Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Cara Membuat Efek Foto Kolase Sederhana di Photoshop

Sudah pernah nyoba edit gambar Anda dengan memberikan efek foto kolase sederhana menggunakan Photoshop? Jika belum, Anda bisa mengetahui caranya dalam tutorial kali ini.

Sebenarnya, efek foto kotak kolase (Collage of Polaroids) ini sudah pernah saya publikasikan panduannya. Namun jika dirasa agak ribet karena panduannya menyajikan kotak-kotak kolase yang banyak, maka saya akan buatkan versi sederhananya.

Saya juga melakukan ini karena saya menemukan beberapa bahkan cukup banyak jasa cetak foto kolase yang ditawarkan secara online.

Konsumen hanya mengirimkan foto asli, lalu pihak penyedia jasa akan mengedit foto tersebut yang salah satunya menggunakan Photoshop dalam membuat efek kotak kolase yang sederhana (hanya 1 kotak saja).

Jika Anda tertarik menggunakan jasa tersebut, tinggal cari saja informasinya di Google atau di marketplace yang sering Anda kunjungi sebagai tempat berbelanja online. Namun jika Anda ingin membuatnya sendiri bahkan membuka jasa cetak yang sama, saya akan coba pandu Anda dengan tutorial yang sedang Anda baca saat ini.

Mulai dari mana untuk membuat efek foto kolase sederhana jika menggunakan Photoshop?

Karena tutorial ini memerlukan minimal 1 foto, maka saya sudah menyediakan contoh gambarnya yang juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Dan kali ini, silahkan unduh contoh foto untuk latihannya DISINI.

Jangan lupa, ukuran foto yang didownload adalah 640x426 jika ingin menyamakan dengan ukuran yang saya gunakan.

Mengenai hasil akhir dari panduan ini, silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Cara membuat efek foto kolase polaroid di Photoshop

Langkah 1. Mulai membuat kotak kolase foto

Karena efek foto kolase ini adalah menempatkan objek utama dalam kotak, maka kotak pertama yang akan dibuat akan dijadikan sebagai wadah utama objek tersebut.

Untuk membuatnya, saya menggunakan salah satu Shape tool yaitu Rectangle tool (U) dengan ukuran lebar 297 px dan tinggi 293 px dan mengisinya dengan warna Putih. Nama layer kotaknya sendiri saya ubah menjadi Kotak 1 agar lebih mudah untuk mengingatnya sebagai kotak utama.

Pengaturan kotak kolase pertama di Photoshop

Kemudian, posisikan kotak tersebut pada bagian utama objek yang ingin Anda tampilkan seperti gambar diatas.

Pada gambar diatas juga, kotak tampil secara transparan. Hal ini saya lakukan dengan mengubah Fill layer Kotak 1 menjadi 70% untuk memudahkan saya memposisikan kotak tersebut. Jika posisinya sudah tepat, kembalikan lagi nilai Fill layer tersebut menjadi 100%.

Langkah 2. Duplikat foto yang digunakan dan masukkan dalam kotak

Setelah langkah pertama selesai, kemudian duplikat atau gandakan foto utama dan tempatkan layer foto hasil duplikat tersebut tepat diatas layer Kotak 1.

Setelah itu, klik kanan pada layer foto tersebut dan pilih Create Clipping Mask. Berikut hasil yang didapatkan dan tampilan layer yang ada.

Efek foto kolase pada kotak pertama di Photoshop dan susunan layernya

Langkah 3. Buat kotak kedua sebagai latar belakang foto

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat kotak kedua seperti halnya pada layer Kotak 1 sebelumnya. Namun untuk kali ini, Kotak 2 tersebut akan memiliki ukuran lebar 330 px dan tinggi 387 px.

Dan jangan lupa juga bahwa penempatan layer Kotak 2 ini adalah tepat berada dibawah layer Kotak 1.

Pengaturan efek foto kotak kolase kedua di Photoshop dan susunan layernya

Langkah 4. Masukkan teks atau elemen grafis lainnya jika diperlukan (opsional)

Tahap terakhir adalah dengan memasukkan teks atau elemen grafis apapun yang Anda inginkan. Pada contoh kali ini, saya memasukkan teks menggunakan jenis huruf Rage Italic yang menurut saya cukup unik dan mirip dengan tulisan tangan. Dan juga bentuk hati dengan warna merah mudah menggunakan Custom Shape Tool.

Langkah 4 ini bisa tidak diikuti sama sekali karena terkadang pengguna lainnya memilih untuk menulis sendiri baik menuliskan nama, tanggal lahir dan sebagainya. Begitu juga dengan bentuk hati maupun simbol lainnya.

Dan, setelah semua langkah diatas selesai, maka Anda tinggal memotong (crop) gambar dan bisa langsung menyimpan dokumen Photoshop tersebut ke berbagai format yang diinginkan. Atau bisa juga untuk mulai mencetak sendiri foto hasil akhirnya maupun menggunakan jasa percetakan terdekat.

Demikian cara membuat efek foto kolase sederhana ini. Semoga bisa bermanfaat untuk koleksi foto Anda di rumah maupun bagi Anda yang tertarik untuk membuka jasa cetak dengan efek foto tersebut.

Comments