Apakah Menyebar Brosur Untuk Promosi Bisnis Masih Efektif?

Penyebaran brosur yang dibagikan secara konvensional masih sesekali kita temui dalam kehidupan. Pertanyaannya, apakah cara yang demikian masih efektif untuk dilakukan terutama dalam mempromosikan bisnis Anda?

Apalagi saat ini penggunaan internet yang begitu pesat dengan jumlah pengguna yang begitu besar. Dengan internet, Anda bisa mempromosikan bisnis apapun baik secara gratis maupun berbayar. Dengan kondisi yang demikian, masih perlukah repot menyebarkan brosur di berbagai lokasi yang sudah Anda rencanakan?

Efektifitas penyebaran brosur untuk promosi bisnis

Tidak perlu jauh-jauh dahulu berpikiran untuk menyebarkan brosur promosi bisnis Anda di perempatan lampu lalu lintas, dengan menaruhnya diatas meja toko Anda saja itu sudah merupakan cara dan juga lokasi yang tepat untuk dilakukan.

Karena pada dasarnya, tujuan penyebaran brosur terutama dalam rangka mengiklankan bisnis Anda secara konvensional adalah agar informasi yang ingin Anda sampaikan tersebar dengan baik. Jadi jangan hanya membatasi diri bahwa menyebarkan brosur itu harus melulu diluar ruangan.

Di tempat Anda buka usaha pun harus tetap dilakukan agar pengunjung atau konsumen juga tahu tentang informasi tersebut.

Setidaknya untuk saat ini dan juga beberapa tahun mendatang, kemungkinan besar Anda masih perlu untuk membagikan brosur promosi usaha Anda.

Terlebih lagi, semurah apapun periklanan online, tetap dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mengoperasikannya. Jika Anda tidak tahu bagaimana menjalankan promosi online, seperti memasang iklan di Facebook, tentu menjadi tidak efektif juga.

Meskipun mungkin, saat ini sudah banyak tersedia berbagai layanan pemasangan iklan dimana jasa yang ada akan melakukannya untuk Anda.

Di banyak lokasi di Indonesia, masih banyak pula pulau dan berbagai daerah yang bahkan sinyal telepon pun belum terjangkau. Jadi tidak mungkin untuk beriklan online, buka Google saja tidak bisa.

Oleh karena itu, brosur masih sangat dibutuhkan. Bahkan di kawasan perkotaan yang teknologinya sudah canggih sekalipun, tetap saja membutuhkannya. Karena tidak semua orang mampu untuk selalu online sepanjang hari.

Artikel menarik: Saya Mau Cetak Brosur Online, Situs Mana yang Harus Dikunjungi?

Di Amerika saja masih banyak layanan desain brosur yang unik dan menarik serta berbagai bisnis percetakan. Jadi, kehadiran brosur itu sendiri memang masih sangat dibutuhkan. Dan, pada beberapa kesempatan bisa menjadi begitu efektif untuk mempromosikan bisnis. Seperti pada daerah-daerah yang belum terjangkau sinyal tadi atau yang juga sinyal internetnya minimal masih belum 3G.

Dan daerah-daerah seperti itu masih sangat banyak sekali di Indonesia ini. Karena itu, salah satu cara efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen adalah lewat penyebaran brosur.

Lihat saja di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan bisnis yang sudah sering iklan online pun masih memanfaatkan brosur sebagai salah satu media promosi usahanya. Bahkan usaha yang sudah puluhan tahun dan didukung dengan berbagai SDM yang mampu mengoperasikan periklanan online masih banyak yang melakukannya.

Karena penyebaran brosur itu bersifat personal. Kita bisa melakukan kontak dan berkomunikasi secara langsung dengan calon konsumen di dunia nyata.

Meskipun dunia maya itu juga penting untuk bisnis Anda hadir disana, kehadiran Anda di dunia nyata justru lebih penting lagi. Namanya manusia, kita tidak sekedar ingin berkomunikasi secara online saja.

Apalagi, mereka yang sudah berumur 40 tahunan keatas juga sangat membutuhkan berbagai informasi. Dan akan lebih memudahkan bagi mereka jika Anda menyapa secara langsung lewat brosur bisnis Anda.

Kalangan-kalangan tertentu juga akan sangat terbantu dengan adanya brosur. Contohnya seperti pada gambar diatas yang memberikan informasi tentang suatu lokasi wisata, resort atau bahkan penawaran akomodasi.

Mereka yang memiliki penghasilan lebih (kalangan ekonomi menengah keatas), tentu waktu onlinenya bisa jadi sangat kurang karena kesibukan. Dengan hadirnya brosur di hadapan mereka, kemungkinan besar akan menjadi sangat efektif lagi.

Bahkan, jika Anda menghadirkan desain brosur yang unik dan juga kreatif, bisa jadi mereka akan menganggap bahwa bisnis Anda sangatlah berkualitas karena mampu melayani dengan baik meskipun sekedar dari brosur saja.

Setidaknya, saya yakin bahwa kalangan tersebut akan sangat menghargai pendekatan personal yang Anda lakukan melalui penyebaran brosur tersebut. Dampak bagusnya adalah, cara tersebut bisa menimbulkan kekuatan persuasif yang positif (meyakinkan) sehingga bisnis Anda akan lebih terpercaya lagi. Bukankah itu akan sangat mendukung branding bisnis Anda sendiri?

Cara melakukan promosi lewat periklanan online itu hanya salah satu dari apa yang bisa Anda lakukan.

Begitu juga dengan promosi dengan membagi-bagikan brosur. Terkadang, dalam satu waktu Anda akan membutuhkan keduanya. Namun, sangat disarankan bahwa setidaknya Anda mampu melakukan salah satunya.

Efektif tidaknya, dicoba saja dulu. Banyak juga pebisnis yang merasa sudah beriklan online terus-terusan, tapi tidak laku-laku juga barang atau omset bisnisnya. Padahal biaya periklanan sudah keluar banyak.

Karena bisa jadi memang tidak tepat. Namun, ada juga yang hanya menggunakan brosur, tapi hasilnya bisa jadi sangat lumayan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui kapan saat yang tepat memakai brosur untuk promosi bisnis Anda. Dengan begitu, Anda tidak asal-asalan mengeluarkan biaya dalam pembuatannya. Salah satu tujuannya adalah agar lebih efektif lagi.

Penyebaran brosur untuk mempromosikan bisnis Anda itu masih sangat bisa dilakukan dan juga masih efektif. Karena selama apapun orang meluangkan waktu untuk online, mereka tetap hidup di dunia nyata, bukan dunia maya. Karena itu, datangi mereka lewat brosur Anda. Bagaimana?

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?