Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

Sebenarnya, Seberapa Pentingkah Desain Situs Bisnis Anda?

Membangun dan mengelola sebuah situs bagi bisnis Anda sangatlah penting saat ini. Bahkan sejak bertahun-tahun sebelumnya, sebuah website memiliki peranan yang sangat vital dalam membangun kredibilitas sebuah bisnis secara online. Tapi jujur saja, hingga detik dimana anda membaca artikel ini, harus saya sampaikan bahwa memiliki situs saja tidaklah cukup. Sangat disarankan bahwa desain situs anda pun bisa menampilkan informasi bisnis dengan cara yang lebih berbeda, unik, dan juga eksklusif. Jika perlu, anda membutuhkan desain web yang tidak ada duanya di dunia ini (internet).

Sepenting itukah desain sebuah situs hingga bisnis anda pun harus ditampilkan se-berbeda mungkin?

Desain sebuah website bisnis hanyalah salah satu dari sekian banyak langkah besar mengenai apa yang bisa anda lakukan untuk memberikan tampilan visual yang lebih baik kepada pengunjung situs.

Namun pada dasarnya, desain sebuah situs juga memiliki pengaruh pada apa yang bisa dilakukan oleh pengunjung dan kita juga tidak bisa menyepelekan pengaruh besarnya terhadap optimasi situs anda agar memiliki peringkat yang lebih baik di mesin pencari terutama Google yang merupakan mesin pencari terpopuler di dunia hingga saat ini.

Secara sederhana, tampilan website bisnis anda adalah bagaimana anda meyakinkan pengunjung secara visual agar anda bisa mendapatkan kepercayaan dari mereka hingga bisa berubah menjadi pelanggan. Tak ubahnya cinta pada pandangan pertama bagi mereka yang dilanda kasmaran hingga seolah mau untuk melakukan apapun.

Coba anda bayangkan jika anda memiliki toko online dengan produk yang sangat berkualitas dan harga yang cukup terjangkau. Hal itu terkadang tidak cukup bagi calon pelanggan anda karena ketika berbagai produk tersebut ditampilkan secara tidak berkualitas, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kepercayaan pun tidak akan dengan mudah anda dapatkan.

Bagaimanapun, produk dan layanan yang tidak bagus pun jika ditampilkan secara berkelas, maka apa yang ditawarkan tersebut bisa tampak begitu berkesan di mata orang lain. Karena itu, ketika produk dan layanan bisnis yang anda tawarkan memang sudah berkualitas, tingkatkan juga bagaimana cara anda akan menampilkannya kepada audiens online anda di internet.

Pada tahapan ini, pepatah yang mengatakan bahwa "Jangan menilai buku dari sampulnya" tidak berlaku sama sekali. Tampilan itu sangat penting terutama menyangkut desain situs bisnis anda.

Pentingnya desain sebuah situs bisnis

Banyak diantara kita yang mungkin pernah mendengar istilah bahwa "Kepercayaan adalah mata uang yang berlaku dimana saja." Dan tampaknya, desain sebuah situs pun bekerja dengan cara yang hampir sama. Yaitu tampilan yang berkualitas akan lebih banyak mendapatkan kepercayaan dan bisa dengan mudah membangun sebuah kredibilitas bisnis online.

Seberapa penting desain sebuah situs bisnis?

Bagi mereka yang menawarkan layanan pengembangan sebuah situs, katakanlah sebuah agensi digital (digital agency), bahkan tersedia sebuah tim khusus web designer (desainer website) yang juga secara khusus membuat sebuah desain yang tidak hanya tampil sesuai dengan kehendak klien namun juga yang mendukung User Experience (UX) dan User Interface (UI) serta mampu menjawab kebutuhan desain yang akan berpengaruh secara positif terhadap optimasi website itu sendiri.

Semakin banyak ikon dan elemen grafis yang ditampilkan dalam desain sebuah website, hal itu biasanya juga akan berpengaruh pada kecepatan waktu muat (loading) sebuah situs. Semakin banyak, semakin berat. Disisi lain, kecepatan loading suatu situs juga cukup mempengaruhi optimasi sebuah website itu sendiri.

Pada Januari 2018 yang lalu, pihak Google sendiri bahkan telah mempublikasikan bahwa kecepatan sebuah situs bahkan menjadi faktor perengkingan sebuah situs untuk hasil pencarian menggunakan hp (mobile). Karena pengguna pasti menginginkan hasil pencarian secepat mungkin atas informasi yang ingin mereka dapatkan.

Disisi lain, meskipun kecepatan internet saat ini semakin lama semakin meningkat, harus kita akui bahwa peningkatan kecepatan akses internet tersebut tidak merata di seluruh Indonesia bahkan dunia. Masih banyak daerah yang bahkan sinyal 4G pun belum tersentuh sehingga waktu akses antara daerah yang satu dengan yang lainnya ketika mengakses situs yang sama menjadi berbeda-beda. Ada yang sangat cepat, cepat, biasa saja, bahkan masih banyak pula yang harus menunggu loading hingga bermenit-menit.

Bahkan lagi, Google telah membekali para pengelola website dengan tool PageSpeed Insights dimana siapapun bisa menggunakannya secara gratis untuk mengecek skor kecepatan suatu situs dan menyediakan tips perbaikan jika memang harus ada yang harus dilakukan untuk mendapatkan speed yang lebih cepat lagi.

Faktor kecepatan ini pun hanyalah salah satu dari sekian banyak strategi optimasi mesin pencari yang bisa pemilik situs bisnis lakukan yang dipengaruhi oleh desain sebuah website sebagaimana yang saya katakan diatas.

Penjelasan diatas hanya secuil dari sepenting apa desain situs bisnis itu sendiri dan kenapa bisnis online sudah harus menginvestasikan anggarannya untuk mendapatkan sebuah desain situs yang lebih baik lagi.

Hal yang juga penting untuk kita pahami bersama adalah bahwa manusia yang menjadi target pengunjung dan calon pelanggan bisnis anda tidak sekedar sebagai makhlus sosial saja. Kita juga adalah makhluk visual dimana otak kita mampu mengenali sebuah gambar hanya dalam kurun waktu 13 milidetik (Dikutip dari news.mit.edu).

Baca juga: Jasa Desain Web di Bali Tanya ke Siapa Ya? Cari Tahu Disini!

Selain itu, desain sebuah situs juga berpengaruh terhadap lama atau sebentarnya pengunjung mengkonsumsi konten yang anda publikasikan. Pernah tidak anda berada dalam sebuah situs hanya selama beberapa detik saja dan langsung memutuskan untuk meninggalkan situs tersebut karena kombinasi warna yang digunakannya terlalu mencolok hingga melelahkan mata atau karena font yang digunakannya tidak terbaca dengan baik?

Namun, pernah juga tidak anda berada dalam sebuah situs dimana anda bahkan bisa meluangkan waktu disana hingga berjam-jam hingga seolah lupa waktu tidak hanya karena kontennya yang menarik, namun juga karena memang anda merasa nyaman berada disana?

Silahkan anda jawab sendiri kedua pertanyaan diatas dan mulai secara perlahan menganalisa bagaimana buruk atau baiknya desain situs yang dimilikinya. Kemudian, perbanyak terus referensi anda dan ambil langkah perbaikan untuk diterapkan di situs bisnis anda agar anda pun mendapatkan berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan mengoptimalkan desain situs anda.

Ngomong-ngomong mengenai desain situs bisnis, baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya, baik bisnis online modal kecil maupun yang berskala internasional sekalipun, mereka kerap mengupdate desain situsnya secara berkala untuk perbaikan kecil maupun besar. Karena memang itu bagian dari melayani secara profesional. Bahkan tidak jarang sebuah situs kerap merubah tampilannya secara total setidaknya sekali dalam kurun waktu setahun atau 2 tahun.

Untuk melihat dan menilai bagaimana perubahan desain situs-situs besar yang ada di dunia selama bertahun-tahun, silahkan baca lebih lanjut mengenai sebuah situs yang menarik untuk melihat perkembangan desain website dari masa lalu dan bandingkan dengan bagaimana tampilannya saat ini.

Terima kasih sudah berkunjung dan memperkaya referensi anda di blog sederhana ini. Tetap dukung blog ini dengan membagikan artikelnya di media sosial anda. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, bisa langsung melalui komentar di bawah ya.

Comments