Tampil Beda Dengan Memasarkan Bisnis Menggunakan Brosur

Ketika teknologi pemasaran online menghadirkan segala sesuatu yang lebih memudahkan dengan harga yang hampir terjangkau untuk semua kalangan bisnis, maka cara-cara tradisional pun akan semakin ditinggalkan. Itulah yang sepertinya mulai terjadi beberapa tahun ini. Dimana kemungkinan besar, penggunaan brosur pun akan semakin ditinggalkan.

Memanfaatkan brosur sebagai alat pemasaran yang berkesan

Ini sekedar asumsi, namun tidak menutup kemungkinan bahwa hal itu memang benar adanya. Secara logika, seorang pebisnis akan berpikir bahwa untuk apa meluangkan banyak waktu, biaya dan juga tenaga membuat desain brosur dan menyebarkannya? Apalagi, jumlah orang yang akan membacanya sangat terbatas.

Berbeda dengan memasang iklan di internet. Sudah murah, juga mampu menjangkau lebih banyak konsumen. Jika 100 lembar brosur katakanlah dengan modal 50 ribu disebarkan, maka jumlah orang yang membacanya yang bisa dihitung ya sebanyak jumlah lembaran brosur tersebut. Yaitu, hanya 100 orang.

Dengan jumlah modal yang sama, jika menggunakan iklan online, setidaknya bisa menjangkau lebih dari seribuan pengguna internet. Kalah jauh efektifitasnya dibandingkan dengan mencetak brosur dan membagikannya dari segi waktu, tenaga dan juga biaya.

Namun sebenarnya, disinilah letak bahwa brosur akan menjadi salah satu media promosi yang istimewa hingga bisa sangat efektif.

Ada sebuah istilah yang kerap diungkapkan yaitu "Old but gold." Jika dimaknai maka istilah tersebut akan merujuk pada sesuatu yang telah lama (tua, tradisional) ada namun sudah banyak yang meninggalkannya. Tapi, ketika disandingkan dengan dunia yang lebih maju (modern), maka nilainya akan menjadi lebih tinggi lagi.

Tren atau apa yang ada di masa lalu selalu bernilai lebih karena diciptakan dengan kreativitas dan juga waktu yang tidak sebentar. Karena itu, penghargaan orang lain terhadap sesuatu dari masa lalu biasanya akan melekat dengan baik dalam hati dan pikirannya.

Inilah PR yang harus diselesaikan oleh si pebisnis. Bagaimana caranya agar brosur yang telah dicetak bisa memiliki nilai yang lebih bagi konsumennya.

Salah satu caranya adalah dengan membuat desain brosur terbaik yang tampil unik dan juga kreatif. Sudah banyak bukti bahwa desain yang dibuat se-menarik mungkin bahkan bisa menimbulkan keinginan bagi pihak lain untuk tertarik membacanya. Karena itu, perusahaan bahkan menginvestasikan dana untuk menggunakan jasa desainer grafis profesional dalam membuatkan desain brosurnya.

Kan lucu kalau ada bisnis sekelas perusahaan yang sudah lama berdiri dan banyak masyarakat yang mengetahuinya, tapi malah menghadirkan brosur dengan desain yang biasa-biasa saja.

Dan bagi Anda yang belum lama ini memulai usaha, tentu harus juga memiliki desain brosur yang tidak kalah kerennya dengan perusahaan-perusahaan besar. Karena desain brosur Anda juga akan mampu meningkatkan citra baik bagi usaha tersebut (branding).

Untuk bisa menghadirkan desain brosur se-kreatif mungkin, Anda juga harus tahu beberapa alasan kenapa desain brosur Anda biasa-biasa saja. Silahkan dibaca untuk memperkaya referensi Anda manakala memanfaatkan brosur sebagai salah satu alat pemasaran.

Ketika banyak pebisnis mulai meninggalkan cara-cara yang lama dan Anda mampu tetap menghadirkannya, maka bisa jadi bsinis Anda akan semakin dikenal.

Misalnya, di lini bisnis Anda tidak ada satu pun yang menggunakan brosur lagi atau kalaupun ada, jumlahnya tidak seberapa dan desainnya pun asal-asalan. Nah, Anda kemudian bisa memasuki celah yang menjadi kelemahan ini untuk membuat konsumen tertarik dengan usaha Anda.

Dengan memiliki alat pemasaran yang unik dan juga beda, maka sudut pandang konsumen pun akan berbeda. Bisnis Anda akan tampak lebih menarik lagi bagi mereka. Disaat yang lain kebanyakan fokus menggunakan media promosi online, Anda justru menyapa mereka secara langsung dan juga personal.

Mana yang kemudian akan lebih meyakinkan jika Anda menempatkan diri Anda sebagai konsumen, bertemu langsung dengan pebisnis yang menawarkan produknya atau berkomunikasi lewat layar hp?

Masing-masing akan bekerja efektif dengan caranya sendiri, namun berkomunikasi menggunakan media brosur tentu akan sangat berkesan.

Jadi, se-tinggi apapun teknologi, pada intinya sama fungsinya bagi seorang pebisnis. Yaitu bagaimana menghadirkan kesan yang positif dari konsumen yang berimbas positif bagi bisnisnya.

Jika reputasi bisnis Anda bagus, maka Anda tidak perlu repot memasarkannya. Produk Anda akan didatangi oleh mereka-mereka yang tidak Anda sangka sebelumnya, penjualan akan berpengaruh, dan berbagai dampak baik lainnya.

Ini juga merupakan salah satu jawaban dari artikel sebelumnya yang mengulas tentang apakah menyebar brosur untuk promosi bisnis masih efektif? Bagi saya, tentu saja efektif! Masa iya Anda tidak mau mengambil kesempatan ini dimana kebanyakan bisnis lain hanya memasarkan produknya secara online.

Ini adalah salah satu kesempatan emas atas penggunaan brosur yang mulai terkesan tradisional sebagai salah satu strategi marketing bisnis. Memanfaatkan sesuatu yang perlahan ditinggalkan dengan cara yang unik untuk mendapatkan peluang yang baru dalam perkembangan bisnis Anda.

Selanjutnya, hal lain yang juga penting Anda ketahui adalah trik atau cara membagikan brosur tanpa harus mengeluarkan biaya. Silahkan klik dan baca artikel tersebut untuk semakin memaksimalkan penggunaan brosur sebagai media promosi bisnis Anda.

Masih banyak cara agar bisnis Anda mampu tampil secara berbeda dan mampu menjadi pembeda dengan kompetitor atau pesaing Anda. Jika Anda bingung bagimana caranya, Anda bisa mulai dengan memasarkan bisnis menggunakan media brosur. Semoga bermanfaat.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?