Featured Post

6 Tips Cari Jasa Desain Grafis Murah dan Berkualitas

Featured Post dalam Desain Web dan Manfaatnya Terhadap SEO

Desain sebuah web atau blog tidak hanya melulu mengenai keren-tidaknya sebuah situs ditampilkan. Namun pada kenyataanya, hal tersebut juga cukup berpengaruh terhadap optimasi mesin pencari (SEO) situs itu sendiri. Nah, salah satu bagian dari desain blog yang cukup sering kita lihat adalah Featured Post atau yang sering juga kita jumpai disebut sebagai Konten Unggulan, Rekomendasi dan lain sebagainya.


Jika saya akan mendefinisikannya, featured post ini adalah salah satu atau beberapa postingan yang ditonjolkan dan menjadi rekomendasi bacaan dari pengelola sebuah situs untuk ditampilkan kepada pembaca dan biasanya ditempatkan di bagian atas postingan lainnya pada halaman beranda (homepage).

manfaat featured post dalam desain web atau blog terhadap SEO

Namun untuk tampilan postingan pada featured post ini, ada juga yang biasanya dimunculkan pada bagian atas artikel ketika dibuka. Tergantung dari desain situs itu sendiri apakah akan menampilkannya di semua halaman website atau tidak dan apakah hanya akan menampilkan 1 postingan saja atau lebih.

Baca juga: Jasa Web Desain di Bali Tanya ke Siapa Ya? Cari Tahu Disini!

Featured Post dalam desain web dan hubungannya dengan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik dan strategi yang digunakan sebuah situs untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari seperti Google. Tujuannya adalah agar halaman sebuah situs bisa masuk hingga halaman 1 mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang telah ditargetkan.

Pada akhirnya, ketika halaman atau artikel sebuah situs bisa menduduki halaman 1 Google apalagi pada posisi teratas, maka peluang untuk mendapatkan pengunjung (traffic) pun akan semakin besar. Semakin banyak artikel yang masuk halaman 1 mesin pencari tentu saja lebih baik karena akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung situs lagi.

Ujung-ujungnya adalah jumlah pengunjung. Apalagi jika anda adalah seorang blogger atau pemilik situs bisnis yang ingin mengkonversi (merubah) pengunjung menjadi pembeli atau memperbesar peluang jumlah klik pada iklan di situs anda, maka salah satunya adalah bagaimana anda bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang lebih banyak.

Entah sudah banyak blogger dan pakar SEO di Indonesia yang membahas mengenai featured post ini atau tidak, saya tidak lebih lanjut mencari tahu. Tapi yang jelas, ketika tulisan ini saya buat, postingan unggulan masih menjadi salah satu bagian dari blog sederhana ini dan sudah berbulan-bulan saya manfaatkan untuk menempatkan artikel yang ingin saya rekomendasikan kepada pembaca blog sederhana ini.

Hal ini saya lakukan karena semua artikel yang saya tampilkan di Featured Post mendapatkan tambahan atau peningkatan jumlah tampilan halaman (pageviews).

Dalam kaitannya dengan SEO, salah satu hasil optimasi yang didapatkan adalah meningkatnya pula Page Authority (PA) sebuah situs atau halaman dan bisa membantu menurunkan tingkat Bounce Rate (Rasio Pentalan) karena semakin banyak pengunjung yang meluangkan waktunya di situs kita dengan membuka berbagai halaman atau artikel.

Disisi lain, Bounce Rate adalah salah satu metrik penting bagaimana sebuah situs bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Jadi secara bertahap, kekuatan sebuah artikel pun akan semakin besar untuk bersaing di mesin pencari dan akan semakin berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung situs nantinya.

Setidaknya, dengan memanfaatkan featured post, masing-masing artikel yang saya unggulkan semakin banyak yang membacanya.

Mungkin pengunjung awalnya tidak langsung menuju artikel unggulan tersebut ketika mencari informasi di Google dan memilih untuk masuk kedalam blog ini. Namun ketika sudah berada disini, lumayan banyak diantara mereka yang akhirnya memutuskan untuk membaca postingan yang saya rekomendasikan lewat featured post.

Setidaknya, kalau saya tidak salah ingat, 2 hari yang lalu saya memiliki sebuah artikel dengan hanya sejumlah 34 atau 35 jumlah tampilan dan beberapa hari kemudian yaitu saat saya menuliskan artikel ini, tampilan jumlah tayangan artikel tersebut telah mencapai 150-an lebih.

Memanfaatkan Featured Post untuk meningkatkan pageview blog

Dan tidak ada hal lain yang saya lakukan selain hanya menjadikannya sebagai salah satu postingan yang tampil di widget featured post. Padahal jika saya tidak melakukannya, bisa saja jumlah tayangan artikel tersebut akan begitu-begitu saja.

Dari penjelasan diatas, manfaat lain yang juga bisa didapatkan dengan memanfaatkan fitur ini adalah memastikan bahwa penyebaran informasi yang anda sampaikan dalam konten anda ditemukan oleh pembaca. Memang sudah ada fitur pencarian di blog, memanfaatkan internal link sebagai sebuah rekomendasi bacaan lebih lanjut, dan sebagainya. Namun, berapa persen peluang yang blog anda dapatkan untuk kemudian di klik oleh pengunjung?

Sama halnya juga dengan postingan unggulan ini, kita tidak tahu berapa persen peluangnya untuk dibaca. Tapi, karena posisinya yang biasanya berada paling atas dan juga bisanya ditampilkan secara lebih menonjol karena besarnya ruang blog yang digunakan, maka kesempatan untuk dikunjungi oleh para pembaca pun seharusnya akan menjadi lebih besar lagi, kan?

Waktu yang tepat untuk menampilkan postingan unggulan di blog atau situs anda

Seingat saya, semenjak blog ini pertama kali online dan menggunakan template bawaan blogger, waktu itu saya belum menggunakan fitur postingan unggulan ini. Penyebabnya bisa jadi karena postingannya yang masih sedikit atau baru hanya beberapa saja.

Juga, karena waktu itu blog ini masih baru dan belum memiliki pengunjung, jika saya langsung menampilkan featured post, maka kecepatan loading blog ini akan semakin berkurang. Dan sebagaimana yang kita ketahui bersama, hal itu juga menjadi poin penting yang berpengaruh terhadap optimasi sebuah blog.

Anda pun bisa melakukan hal yang sama dengan mengikuti apa yang saya lakukan pada blog baru anda.

Akan tetapi, tentu saja anda juga berhak untuk melakukan eksperimen tersendiri dengan memasangnya langsung sejak pertama kali anda mempubikasikan postingan pertama. Silahkan saja.

Namun jika itu adalah saya, maka blog baru tersebut biasanya tidak akan saya pasang featured post meskipun pada beberapa blog lainnya yang saya bangun saya justru melakukan yang sebaliknya.

Saran saya, tunggu hingga blog baru anda mendapatkan beberapa pengunjung dari Google dulu di awal dan jumlahnya stabil selama 1 bulan. Setidaknya, minimal 10 pengunjung dalam 1 hari dan cukup stabil selama 1 bulan kedepan. Lalu setelah itu, silahkan anda coba untuk memasang featured post ini. Harapannya, 10 pengunjung harian tersebut kemudian akan mendapatkan rekomendasi bacaan lewat fitur ini sehingga jumlah tayangan artikel pada blog anda pun akan berpeluang untuk semakin meningkat.

Dengan adanya postingan ini, saya ingin mengingatkan mengenai pentingnya desain situs bisnis maupun blog pribadi anda. Karena dengan apa yang baru saja anda baca, hal tersebut bahkan bisa menjadi bagian dari bagaimana sebuah situs dioptimasi.

Dan terkait dengan strategi optimasi itu sendiri, anda mungkin bisa lebih memanfaatkan dan memaksimalkan lagi desain situs anda secara lebih baik kedepannya agar semakin besar peluang untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Comments