain Grafis Murah dan Berkualitas

TANPA Photoshop! Cara Mengubah Ukuran Foto Secara Online

Pada artikel sebelumnya, saya sudah pernah mempublikasikan mengenai cara memperkecil ukuran foto menggunakan Photoshop. Silahkan di klik jika masih belum pernah melakukannya! Tutorial tersebut secara khusus untuk menggunakan gambar di blog sehingga kecepatan loading bisa lebih cepat dan juga agar hemat hosting. Namun kali ini, panduan yang akan saya berikan adalah TANPA menggunakan PS sama sekali akan tetapi secara onlinemenggunakan salah satu situs yang sering saya gunakan.

Hal tersebut saya lakukan karena pekerjaan saya yang hampir setiap hari menulis di blog PBN untuk klien dan tentu saja saya mengharuskan diri saya sendiri bahwa setiap artikel di berbagai blog yang saya publikasikan, minimal terdapat satu gambar pelengkap. Agar susunan dan struktur penulisan tidak kaku dengan hadirnya gambar tersebut.

Pada contoh yang akan saya praktekkan untuk memperlihatkan Anda cara memperkecil ukuran foto secara online ini, terdapat 2 website yang akan diakses. Pertama adalah situs download foto gratis dengan lisensi CC0 yaitu Pixabay.com dan juga ImageResize.org.

Saya cukup yakin bahwa kalau Pixabay mungkin sudah pernah dengar dan bahkan sering mengunjunginya kan? Lalu, bagaimana dengan ImageResize?

Selain Pixabay, sebenarnya situs lainnya pun bisa digunakan, namun karena koleksi gambar yang dimilikinya cukup banyak, setidaknya memenuhi kebutuhan saya, jadi ya jarang menggunakan situs lainnya. Belum lagi, gambar dari Pixabay bisa kita tampilkan di tab browser dan bisa kita copy url gambarnya. Nah, URL gambar di Pixabay inilah yang nantinya akan kita gunakan di ImageResize.

Berbeda dengan situs seperti Unsplash dimana foto yang ada mengharuskan kita untuk mengunduhnya secara langsung. Kalau saya sih, tidak mau kerja 2X. Mending yang diunduh adalah gambar hasil akhir yang sudah kita ubah ukurannya di situs ImageResize.

Cara mengubah ukuran foto secara online tanpa Photoshop

Baiklah.

Biar kita tidak berlama-lama lagi dalam basa-basi yang mubazir, silahkan perhatikan langkah-langkah cara mengubah ukuran foto secara online ini. Mengenai hasilnya, tentunya relatif ya karena ukuran masing-masing foto pasti berbeda-beda. Belum lagi, kamera yang digunakan pun pastilah tidak sama. Jadi sejak awal, kapasitasnya pun tentu berbeda pula.

Oh ya, dengan cara ini saya berhasil mengubah ukuran foto dari yang tadinya misalnya 1 MB, 2 MB, hingga seterusnya menjadi hanya beberapa puluh KB saja. Sudah sering juga mendapatkan hasil akhir hanya sekitar belasan KB saja.

Lumayan kan? Apalagi tanpa harus buka Photoshop yang terkadang membuat laptop menjadi berat.

1. Cari dan temukan salah satu foto yang akan diubah kapasitasnya di Pixabay!


Langkah pertama ini tentu saja Anda harus memutuskan foto atau gambar yang mana yang akan dijadikan bahan percobaan dan Anda akan mencarinya di Pixabay. Untuk contoh kali ini, saya menggunakan foto si adik kecil yang sedang tersenyum. Anda juga bisa menggunakan foto yang sama jika mau, jadi silahkan klik link foto yang diunggah oleh pemilik akun dengan nama akun Victoria_Borodinova ini.

Sudah? Mari kita lanjutkan lagi ya!

Pada bagian sebelah kanan dari foto (jika menggunakan laptop) akan terdapat tombol download berwarna hijau dengan teks dan ikon berwarna putih. Nah, silahkan di klik saja untuk memunculkan 4 ukuran foto yang berbeda-beda.

Cara mengubah ukuran foto secara online tanpa photoshop dan menggunakan gambar di Pixabay

Karena ukuran foto yang biasanya saya butuhkan untuk blog memiliki ukuran lebar dibawah 500px, maka saya akan memilih ukuran foto yang pertama dengan resolusi 640x426 (dalam satuan pixel) dengan kapasitas yang tertera adalah sebesar 48 kB.

Setelah itu, klik pada opsi bawah sebelah kiri yaitu View untuk membuka gambarnya. Opsi view tersebut digunakan untuk mengetahui URL atau alamat dari gambar tersebut. Jika gambarnya sudah terbuka, silahkan copy URL yang terdapat pada address bar tersebut.

Cara mendapatkan URL gambar yang akan diubah ukurannya secara online

Untuk meng-copy URL gambar, sebenarnya bisa juga dengan melakukan klik kanan pada opsi view tersebut lalu pilih Copy link address jika menggunakan Google Chrome (silahkan menyesuaikan jika menggunakan browser lainnya).

Dengan begitu, langkah pertama untuk mendapatkan URL foto yang akan diubah ukurannya menjadi kecil telah selesai. Lanjut ke langkah berikutnya!

2. Paste URL untuk mulai merubah ukuran foto


Pada tahap diatas, penggunaan situs Pixabay sudah tidak diperlukan lagi. Kecuali jika Anda ingin mengganti gambar yang digunakan atau memilih resolusi lainnya.

Lalu langkah selanjutnya adalah dengan menuju situs ImageResize.

Pada halaman depan (beranda) situsnya, biasanya akan secara otomatis menampilkan bahwa Anda akan menggunakan tool Image Resizer (Pengubah Ukuran Gambar). Dan pada bagian bawah akan ada 2 opsi yaitu Computer untuk mengupload gambar dari komputer atau laptop dan URL untuk menampilkan gambar dari URL yang telah Anda sediakan misalnya pada contoh langkah pertama.

Silahkan klik URL dan paste link yang telah di-copy sebelumnya ke dalam kotak yang sudah disediakan. Setelah itu, klik Resize untuk memulai prosesnya. Tunggu beberapa saat ya hingga dimunculkan tampilan perubahan ukuran dan tool lainnya.

Paste URL foto untuk memulai proses perubahan ukuran foto

Jika sudah, akan muncul tampilan baru untuk mulai melakukan pengeditan, silahkan ikuti langkah pada gambar di bawah ini.

Pengaturan ukuran foto baru beserta kualitas yang diinginkan

Berdasarkan gambar diatas, saya melakukan perubahan ukuran gambar dengan menetukan sendiri ukurannya (no.2 gambar diatas) dan juga memilih kualitas gambar yang akan menjadi hasil akhir (no.3) yaitu Best Quality Image (Gambar Kualitas Terbaik).

Sedangkan langkah pada no.1 dari gambar diatas yang tidak saya tampilkan berupa penggunaan tool untuk crop, flip (membalik) dan juga rotate (merotasi gambar). Hal ini karena sangat jarang sekali saya gunakan untuk tujuan perubahan ukuran foto. Tapi jika ingin mencobanya, silahkan saja.

Jangan lupa juga untuk menetukan format gambar yang nantinya akan disimpan (no.4).

Cara memilih format gambar yang akan disimpan sebagai hasil akhir

Jika langkah diatas sudah selesai, silahkan klik Resize Image untuk memulai proses perubahan ukuran foto dan melihat hasil akhirnya.

3. Menyimpan hasil akhir gambar yang telah diubah ukurannya


Jika Anda sudah sampai pada tahap ini, selamat! Berarti segala proses yang telah dilalui sebelumnya telah berhasil Anda lewati dengan baik.

Tahap terakhir ini adalah menyimpan hasil foto yang baru saja Anda ubah ukurannya sesuai dengan yang sudah Anda edit pada halaman pengaturan sebelumnya.

Di tahap ini, akan dimunculkan tabel perbandingan antara ukuran asli dengan ukuran foto yang Anda tentukan sendiri, juga kapasitas asli foto dengan kapasitas akhir yang telah dilakukan perubahan. Untuk kapasitasnya sendiri, foto asli yang tadinya sebesar 48 kB berubah menjadi 19-an kB. Jika gambar tersebut saya gunakan di blog, tentunya akan sangat menghemat kapasitas hosting saya bukan?

Save gambar hasil perubahan ukuran foto online

Setidaknya, dengan menggunakan gambar dan cara ini, saya bisa menghemat kapasitas gambar sekitar 29 kb. Nah, bahaimana jika saya memiliki gambar berkapasitas 1 MB dan memperkecil ukurannya hingga menjadi 70 atau 80 kB? Pastinya akan sangat membantu, kan?

Sekian cara mengubah ukuran foto secara online ini tanpa sedikitpun menggunakan Photoshop dalam prosesnya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share tutorial ini ya.

Comments