6 TRIK Efektif Sebar Brosur Tanpa Harus Keluar Biaya

Cukup menakjubkan mengetahui bahwa sekumpulan brosur bisa sangat membantu perkembangan bisnis Anda dalam menyebarkan berbagai penawaran yang ada. Salah satu rahasianya adalah Anda harus tahu bagiamana cara dan trik menyebarkan brosur yang sudah Anda cetak sebagai bagian dari strategi bisnis yang sudah Anda tetapkan.

Salah satu pertanyaan yang selalu ada pada diri seorang pengusaha tatkala memasarkan bisnisnya melalui brosur adalah, bagaimana pengusaha lain melakukannya. Dan Anda pasti penasaran kan bagimana bisnis lainnya menyebarkan brosur mereka?

Karena itu, hadirlah 6 trik ini yang akan menginformasikan cara yang mungkin untuk Anda lakukan bahkan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

Semakin bisa melakukan penghematan, termasuk dalam menyebarkan brosur, tentunya usaha Anda akan juga semakin terbantu, bukan? Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa biaya penghematan tersebut bisa menutupi biaya pencetakan brosur berikutnya.

Alih-alih harus membayar jasa orang lain melakukannya, akan lebih baik jika Anda tahu cara menyebarkan brosur dengan mudah dan tanpa perlu mengeluarkan dana kembali.

Cara dan trik sebar brosur secara efektif tanpa harus mengeluarkan biaya

Trik dan cara membagikan brosur tanpa biaya secara efektif

Saya telah melakukan riset kecil-kecilan dan juga memikirkan apa yang bisa Anda lakukan untuk menyebarkan brosur bisnis Anda tanpa harus ada biaya tambahan. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan dan bahkan kebanyakan tidak menuntut persyaratan khusus.

Anda tidak harus menjadi seorang ahli atau pakar pemasaran. Anda tidak harus memiliki banyak pengetahun dulu untuk melakukan berbagai cara sebar brosur ini. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup dengan mengetahui apa saja starteginya.

Anda sudah tidak sabar untuk membacanya lebih lanjut? Ayo simak penjelasan berikut ini!

1. Menyebarkan desain brosur secara digital (online)

Penyebaran brosur Anda itu dimulai dari proses membuat desain. Jika Anda sudah membuat desain brosur yang unik dan kreatif, jangan biarkan desain tersebut hanya memenuhi kapasitas laptop atau PC yang Anda gunakan.

Manfaatkan media sosial dan situs yang sudah Anda buat bagi bisnis Anda, dan unggah file desain tersebut kesana. Hal ini akan membantu teman-teman dan rekan di jejaring sosial serta pengunjung situs untuk mengetahui penawaran bisnis apa yang sedang Anda berikan.

Meskipun tujuan utamanya adalah menyebarkan brosur yang sudah Anda cetak secara konvensional (offline), memanfaatkan sumber daya bisnis dalam bentuk desain juga bisa sangat bermanfaat. Apalagi, jika Anda menggunakan jasa desain dalam pembuatan brosurnya.

Karena itu, jangan sia-siakan desain brosur tersebut. Manfaatkan sebisa mungkin untuk menyebarkan informasi promosi dan apapun penawaran yang Anda berikan dengan mengunggahnya ke internet.

Baca juga: Saya Mau Cetak Brosur Online, Situs Mana yang Harus Saya Kunjungi?

2. Kerjasama sebar brosur dengan bisnis lain di sekitar tempat usaha Anda

Banyak usaha yang kita lihat berlokasi saling berdekatan dengan bisnis lainnya. Terdapat berbagai pusat-pusat bisnis yang tersebar dimana-mana. Bahkan, di pasar pun memiliki banyak kios (tempat usaha). Bagaimana dengan lingkungan bisnis Anda?

Di tempat saya bekerja, karena tidak memiliki kantin di kantor, banyak diantara rekan-rekan sekantor yang biasanya memesan makanan dan minuman secara online. Misalnya dengan memanfaatkan layanan Go-Food.

Sayangnya, aplikasi tentu menyajikan berbagai pilihan restiran dan warung yang sangat beragam. Saking banyaknya, kita terkadang merasa kebingungan sendiri. Semua tampak sama dan juga membuat selera bertambah.

Namun, terdapat pula brosur makanan di kantor tempat saya bekerja. Dengan adanya brosur tersebut, hal pertama yang terjadi adalah kebanyakan pasti akan mengingat nama restorannya. Beberapa terkadang bisa menghafal menu hingga harga yang tertera. Tidakkah ini menjadi pertanda yang baik bagi bisnis tersebut?

Meskipun usaha Anda tidak bergerak di bidang kuliner, Anda tetap bisa menawarkan tempat usaha lainnya mengenai brosur Anda. Dan cara tersebut gratis dan sangat efektif. Seperti di kantor tempat saya bekerja tadi. Bahkan dengan hanya satu dua lembar brosur saja, rekan-rekan yang melakukan pemesanan bisa sampai beberapa orang. Dan itu sepertinya akan berlangsung terus.

Anda bisa mengajak pemilik bisnis atau bahkan hanya pegawainya saja untuk menempatkan brosur Anda di tempat usaha Anda. Jika ragu, tawarkan juga bahwa mereka bisa menaruh brosurnya juga di tempat Anda. Kerjasamanya saling menguntungkan bukan?

3. Memasukkan brosur ke dalam wadah belanjaan konsumen

Trik menyebarkan brosur berikutnya adalah dengan menyertakan brosur Anda ke dalam wadah, biasanya kantong plastik yang dijadikan tempat belanjaan barang konsumen. Cara ini kerap saya temui dilakukan di berbagai pusat perbelanjaan seperti di mall-mall, kawasan pertokoan dan juga berbagai mini-market.

Ada 2 bentuk brosur yang biasanya saya dapatkan. Pertama adalah promosi yang sedang berlangsung dan yang kedua dalam bentuk katalog produk.

Bagi saya, cara ini sangatlah efektif. Selain sebagai bentuk layanan kepada konsumen dalam bentuk informasi, juga akan mengingatkan mereka agar melakukan pembelian kembali di tempat yang sama baik untuk jenis barang yang sama maupun produk lainnya.

Karena konsumen sudah tahu produk apa saja yang tersedia di tempat Anda hingga harga setiap produk yang ada. Ini juga merupakan salah satu trik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan konsumen yang loyal dengan selalu memberikan brosur dalam wadah belanjaan secara berkala.

Anda tidak perlu memberikan ke semua konsumen agar brosur Anda tidak cepat habis dan juga tetap efektif. Cukup sertakan brosur pada konsumen yang melakukan pembelian barang dalam jumlah yang cukup banyak.

Kalau salah satu konsumen membeli minuman teh kemasan satu botol saja, tidak perlu Anda berikan brosur. Namun, jika terdapat konsumen yang melakukan pembelian hingga satu kantong kresek hampir penuh, Anda bisa memutuskan untuk mengisi kantong belanjaannya dengan brosur. Dan saya kira, trik ini juga tidak melanggar aturan apapun. Tapi tolong ingatkan di komentar jika hal itu tidak benar.

Namun, trik ini cukup masuk akal kan? Pusat perbelanjaan saja sering melakukannya kok. Dan Anda pun bisa melakukannya meskipun usaha Anda masih kecil. Tidak masalah. Jadi jangan lupa untuk selalu menyediakan brosur yang bisa diambil oleh petugas kasir dengan mudah.

Artikel menarik: Cara Mudah dan Murah Cetak Brosur Usaha Kecil Anda

4. Menawarkan brosur secara langsung di dalam tempat usaha (toko)

Saat kita masuk ke salah satu toko, terkadang begitu ramai pengunjungnya. Dan toko tersebut pun sudah memiliki beberapa karyawan untuk melayani pelanggan. Namun, kita juga harus realistis bahwa tidak semua yang masuk pasti melakukan pembelian.

Terkadang masih ada yang sekedar survei atau tanya-tanya harga dulu. Ada juga yang hanya menemani teman dan keluarganya dan sebaginya.

Alhasil, tidak semua yang masuk mampu mengetahui penawaran dan produk apa saja yang dijual beserta harganya. Apalagi kalau sedang ramai. Apalagi kalau kita ingin tahu harganya dulu dan memutuskan kemudian apakah akan kembali lagi untuk membelinya atau tidak.

Calon konsumen seperti ini juga bisa sangat potensial sebagai pembeli kita suatu hari nanti. Lumayan kan, mereka sudah masuk toko tanpa harus kita panggil apalagi harus mengeluarkan biaya periklanan untuk datang ke toko tersebut.

Karena itu, selalu tawarkan brosur produk Anda baik saat pertama kali masuk maupun ketika calon konsumen tadi akan menuju pintu keluar. Ada karyawan yang khusus melayani pelanggan dan juga satpam yang bisa melakukan itu.

Anda juga harus menentukan penempatan brosur di dalam toko Anda yang bisa terlihat dengan mudah dan juga bisa diambil oleh konsumen. Entah itu diatas meja etalase maupun di mesin kasir ketika melakukan pembayaran.

5. Sertakan brosur dalam paket yang Anda kirimkan

Bisnis Anda bisa saja sudah di-online-kan kan? Sambil berjualan di toko, bisa jadi Anda juga berjualan online baik menggunakan situs, media sosial atau bahkan melalui aplikasi pengirim pesan.

Nah, jika ada konsumen yang melakukan pembelian untuk dikirimkan menggunakan jasa tertentu, tetap ingat bahwa brosur juga bisa tetap Anda masukkan dalam paket pengiriman produk tersebut. Karena apa? Meskipun konsumen tersebut baru pertama kali melakukan pembelian, bisa jadi akan ada pembelian selanjutnya kan. kan sudah ada bukti pembelian pertama.

Karena itu, manfaatkanlah momen tersebut untuk menyebarkan brosur Anda, baik yang berisi katalog maupun promosi. Karena bisa jadi dalam waktu dekat, ia akan kembali melakukan perbelanjaan lagi. Ketika produk sampai pada tangan konsumen, maka toko Anda pun akan dicap sebagai toko terpercaya.

Dengan itu, konsumen bisa saja akan menginformasikannya pada teman-teman atau tetangganya mengenai bisnis Anda.

6. Siapkan juga brosur saat Anda melakukan presentasi bisnis

Melakukan presentasi bisnis bisa jadi akan jarang Anda lakukan. Apalagi di depan investor. Namun, bisa saja itu terjadi pada Anda. Dan jika itu akan Anda hadapi dalam waktu dekat, coba buat desain brosur terbaik Anda dan berikan pada mereka.

Tidak hanya untuk memberikan kesan bahwa Anda sudah siap melakukan bisnis bersama mereka hingga sampai menyediakan brosur, tapi ketika pihak tersebut tidak mampu menjadi investor Anda, bisa jadi mereka akan menjadi konsumen.

Lumayan kan, kalau tidak dapat dananya, setidaknya dapat konsumen baru dari orang yang berduit. Lakukan saja, toh itu tidak akan mahal-mahal amat untuk membuat beberapa lembar brosur saja. Iyakan?

Kira-kira, masih ada cara dan trik lainnya yang lebih efektif lagi untuk menyebarkan brosur bisnis Anda tanpa harus mengeluarkan biaya? Beritahu saya lewat komentar. Bagikan juga artikel ini bagi rekan-rekan bisnis Anda. Terima kasih dan semoga bermafaat.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?