Yakin Kalau Desain Brosurnya Sudah Siap Cetak? Baca Ini Dulu!

Bagi saya, cetak desain brosur merupakan tahap ketiga yang harus dilakukan setelah menyiapkan material desain dan juga proses pembuatan desainnya sendiri. Namun, jika Anda menganggap bahwa desain tersebut sudah siap cetak, baiknya Anda melakukan satu hal penting yang akan saya sampaikan ini sebelum benar-benar mencetaknya.

Sebelum cetak brosur, lakukan hal penting ini

Apalagi, jika Anda melakukan pemesanan layanan cetak brosur secara online. Tentu Anda harus benar-benar melakukan pemeriksaan terhadap desain brosur secara menyeluruh.

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah dengan Tidak hanya memeriksa desain menggunakan laptop atau pc. Lebih direkomendasikan agar Anda mencetaknya sendiri dahulu menggunakan kertas apapun.

Bagaimana pun, melihat hasil cetak brosur di kertas secara langsung itu lebih baik ketimbang menggunakan layar laptop atau pc. Terkadang, ada satu dua hal yang terlewati ketika melakukan pemeriksaan desain menggunakan laptop. Oleh karena itu, Anda harus memeriksanya dengan hanya mengorbankan satu dua lembar kertas yang ada.

Dengan begitu, desain akan benar-benar terlihat secara keseluruhan dan Anda bisa leluasa memeriksanya hingga ejaannya sekalipun. Dan itu tidak akan merusak kenyamanan mata Anda sebagaimana jika dilakukan menggunakan laptop.

Manfaat lainnya melakukan langkah pertama ini adalah agar Anda tahu bagaimana tampilan aslinya dari desain brosur tersebut ketika dicetak. Jadi, Anda sudah bisa tahu secara persis akan terlihat seperti apa.

Jangan sampai Anda sudah berangan-angan bahwa itu berkualitas, namun setelah dicetak ternyata hasilnya berbeda dengan apa yang Anda harapkan.

Selain itu, Anda juga harus mencetak sample atau contoh brosur Anda untuk benar-benar memastikan posisi dan urutan tiap-tiap halaman. Misalnya ketika Anda membutuhkan brosur dengan 3 jumlah lipatan.

Biasanya, brosur 3 lipat tersebut akan terdiri dari 6 halaman atau terdiri dari 3 lembaran yang dicetak secara bolak-balik. Anda harus mencetak terlebih dahulu brosur Anda sendiri sebelum benar-benar menyetujui percetakan brosur dalam jumlah yang banyak agar susunan tiap halaman atau lembarannya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jangan sampai justru ketika sudah mulai dicetak, ternyata hasilnya tidak sesuai. Bukan karena desainnya yang salah, bukan pula kualitasnya, namun susunan halamannya. Ini sangat penting karena tiap-tiap halaman memiliki perannya masing-masing dalam menyampaikan informasi. Terlebih pada informasi yang sifatnya beruntun atau harus teratur.

Untuk persoalan ini, terkadang klien yang menginginkan hal tersebut kebingungan menyampaikan susunan halaman yang diinginan. Oleh karena itu, lebih baik Anda cetak sendiri lalu memperlihatkannya langsung ke pihak percetakan.

Atau kalau bisa ya, minta pihak percetakan untuk mencetak satu atau beberapa lembar contoh brosur dulu dan memperlihatkan ke Anda mengenai hasilnya. Dengan begitu, komunikasi antara klien dan juga pihak percetakan akan semakin lancar karena sudah ada hasil yang diperlihatkan.

Dalam mencetak brosur, terkadang kekhawatirannya bukan pada kualitasnya, tapi apakah komunikasi yang sudah kita anggap lancar tersebut bisa benar-benar dipahami oleh pihak percetakan. Dan untuk mengatasi hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan mencetak desain brosur itu sendiri atau meminta pihak percetakan melakukan itu untuk Anda.

Dengan begitu, Anda akan benar-benar yakin dan tidak perlu khawatir lagi adanya kesalahan dalam mencetak desain brosur Anda.

Oh ya, manfaat langkah ini juga berguna untuk melihat secara langsung mengenai bagian kertas yang akan dilipat apakah sudah sesuai atau tidak. Karena ditakutkan jangan sampai ada elemen desain seperti teks yang justru masuk dalam lipatan kertas sehingga merusak desain yang sudah Anda buat.

Hal ini sangat mudah untuk dilakukan dan bahkan kalaupun butuh biaya, paling cuma seribuan untuk printnya. Tapi jika yang print contohnya di percetakan, biasanya juga gratis.

Baca juga: Cara Mudah dan Murah Cetak Brosur Usaha Kecil Anda

Semoga langkah pemeriksaan desain dan hasil cetak brosur ini bermanfaat dan semakin meyakinkan Anda bahwa apa yang sudah diharapkan dalam brosur Anda tidak lagi memiliki kesalahan dalam pembuatannya. Ada pertanyaan?

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?