Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Cara Mengembalikan Layer Smart Object di Photoshop

Meskipun ada beberapa manfaat Smart Object Photoshop yang bisa didapatkan dengan merubah banyak layer menjadi 1 layer saja, ada kalanya kita ingin mengembalikan tampilan semua layer yang telah di-convert tersebut agar tampil sebagaimana biasanya.

Dalam artian, semua layer yang ada tidak perlu dibuka lagi di dokumen atau tab baru di Photoshop namun langsung di dokumen yang sama tanpa berpindah antara dokumen yang satu dengan yang lainnya.

Di Photoshop sendiri, mengembalikan tampilan layer dalam smart object tersebut sangat memungkinkan.

Cara menampilkan semua isi layer Smart Object di Photoshop

Dan untuk melakukannya, salah satu cara yang mudah dan memungkinkan adalah dengan menggunakan bantuan Script tambahan.

Mengembalikan tampilan semua layer di Smart Object Photoshop agar muncul di dokumen yang sama

Mengembalikan tampilan layer smart object ini juga disebut dengan teknik  Expanding Smart Object.

Untuk melakukannya, silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini jika Anda ingin menampilkan kembali semua layer yang tadinya diubah atau disatukan dalam layer Smart Object di Photoshop.

1. Download Script tambahan Photoshop

Sebagai informasi awal, teknik "Un-smart" Object ini sendiri bersumber dari panduan yang telah dipublikasikan oleh Kamil Khadeyev sejak Mei tahun 2013 yang lalu.

Dan untuk scriptnya sendiri, silahkan untuk langsung didownload pada artikel tersebut. Panduannya juga ada disana namun bagi pembaca yang menginginkan tutorial dalam Bahasa Indonesia, silahkan lanjutkan membaca caranya melalui panduan ini.

Untuk penerapan Scriptnya sendiri, minimal disyaratkan menggunakan Photoshop CS 5 dan CS 6.

Namun, ketika saya memeriksa komentar pengguna Script pada artikel Kamil tersebut, Script yang dimaksudkan juga bisa berfungsi dengan baik di Photoshop versi CC 2015, 2018 dan juga 2019.

Baca juga:
Meskipun ada juga pengguna yang berkomentar bahwa Script tersebut tidak berfungsi di Photoshop CC 2017. Silahkan untuk dicoba saja terlebih dahulu.

Saya anggap, Anda sudah selesai download file Scriptnya ya.

Jika sudah, copy dan paste Scriptnya ke folder instalasi Photoshop yaitu di /Photoshop/Presets/Scripts/.

Setelah itu, periksa apakah Script tersebut sudah bisa dimunculkan sebagai salah satu menu di Photoshop dengan cara memilih  File > Scripts dan cek apakah [KAM] Expand SmartObject sudah ditampilkan atau belum.

Memasukkan Scripts pengembalian tampilan smart object di Photoshop

2. Mulai tes penggunaan Script tersebut

Untuk mulai menampilkan kembali semua layer dalam Smart Object pada dokumen yang sama, Anda bisa langsung mengaktifkan layer yang dimaksud dengan memilihnya lalu klik pada menu baru yaitu [KAM]+Expand+SmartObject.

Setelah itu, akan ditampilkan isi semua layer dalam Smart Object di dalam dokumen yang sama yang tergabung tergabung didalam forder Group. Untuk melakukan Un-Group, silahkan klik kanan pada ikon folder tersebut dan pilih Ungroup Layers.

Tampilan hasil akhir menampilkan kembali konten dalam layer Smart Object di Photoshop

Anyway, panduan diatas saya praktekkan menggunakan Photoshop CC 2018 dan berfungsi dengan baik tanpa ada kendala apapun. Semoga bermanfaat.

Comments