3 Manfaat Foto Berkualitas Tinggi Dalam Desain Brosur

Pepatah lama mengatakan "sebuah gambar bernilai ribuan kata," banyak menjadi motivasi tersendiri bagi seorang fotografer. Begitu juga ketika memanfaatkan foto yang berkualitas tinggi (profesional) dalam desain brosur Anda.

Berkualitas tinggi disini tidak sekedar bermakna bahwa Anda harus menggunakan kamera berteknologi tinggi atau bahkan jasa fotografi. Namun Anda bisa menggunakan kamera apa saja, bahkan meskipun itu adalah kamera hp.

Manfaat penggunaan foto atau gambar berkualitas tinggi dalam desain brosur

Saya benar-benar tidak akan membatasi Anda untuk menghasilkan foto dari keterbatasan teknologi karena bisa saja Anda saat ini belum memiliki kamera yang profesional. Namun, selama gambar yang Anda gunakan merupakan hasil terbaik Anda dan tidak menurunkan nilai dari sebuah desain brosur itu sendiri, sah-sah saja untuk Anda lakukan.

Kekuatan foto dalam desain brosur Anda tidak boleh Anda remehkan. Terlebih lagi, gambar bisa memiliki dampak yang sangat besar melebihi satu halaman brosur yang penuh dengan teks atau tulisan.

Coba Anda bayangkan jika sebuah brosur hotel tidak menampilkan ruang kamarnya atau bagian lain dari bangunan, maka hal tersebut akan membuat seorang traveler kebingungan membayangkan bagaimana suasana akomodasi yang akan ia tinggali selama beberapa hari kedepan.

Selengkap apapun deskripsi dalam desain brosur kamar hotel tersebut, kita tetap tidak membayangkannya secara nyata. Alhasil, brosur tersebut akan gagal menarik minat pihak lain untuk melakukan reservasi.

Lalu, coba Anda bayangkan ketika dalam desain brosur tersebut akan berisi 1 atau beberapa foto mengenai tampilan kamar dan berbagai fasilitasnya.

Kita akan secara langsung tahu apa yang bisa kita lakukan disana, bagaimana menikmatinya, apa saja yang ditawarkan dan sebagainya. Bahkan, ketika brosur itu sendiri tanpa harus mendeskripsikan kamar hotelnya pun, kita sudah memiliki bayangan yang realistis terhadap akomodasi yang akan kita sewa.

Seperti itulah salah satu kekuatan foto yang bisa dihadirkan dalam desain brosur Anda. Dan ada beberapa alasan lainnya kenapa foto profesional itu penting bagi bisnis kecil.

Namun, jika foto yang Anda inginkan tidak bisa Anda hasilkan dengan baik karena terkendala oleh kamera maupun tidak yakin dengan hasil karya anda sendiri, Anda bisa memanfaatkan situs download foto gratis seperti Pixabay, Unsplash, Pexels dan sebagainya untuk mendownload foto profesional dengan kualitas yang tinggi secara gratis.

Dengan catatan bahwa foto tersebut mampu merepresentasikan bisnis Anda. Misalnya layanan Anda adalah jasa mengetik atau print, di website tadi Anda bisa mendapatkan gambar orang yang sedang mengetik atau gambar printer yang sesuai.

Foto yang berkualitas mampu membangkitkan koneksi dengan audiens yang menjadi target akhir dari brosur yang Anda sebarkan. Jika hal itu terjadi, maka pemanfaatan foto dalam desain Anda telah melakukan tugasnya dengan baik.

Selain itu, apalagi manfaat foto dalam suatu desain brosur?

Peranan gambar dalam dunia periklanan termasuk dalam desain brosur Anda hingga saat ini masih sangat dibutuhkan. Apalagi, kehadirannya mampu membuat tampilan brosur menjadi dinamis (tidak kaku dan tidak monoton).

Dan harus diakui bahwa salah satu elemen desain grafis yang juga perlu disertakan dalam desain Anda adalah elemen fotografi.

Selain apa yang sudah disampaikan diatas, foto yang berkualitas tinggi masih memiliki manfaat dan juga peranan lainnya dalam penggunaan di desain brosur. Berikut beberapa diantaranya.

1. Desain brosur dengan menyertakan foto akan memiliki dampak tertentu bagi yang membacanya

Contoh mengenai desain brosur hotel diatas merupakan salah satu dampak yang bisa dihadirkan oleh foto saat memasukkannya atau tidak dalam desain brosur. Dan berbicara mengenai dampak ini, tentunya akan ada yang bernilai positif dan juga sebaliknya.

Gambar yang dapat "bercerita" pada pelanggan tentu akan menonjol dan memiliki kesan tertentu. Namun perlu dipertimbangkan juga bahwa jika foto yang digunakan sebaliknya, maka hanya akan memberikan kesan yang sebaliknya pula.

Karena itu, fokuslah pada foto berkualitas tinggi yang merepresentasikan produk dan layanan Anda.

Silahkan baca 10 tips cara membuat dan mendapatkan desain brosur terbaik Anda pada artikel sebelumnya, terutama pada poin ke-8 yang secara khsusu membahas hal ini.

2. Menumbuhkan hubungan yang baik dengan pelanggan

Coba Anda pikirkan ketika melihat foto-foto kenangan di hp Anda, bukankah dengan itu—Anda sadari atau tidak, secara langsung ingin terhubung dengan apa dan siapa saja yang berada dalam foto tersebut?

Seperti itulah koneksi yang bisa dihadirkan dalam sebuah foto dalam desain brosur Anda. Namun, tidak hanya fokus pada nilai sebuah "kenangan" sebagaimana contoh yang Anda bayangkan. Foto yang Anda tampilkan bisa berupa banyak hal. Bahkan sekedar gambar produk atau suasana pelayanan bisnis Anda bisa memunculkan banyak makna bagi yang melihatnya.

Hubungan tersebut bisa berdampak secara emosional atau psikologis, dan melalui media berupa foto dalam desain brosur, itu juga merupakan salah satu cara agar pelanggan Anda terhubung dengan brand bisnis Anda.

Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menghadirkan hubungan dimana pelanggan Anda akan menginginkan produk Anda itu sendiri hingga mau melakukan pembelian.

Baca juga: 6 TRIK Efektif Sebar Brosur Tanpa Biaya

Contohnya lagi seperti produk berupa hp keluaran terbaru. Rata-rata pemasarannya menonjolkan satu atau beberapa gambar mengenai desain dan tampilan hp itu sendiri. Hanya dari foto, banyak diantara kita kemudian mau mengganti hp yang kita miliki saat ini. Tentu itu hanya salah satu faktor penyebabnya saja, namun memang berhasil kan?

Dan begitulah koneksi yang harus Anda ciptakan dengan pelanggan Anda melalui pemanfaatan foto dalam desain brosur Anda. Agar konsumen menginginkan produk yang Anda promosikan lewat brosur.

3. Menggunakan foto dalam desain brosur akan menjadikannya berkesan dan mudah diingat

Coba Anda ingat brosur terakhir yang pernah Anda lihat sebelumnya. Dari keseluruhan desain, akan banyak elemen dan juga informasi yang mungkin sudah Anda lupakan. Karena Anda memilih mana  yang akan diingat dan mana yang tidak berdasarkan tingkat penting tidaknya informasi yang disampaikan.

Namun, kemungkinan Anda masih sangat ingat dengan foto yang ditampilkan dalam brosur tersebut. Selain mungkin karena ukuran gambarnya yang cukup besar, relevansi dan juga kreativitas serta keunikan yang ada bisa menjadi alasan kenapa Anda masih mengingatnya.

Kesan dan suasana dalam foto yang Anda ingat itulah yang menjadi daya tarik kenapa Anda susah melupakannya ibandingkan dengan elemen grafis lainnya dalam desain brosur Anda.

Apalagi jika brosur Anda desainnya terdiri dari 3 lipatan. Semakin banyak informasi di tiap lembarnya, tentunya harus berkesan dan tidak mudah dilupakan oleh pembacanya. Karena itu, foto bisa menjadi salah satu alternatif utama dalam elemen yang harus Anda hadirkan dalam suatu desain.

Karena itu, dalam mencetak desain brosur usaha Anda, sangat penting untuk memiliki gambar yang berkualitas tinggi dengan kombinasi warna yang berkesan bagi yang melihatnya. Apalagi, terkadang hasil desain dan hasil akhir cetak brosur terkadang terlihat sedikit berbeda. Jadi, fokuslah untuk selalu menggunakan gambar terbaik jika itu memungkinkan.

Silahkan baca juga mengenai situs online untuk mencetak brosur Anda pada artikel yang sudah saya publikasikan sebelumnya.

Demikina beberapa manfaat dan juga peranan foto berkualitas tinggi dalam desain brosur. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya. Terima kasih.

Komentar

Baca juga: