Kapan Saat yang Tepat Memakai Brosur Untuk Bisnis Anda?

Tentunya Anda sudah tahu bahwa brosur sudah banyak digunakan dimana-mana untuk kepentingan bisnis. Mulai dari bisnis yang baru mulai dirintis hingga yang sudah lama ada. Dari warung kecil di pinggir jalan hingga skala perusahaan sekalipun.

Namun, bisa saja bisnis Anda itu tidak memerlukan brosur setiap saat, setiap hari sepanjang tahun. Ada waktu-waktu tertentu dimana brosur bisa sangat efektif untuk bisnis Anda, ada juga hari dimana ia tidak diperlukan sama sekali.

Oleh karena itu, Anda harus tahu kapan saat yang tepat untuk menggunakan media berupa brosur dalam mencapai berbagai kepentingan atau kebutuhan bisnsi Anda.

Saat yang tepat untuk memakai brosur terkait bisnis Anda

Kapan saat ayng tepat menggunakan brosur dalam berbisnis

Mari saya beri satu pertanyaan sederhana. Kenapa Anda harus tahu mengenai kapan waktu yang tepat untuk menggunakan brosur dalam memasarkan bisnis Anda?

Dalam dunia bisnis, tentunya Anda membutuhkan lebih banyak strategi pemasaran. Oleh karena itu, berbagai media seharusnya bisa Anda gunakan dengan baik. Karena sesungguhnya, kebanyakan media tersebut akan membutuhkan perencanaan keuangannya sendiri-sendiri.

Anda mau beriklan saja harus bisa merencanakan budgetnya berapa. Begitu juga dalam membuat dan menyebarkan brosur bisnis Anda, Anda membutuhkan biaya untuk melakukannya. Dalam kurun waktu setahun, bisa saja Anda akan mencetak dan menyebarkan brosur sebagai alat promosi bisnis dan modalnya tentu harus dikeluarkan dari kas bisnis Anda.

Segala sesuatunya harus serba diperhitungkan dan direncanakan karena ini menyangkut keberlangsungan bisnis Anda sendiri. Jangan sepelekan ini, karena anggaran kecil yang tidak terhitung, namun sering dikeluarkan justru akan mengurangi pengembangan bisnis Anda sendiri.

Begitu juga dalam pembuatan brosur, meskipun anggarannya terbilang sedikit, namun jika di total dengan anggaran yang lainnya, bisa-bisa modal usaha Anda justru berkurang.

Dengan mengetahui waktu yang tepat dalam menggunakan brosur, selain anggaran bisnis Anda terencana dengan baik, diharapkan juga bahwa penyebaran brosur menjadi lebih efektif. Dan memang harus efektif pengaruhnya terhadap bisnis karena Anda sudah mengeluarkan biaya untuk itu.

Karena itu, hadirlah artikel ini di hadapan pembaca sekalian. Mari saya bantu Anda kapan Anda bisa melakukannya.

1. Memanfaatkan brosur saat baru pertama kali Anda akan membuka bisnis baru

Ini penting.

Sebagus apapun perencanaan bisnis Anda, Anda tetap tidak bisa mengetahui apa sebenarnya keinginan konsumen yang Anda targetkan. Oleh karena itu, lakukanlah perkenalan terlebih dahulu. Launching bisnis baru Anda merupakan peristiwa yang penting bagi Anda sendiri. Bisa buka usaha saja sudah menjadi prestasi tersendiri bagi Anda.

Tidak masalah mengenai besar kecilnya usaha Anda, membuat brosur itu hanya nol koma sekian persen dari keseluruhan biaya membuat bisnisnya sendiri. Sangat terjangkau sekali.

Bisnis baru cenderung memerlukan perkenalan secara langsung dengan calon konsumen. Dengan begitu, tahapan tatap muka tersebut bisa membuat bisnis Anda lebih meyakinkan disaat awal merintis.

Bandingkan dengan bisnis online dimana kebanyakan orang masih akan kurang percaya atau ragu terhadap Anda karena baru pertama kali mengetahui bisnis tersebut. Namun jika dilakukan lewat brosur, kepercayaan tersebut bisa langsung didapatkan pada pandangan pertama. Terlepas dari siapa yang menyebarkannya.

2. Gunakan brosur saat bisnis Anda akan memberikan promo atau penawaran khusus

Katakanlah Anda memiliki toko dengan beragam penawaran produk dengan harga yang spesial, tentu brosur bisa sangat efektif penggunaannya.

Tapi Anda harus tetap realistis. Jika hitungan bisnis Anda menghasilkan nilai yang positif bahwa target keuntungannya sangat cukup atau malah besar, tentu biaya yang dikeluarkan dalam membuat dan menyebarkan brosur ini menjadi tidak begitu terasa bagi bisnis Anda.

Begitu juga sebaliknya. Jika keuntungannya sedikit dan jumlah produknya sedikit, ditambah lagi dengan biaya brosur, kerja keras Anda tidak akan begitu ternilai. Dapatnya cuma capek tok!

Namun, meskipun keuntungan penjualan per barang (produk) sedikit, tapi jumlah itemnya variatif, Anda tetap bisa mempertimbangkan pemanfaatan brosur tersebut. Coba lihat seperti apa yang sering kita temui di Indomaret atau Alfamart, biasanya akan disediakan brosur dalam bentuk katalog barang untuk jenis barang tertentu.

Saya yakin bahwa kemungkinan besar stok barang yang ada sudah diperbanyak dulu sebelumnya. Baru kemudian dipromosikan. Benar tidak?

3. Memanfaatkan momen-momen spesial tertentu untuk penawaran bisnis dalam bentuk brosur

Sebenarnya ini terkait dengan poin kedua diatas. Momen tertentu kemungkinan besar akan sangat terkait dengan penawaran spesial bisnis Anda.

Namun saya tetap memisahkan informasinya agar Anda pun melakukan perencanaan secara terhadap momen-momen yang ada.

Kita tahu bahwa setiap tahun, selalu ada momen yang dirayakan oleh banyak pihak. Seperti perayaan hari-hari besar nasional (lebaran, nyepi, natal, 17 agustusan, dll), hingga yang bersifat personal seperti hari valentine.

Rencanakan setiap momen nasional tersebut sebagai salah satu waktu untuk memberikan penawaran spesial kepada konsumen menggunakan brosur. Hal ini dilatarbelakangi karena biasanya, berbagai momen tersebut, daya beli masyarakat juga meningkat.

Ingatkan mereka tentang promosi bisnis Anda lewat brosur dan ajak mereka untuk mendapatkan penawaran spesial tersebut.

4. Cari dan temukan jadwal pameran atau festival di kota Anda

Pameran bisnis biasanya sangat ramai dikunjungi. Apalagi pameran dalam rangka "cuci gudang" yang biasanya dilaksanakan di akhir tahun. Jika Anda berkesempatan mengikutinya, bukankah ini juga salah satu waktu yang tepat untuk meningkatkan penjualan?

Bahkan, terkadang bisnis dari luar kota pun mengikutinya.

Jadi, siapkan bisnis Anda untuk mengikuti pameran atau festival yang akan diselenggarakan. Cari dan temukan informasinya. Saat pameran, bisnis Anda kemungkinan besar akan kekurangan stok brosur karena biasanya akan diminta oleh pengunjung untuk di bawa pulang.

Bahkan, pameran seperti diatas bisa jadi adalah puncak dimana penggunaan brosur bagi bisnis Anda bisa sangat dibuthkan dan tingkat kebutuhannya begitu tinggi. Jika pada hari-hari biasa brosur di toko Anda hanya mampu berkurang dalam dalam jumlah belasan atau puluhan dalam sehari, ketika pameran berlangusng mungkin bisa berkali-kali lipat jumlahnya.

5. Saat Anda ingin memberikan informasi yang cukup lengkap untuk mendapatkan perhatian konsumen

Beberapa jenis produk yang cocok untuk menerapkan saat yang tepat menggunakan brosur pada poin ini seperti produk berupa mesin, printer, laptop, hp, kamera dan sebagainya.

Rata-rata produk tersebut dan selainnya sebenarnya sudah memiliki buku manual sendiri. Sayangnya, masih banyak yang tidak terlalu membacanya. Bisa jadi, faktor bahasa yang terlalu teknis menjadi penyebabnya. Karena, tidak semua orang juga paham mengenai istilah-istilah didalamnya.

Oleh karena itu, buat menjadi lebih mudah. Gunakan kata dan kalimat yang lebih mudah dipahami oleh orang awam sekalipun dalam brosur Anda agar lebih menarik lagi. Hal selanjutnya yang diharapkan adalah akan banyak konsumen yang akan membeli dari Anda karena telah mempermudah penjelasan tersebut.

Artikel menarik lainnya:
Disaat segala sesuatunya terlihat mudah dipahami bagi konsumen, bisa jadi itu juga yang akan membuat mereka memutuskan bahwa toko Anda-lah mereka akan membeliproduk tersebut, karena Anda telah membantu mereka memahami hal yang sulit. Hal ini akan membuat mereka lebih percaya pada penawaran Anda ketimbang yang selainnya.

Dengan cara yang cerdas, penggunaan brosur bisa begitu efektif bagi bisnis Anda selama Anda tahu cara menggunakannya. Dan untuk tujuan tersebut, salah satu caranya adalah dengan mengetahui kapan saat yang tepat dari kelima momen diatas untuk memakai brosur sebagai alat prmosi bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini sekarang.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?