30 Desain Brosur Unik dan Kreatif Ini Pengen Banget Rasanya Dikoleksi

Desain brosur sering dimanfaatkan sebagai salah satu media pemasaran bisnis. Kegiatan maupun event juga cocok untuk dipromosikan dengan alat ini. Tentunya, harus di desain sekeren dan se-kreatif mungkin. Agar orang tentunya tertarik dan mau membacanya.

Kalau sering kita perhatikan, desain brosur yang sering kita temui masih biasa-biasa saja. Saya sendiri kadang sudah berpikiran negatif duluan jika akan dibagikan brosur. Mikirnya ya, ini yang ngasih mau jualan apalgi.

Mau bagaimana lagi, sudah tahu bahwa itu bisa menjadi salah satu alat promosi yang efektif, namun terkadang tampilannya (desain) seolah tidak serius sama sekali. Yang penting jadi. Entah karena desainer grafisnya kurang kreatif atau memang ada hal lain yang tidak saya ketahui.

Padahal, dengan membuat desain brosur terbaik, bisa jadi kita tidak hanya akan mengambilnya dengan senang hati, namun juga mengoleksinya jika benar-benar menarik dan beda dengan yang sudah ada.

Desain itu gak hanya mengambar saja. Namanya juga "merancang," jadi ya harus benar-benar dipikirkan dengan baik. Termasuk dalam membuat desain brosur. Bagaimana caranya agar orang tergerak untuk mengambilnya tanpa kita harus capek-capek menyebarkannya, bagaimana informasi yang kita sampaikan bisa lebih efektif lagi dan masih banyak lagi yang harus dipertimbangkan.

Belum lagi berbicara mengenai jenis kertas yang akan digunakan. Semuanya itu sebenarnya cukup mudah, namun kadang kitanya sendiri yang terlalu menyepelekannya.

Ini loh 30 desain brosur unik dan kreatif yang saya aja mikirnya sampai pengen ngoleksi

Namanya juga ide dan inspirasi, kita bisa belajar dari yang sudah ada. Tentunya dari sumber yang benar-benar terbukti. Begitu juga untuk desain brosur terbaik Anda agar tampil kreatif dan juga unik. Dengan begitu, penawaran yang Anda informasikan dalam brosur akan menjadi lebih menarik lagi.

Jangan lewatkan: 10 Tempat Cetak Brosur di Bali yang Terpercaya

Baiklah. Kalau begitu, yuk simak semua desain brosur unik dan kreatif yang sudah dicetak dibawah ini!

1. Tidak harus berbentuk kertas segi empat, desain brosur dengan bentuk yang unik dan juga kombinasi warna yang cerah akan membuatnya terlihat lebih kreatif lagi.

Desain brosur unik dengan bentuk dan warna yang sesuai

2. Desain brosur dari Hermes Interior Design yang didominasi oleh warna Pink dan juga Putih tampak sangat cerah dan juga elegan.

Desain brosur unik dan kreatif dengan hanya beberapa warna dari Hermes Interior Design

3. Memadukan penggunaan warna Abu-Abu (greyscale) pada foto yang menjadi background dengan warna Merah serta ruang kosong membuat desain brosur bisa tampak lebih elegan.

Paduan 2 warna dalam desain brosur untuk mendapatkan kesan elegan

4. Desain brosur berbentuk segitiga, kenapa tidak? Selama tujuan yang ingin disampaikan bisa dipahami dan juga tidak harus berisi banyak informasi dimana-mana. Sederhana, unik dan juga kreatif.

Desain brosur berbentuk segitiga agar tampil beda, unik dan juga kreatif

5. Ini malah segilima. Dipadukan dengan ikon yang dipisahkan dengan deskripsi informasi membuat tampilan desain brosur menjadi lebih terbaca dengan mudah.

Desain brosur dengan bentuk yang unik dan kreatif

6. Penggunaan warnanya hanya 2: Orange dan Hitam. Dengan dilengkapi desain ikon yang sederhana, juga deskripsi informasi yang tidak terlalu panjang serta penggunaan tipografi yang tepat, menjadikan desain brosur ini terlihat sangat seimbang.

Desain brosur unik dan kreatif dengan warna minimal

7. Selanjutnya, kesan creamy sangatlah mudah didapatkan karena menggunakan paduan warna muda antara Coklat, Kuning, Hijau dan Orange. Disini, peran kombinasi beberapa warna sangatlah penting!

Kesan creamy dalam kombinasi warna desain brosur

8. Ini merupakan salah satu contoh desain brosur jasa pengembangan sosial media. Konsep yang diusung cukup kental dengan tampilan sebuah infografis karena melibatkan cukup banyak elemen dan juga menampilkan berbagai data pendukung.

Contoh desain brosur untuk media sosial

9. Desain brosur unik dan kreatif berikutnya adalah menekankan pada pentingnya ruang kosong, kesederhanaan, fotografi dan juga penerapan tipografi yang tepat. Hasil akhirnya, kesan elegan menjadi lebih mudah untuk dirasakan.

KEsan elegan memanfaatkan ruang kosong dan fotografi dalam desain grafis

10. Dari kombinasi warna yang digunakan serta sebaran elemen berbentuk lingkaran yang ada, sangat cukup menggambarkan bahwa layanan atau nilai sebuah produk dari desain brosur yang ditampilkan itu terpercaya dan juga menyenangkan. Ini sebenarnya sangatlah sederhana namun pesan yang disampaikan begitu kuat.

Kombinasi warna ceria dan elemen grafis dalam desain brosur

11. Lagi-lagi, ruang kosong, fotografi dan juga paduan warna mendominasi desain brosur kreatif berikutnya. Namun coba perhatikan bahwa dominan warna merah seolah merata dan bersumber dari foto. Tapi, bisa jadi juga karena warna yang ada merupakan warna identitas dari bisnis tersebut dan diterapkan dalam desainnya.

Desain produk elegan dan kreatif dari bisnis kuliner

12. Ini benar-benar unik dan juga kreatif secara bersamaan! Perhatikan saja desain brosurnya yang mengusung konsep 3D. Padahal sebenarnya sederhana, loh! Tapi lihat saja bagaimana hasilnya.

Desain brosur 3D sederhana namun tetap elegan

13. IKEA pun pernah melakkan hal yang sama dalam desain brosur untuk promosi produk interior rumah. Tampil unik dengan brosur 3D!

Konsep 3D dalam desain brosur IKEA

14. Konsep desain brosur 3D juga bisa disandingkan dengan nuansa retro dimana penggunaan foto memiliki tekstur yang noisy, paduan warna masa lalu, serta tipografi yang tepat. Padahal ini produk olahraga loh.

Desain brosur unik dan kreatif berkonsep retro

15. Kalau yang berikutnya biasanya disebut sebagai Die Cut. Punya desain brosur unik seperti ini kayaknya wajib kolehsi deh.

Desain brosur unik dan kreatif dengan konsep die cut

16. Yang ini juga pasti mikirnya wajib koleksi ya? Kalau saya sih iya. Desain brosurnya sangatlah sederhana dimana hanya menggunakan pengulangan garis yang begitu beraturan. Gak ada teksnya ya?

Desain brosur unik dan kreatif tanpa adanya teks

17. Ini benar-benar tampak real dan sepertinya rumit kan? Tapi pastinya gak dibuat manual kayaknya. Coba aja manual dan ada yang pesan seribu lembar. Bisa keriting jari-jari.

Menggunakan konsep 3D untuk desain brosur

18. Ini sepertinya ada 6 lipatan desain brosurnya. Ruang kosong juga sangat dimanfaatkan dengan baik serta penggunaan warnanya cocok banget. Bentuknya pun seolah terlihat lebih beragam.

Desain brosur unik dengan beberapa lipatan yang memiliki bentuk variatif

19. Kalau desain brosur dengan banyak bentuk seperti di bawah ini tahu gak ya buatnya dimana?

Beberapa bentuk desain brosur yang unik dan kreatif

20. Memangnya KPU saja yang boleh pakai kertas kardus untuk pemilu? Untuk desain brosur juga bisa kali. 

Desain brosur menggunakan karton

21. Mesin pencari sekelas Yahoo saja punya desain brosur untuk marketingnya seperti ini loh. Masa bisnismu enggak?

Desain brosur untuk keperluan marketing Yahoo

22. Untuk desain brosur yang ini, khusus keluarganya sultan kali ya? Sebarinnya juga pakai burung merpati saja nanti.

Desain brosur unik dan kreatif berkonsep kertas kuno

23. Ciluuuukk...baaaaaaakkk!!! Jika ada yang menyarankan untuk membuat desain brosur yang penuh kejutan, mungkin ini salah satu contohnya. Sangat kreatif bukan?

Desain brosur yang memberikan kejutan bagi pembacanya

24. Sama sebelumnya dengan desain brosur berbentuk segitiga. Namun kali ini memiliki beberapa lipatan. Sepertinya karena jumlah informasi yang ingin disampaikan memang berbeda.

Desain brosur segitiga dengan beberapa lipatan

25. Sedikit mirip pada gambar desain brosur yang pertama diatas, tapi bentuk dasarnya saja ya. Warna Hijau disini cukup menunjukkan posisi suatu produk yang ramah lingkungan.

Penggunaan warna hijau untuk kesan ramah lingkungan dalam desain brosur

26. Jika sebelumnya ada beberapa desain brosur yang berkonsep 3D, yang ini justru tidak sama sekali namun mampu memberikan kesan yang sama. Dan itu hanya dibutuhkan satu foto tangan saja yang dibentuk sesuai aslinya.

Tidak berbentuk 3D namun kesannya sama dalam desain brosurnya

27. Yang istimewa dari desain brosur selanjutnya benar-benar menitikberatkan pada hasil desainnya itu sendiri. Tidak ada 3D atau Die Cut. Murni hanya menampilkan desain kreatif.

Kesederhanaan dalam desain brosur untuk tampil unik dan kreatif

28. Berapa persentase kemunculan teks pada desain brosur selanjutnya? Karena komunikasi visual itu tak melulu harus berdeskripsi yang banyak.

Tidak semua desain brosur harus memiliki teks yang banyak

29. Ada 7 lipatan guys. Sepertinya ini merupakan desain brosur dengan lipatan terbanyak di postingan ini. Oh ya, desainnya dibuat dimana antara teks dan juga foto tidak dalam bidang yang sama namun secara terpisah.

desain brosur unik dan kreatif dengan banyak lipatan

30. Yang terkahir adalah desain brosur tentang event festival dimana budaya pop sangat dominan dalam kesan desainnya.

desain brosur unik dan kreatif yang mengusung budaya pop

Kira-kira dari 30 desain brosur unik dan kreatif diatas, mana yang menurutmu akan kamu koleksi atau dicetak nantinya?

Komentar

Baca juga: