Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Foto dan Desain Anda Profesional? Coba Jual di Shutterstock!

Siapa yang tidak akan senang jika hasil karya fotografi dan desain grafis yang sudah dihasilkan bisa menjadi pundi-pundi penghasilan online? Saya sangat yakin bahwa akan ada banyak diantara kita yang memimpikan hal itu menjadi sebuah realita. Dan pada kenyataannya, kesempatan untuk itu ada bahkan sejak bertahn-tahun yang lalu. Salah satunya adalah dengan menjual foto dan desain melalui salah satu situs berjenis microstock yang bernama Shutterstock.

Saya sendiri pun pernah memiliki pengalaman menjual foto yang saya hasilkan lewat beberapa situs online beberapa tahun silam. Namun karena jumlah foto yang ada hanya sebatas puluhan atau tidak banyak sama sekali, alhasil pendapatan pun tidak sebanyak yang saya harapkan.

Namun ada yang perlu saya tegaskan dalam hal ini yaitu bahwa yang saya dan anda butuhkan sebenarnya hanyalah 1, yaitu kesempatan atau peluang.

Jangan lewatkan: 6 Jenis Produk dan Jasa Desain Grafis yang Laku Dijual Online

Karena memang sudah sewajarnya—bahwa untuk bisa mendapatkan penghasilan online maupun offline—setidaknya peluang untuk kita melakukannya itu ada. Dan semenjak bertahun-tahun sejak berdirinya, situs Shutterstock hingga saat ini masih tetap memberikan kesempatan besar tersebut untuk kita semua.

Banyak kok bisnis online yang terkadang membuat orang lain bahkan menjadi lebih kaya. Tapi jujur saja, anggaran dan pengetahuan serta pengalaman juga harus mumpuni. Dan hal ini terkadang membuat kesempatan tersebut seolah menghilang bagi kebanyakan orang.

Disisi lain, kenyataan mengajarkan bahwa semakin banyak "umpan" yang kita miliki, maka semakin banyak pula peluang kita akan mendapatkan "ikan" selama alat pancingnya pun masih tetap ada.

Sama halnya dengan situs jual beli foto dan desain online seumpama Shutterstock, semakin banyak yang bisa kita jual (upload), maka peluang untuk mendapatkan uang pun semakin besar. Pada tahap ini, jujur saja bahwa saya memiliki sedikit penyesalan kenapa tidak dari dulu melanjutkan model bisnis yang demikian dengan tetap mengunggah gambar yang sudah saya hasilkan?

Hal ini didasari dengan hadirnya kenyataan bahwa salah satu akun microstock yang saya miliki sudah mampu mendapatkan penghasilan meskipun belum memenuhi batas minimal penarikan dana. Padahal jika dipikir kembali, jumlah foto yang saya upload sangatlah sedikit.

Karena itu, saya mengajak anda yang tertarik untuk mencoba menekuni bisnis jual beli foto dan desain di Shutterstock ini untuk memulai hal baru yang sebenarnya bagi saya sendiri bukan lagi hal yang asing karena sudah saya praktekkan sebelumnya.

Alasan penting kenapa menjual foto dan desain di Shutterstock dibanding situs lainnya


Dari banyaknya situs jual beli gambar sebagaimana yang sedang anda baca, saya justru hanya menyarankan bagi anda untuk mendaftar di Shutterstock dan mulai mengunggah foto dan desain terbaik anda.

Baca juga: Mendulang Uang Lewat Desain dan Cetak Undangan Modal Kecil

Bukannya tanpa alasan saya merekomendasikan situs tersebut. Bahkan dibanding situs lainnya, saya sangat yakin bahwa Shutterstock adalah pilihan terbaik yang ada hingga saat ini. Meskipun saya akui bahwa asumsi atau pendapat saya tersebut pastilah sangat relatif, namun coba anda baca terlebih dahulu kenapa saya mengatakan demikian.

1. Shutterstock telah bekerjasama dengan Facebook

Untuk lebih memudahkan layanan penggunaan iklan di media sosialnya, Facebook telah menjalin kerjasama dengan Shutterstock dengan memberikan akses kepada para pengiklan untuk menggunakan jutaan gambar atau foto sebagai media iklan.

Artinya, setiap kali seseorang akan menggunakan gambar yang disediakan oleh Facebook dalam sistem periklanannya yang bersumber dari Shutterstock, kontributor tetap berkesempatan untuk mendapatkan royalti atau dibayar dan mendapatkan penghasilan.

Yang perlu dilakukan oleh kontributor adalah tetap menyediakan gambar yang berkualitas dan memang memiliki tingkat permintaan yang besar oleh berbagai industri yang ada.

Setidaknya, dengan adanya kerjasama yang telah berlangsung selama bertahun-tahun ini, secara otomatis distribusi foto dan desain yang telah diunggah oleh kontributor di Shutterstock akan semakin menjangkau pasar yang tentunya lebih luas lagi.

2. Shutterstock telah menjadi situs terpopuler dalam dunia microstock

Shutterstock didirikan oleh seorang programmer dan juga fotografer pada tahun 2003 silam oleh Jon Oringer. Sejak saat itu dan bahkan setelahnya, semakin banyak situs yang juga menawarkan hal yang sama terutama bagi para fotografer untuk dapat menjual karyanya secara online.

3 tahun sebelumnya, pengusaha dari Canada yaitu Bruce Livingstone mengambil langkah awal yang mengubah dunia industri fotografi dengan mendirikan iStockPhoto pada bulan Mei tahun 2000 sebagai situs jual-beli foto pertama di dunia.

Meskipun Shutterstock bukanlah situs pertama yang mempertemukan karya fotografer dan pelaku industri, namun popularitas dan juga review positif yang didapatkan dari kedua pihak tersebut telah menjadikannya sebagai salah satu pemimpin dalam industri dalam banyak aspek.

Tingkat penerimaan karya di Shutterstock juga sangat tinggi dimana bahkan dengan menggunakan kamera hp, siapapun sudah bisa menjual karya fotografinya. Begitu juga dengan tingkat penjualan yang sangat tinggi dibandingkan dengan platform situs lainnya dan websitenya pun tetap dikelola dengan baik dengan tetap mengupdate berbagi fitur dan alat yang dibutuhkan.

Semua hal positif diatas semakin mengokohkan bahwa Shutterstock adalah platform dan bahkan "agensi" yang dibutuhkan oleh banyak pelaku industri termasuk fotografer yang ingin mendapatkan penghasilan dengan menjual karyanya dalam berbagai bentuk lisensi yang ditawarkan.

Bahkan, terdapat situs penyedia gambar gratis di internet saat ini yang menampilkan berbagai gambar atau foto dari Shutterstock yang relevan dengan apa yang dicari oleh penggunanya. Contohnya adalah Pixabay yang menjadikan Shuterstock sebagai salah satu sponsor utamanya agar website tersebut tetap berjalan dan dikembangkan dengan baik.

Memasuki dunia kompetisi fotografi dan desain dengan menjual karya sudah bukan hal yang baru lagi jika banyak yang memulainya dengan memilih situs yang populer dan Shutterstock telah menjadi salah satu pemimpin dalam industri microstock tersebut selama bertahun-tahun.

3. Keunggulan website Shutterstock dan aplikasinya bagi kontributor

Selain mampu merajai industri fotografi dengan popularitasnya hingga saat ini, prestasi Shutterstock tersebut juga tidak terlepas dari berbagai fitur yang ditampilkan oleh situsnya tersendiri. Terkhusus bagi kontributor, terdapat beberapa manfaat dalam menggunakan Shutterstock itu sendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Adanya pilihan pengunggahan foto dan desain yang disediakan baik secara langsung maupun , melalaui FTP.
  2. Rekomendasi kata kunci (keywords) otomatis yang disediakan untuk mengoptimasi karya fotografi agar lebih mudah ditemukan dan tentunya sangat membantu pemula.
  3. Aturan model release yang sederhana atau tidak berbelit-belit misalnya untuk hasil foto yang objeknya terdapat orang yang tidak anda kenal sekalipun.
  4. Sistem pelaporan penjualan yang real-time atau setidaknya diupdate secepat mungkin untuk membantu kontributor dalam memonitor perkembangan penjualan stok gambarnya.
  5. Update informasi secara berkala mengenai trend kata kunci tertentu di berbagai belahan dunia juga informasi mengenai inspirasi foto apa saja yang populer.
  6. Memiliki aplikasi hp yang memudahkan kontributor untuk tetap memantau perkembangan akun dan kemudahan dalam meng-upload gambar bahkan selama perjalanan.

Dan masih banyak lagi keunggulan dari Shutterstock yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna khususnya kontributor yang ingin mendapatkan penghasilan online dengan menjual foto dan desainnya di internet.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh Shutterstock diatas, tidakkah Anda juga tertarik untuk terlibat lebih jauh lagi?

Jika Anda cukup yakin dan juga percaya bahwa hasil fotografi dan desain Anda memang sangat profesional, silahkan Anda cek bagaimana berbagai industri yang terlibat akan menanggapi karya Anda sendiri. Barangkali dengan mencoba menjual hasil foto Anda di Shutterstock, tingkat penjualan dan penghasilan yang bisa Anda terima akan lebih mengejutkan dari apa yang Anda bayangkan sebelumnya.

Silahkan mulai mendaftar di Shutterstock untuk mencoba peruntungan Anda disana.

Comments