Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

3 Cara Mengatur Posisi Gambar Maupun Teks di Photoshop

Berkarya menggunakan Photoshop memberikan banyak pilihan untuk bisa melakukan banyak hal. Salah satunya adalah kemampuannya untuk membantu anda dalam mengatur posisi suatu objek baik berupa foto, teks, hasil mengaplikasikan brush dan sebagainya.

Pengaturan posisi ini sangatlah berkaitan dengan merubah, memindahkan atau menggeser posisi awal objek ke tempat (titik) lainnya yang Anda inginkan.

Cara mengatur posisi objek di Photoshop

Dalam panduan ini, perubahan lokasi objek akan dilakukan dengan 3 cara yaitu menggunakan Move tool pada toolbox, menggunakan hasil seleksi yang Anda tentukan sendiri, penggeseran menggunakan titik koordinat tertentu, serta penggunaan objek lainnya sebagai acuan dari gambar yang akan dipindahkan.

Simak selengkapnya bagaimana ke-3 hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah.

1. Menggunakan Move Tool

Move tool. Kalau dalam Bahasa Indonesia terjemahannya sebagai "alat untuk memindahkan" kali ya. Alat ini berada di bagian toolbox sebelah kiri Photoshop dan posisinya paling atas. Untuk menggunakan atau mengaktifkannya, bisa dengan meng-klik langsung atau menekan tombol V pada keyboard sebagai jalan pintasannya.

Lokasi move tool pada Toolbox di Photoshop

Setelah itu, silahkan bekerja dengan memilih salah satu atau beberapa layer yang objek didalamnya ingin dipindahkan.

Lalu, klik dan tahan objek yang ingin digeser dan mulailah menempatkannya sesuai kebutuhan Anda.

Sebagai tambahan, untuk menggeser objek secara vertikal, horizontal maupun diagonal (miring), agar perpindahannya selalu rata; Tekan tombol Shift pada keyboard sambil menggeser objek tersebut.

2. Menggunakan seleksi

Karena ini akan memindahkan seluruh objek dalam satu layer, maka perlu untuk dilakukan seleksi. Cara tercepat yang menjadi kebiasaan saya dalam melakukannya adalah menekan tombol Ctrl + A (Control All). Bisa juga mengakses alat seleksinya dengan menekan M pada keyboard atau memilih Rectangular Marquee Tool pada toolbox yang lokasinya persis berada dibawah Move Tool.

Penggunaan rectangular marquee tool untuk melakukan seleksi objek gambar di Photoshop

Setelah memilih tool tersebut dan telah selesai melakukan seleksi pada bidang layer, pastikan juga bahwa anda memilih atau mengaktifkan move tool seperti pada poin pertama diatas agar option bar pada bagian bawah menu menampilkan pilihan yang disediakan. Yaitu pilihan mengenai allignment. Tinggal pilih salah satu atau beberapa pilihan tersebut sesuai yang Anda inginkan.

Membuat objek rata tengah, kanan, kiri, atas, dan bawah di Photoshop

Dengan cara kedua ini, pemindahan objek bisa ditempatkan pada bagian tengah layer secara vertikal dan horizontal, sudut atas kanan-kiri dan sudut bawah kanan-kiri (rata tengah, kanan, kiri, atas, dan bawah).

Silahkan dicoba.

3. Mengatur posisi objek dengan menggunakan objek lain sebagai acuan

Sebagai contoh. Anda sudah memiliki 1 objek gambar yang posisinya sudah sesuai. Dan menginginkan objek pada layer lainnya untuk ditempatkan pada sudut kanan gambar acuan (rata kanan). Bisa. Lihat contoh dibawah.

Mngatur posisi objek di Photoshop menggunakan posisi gambar lain

Yang harus anda lakukan adalah dengan memilih kedua layer tempat objek tersebut berada. Kemudian, aktifkan atau pilih move tool lalu pilih tipe allignment pada option bar apakah akan dibuat rata kanan, atas dan sebagainya. Dan selesai. Semudah itu saja.
Baca juga: 3 Cara Memindahkan Gambar atau Layer Dalam Dokumen Photoshop
Demikian 3 cara mengatur posisi objek gambar maupun teks di Photoshop yang saya informasikan secara singkat. Dan dari apa yang sudah disampaikan, kemungkinan masih akan ada teknik seleksi dan pemindahan objek lainnya yang belum saya sertakan. Silahkan juga untuk berkreasi menggunakan berbagai tool seleksi lainnya selain yang sudah saya sampaikan. Terima kasih.

Comments