Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Cara Menyalin Gambar Dari Photoshop ke Office Word

Pernah terpikir untuk menyalin (copy) hasil akhir edit foto, desain atau gambar lainnya dari Photoshop ke file dokumen seperti Microsoft Office Word misalnya?

Jika pernah, saat itu Anda mungkin sedang menggunakan Photoshop untuk kebutuhan kelengkapan dokumen laporan atau apapun yang bisa membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Dan, itu semua dilakukan tanpa harus melakukan Save (menyimpan) hasil akhir gambar dalam berbagai format seperti JPEG, PNG dan lain sebagainya.

Intinya—apapun alasannya—Anda ingin langsung bisa menyalin atau memindahkan hasil edit akhir foto atau gambar tersebut dari Photoshop ke dokumen Word.

Untuk contoh kasusnya, Anda bisa membayangkan tentang sertifikat yang Anda miliki dimana hasil scan-nya sedikit tidak jelas baik karena tidak maksimalnya scanner yang digunakan maupun kertas sertifikat tersebut yang sudah rusak atau pernah basah karena air.

Lalu, Anda kemudian memutuskan untuk mengeditnya di Photoshop karena (katakanlah) nama atau titel dalam kertas sertifikat tersebut perlu diperjelas lagi.

Dan bisa saja waktu itu Anda sedang buru-buru untuk memindahkan saja hasil editannya ke Word sebelum memutuskan untuk menyimpannya nanti.

Baca juga: Cara Tercepat Menyimpan Banyak File Layer Photoshop

Cara copy gambar dari Photoshop ke Microsoft Office Word

Cara copy gambar hasil edit foto di Photoshop ke Office Word

Untuk mulai menyalin hasil akhir gambar yang Anda edit di Photoshop, sebenarnya bisa dengan menggunkan fungsi copy-paste seperti biasa jika tidak ada lagi perubahan yang perlu untuk dilakukan.

Namun, untuk memastikan bahwa hasil gambar tersebut bisa disalin dengan baik plus file Photoshopnya (PSD) nanti bisa disimpan dan disunting (edit) kembali, maka akan ada 2 cara yang akan saya berikan dalam panduan ini yaitu:

  1. Menjadikan semua layer file menjadi 1 menggunakan Smart Object
  2. Membuat 1 layer baru yang menjadi gambar hasil akhir di Photoshop menggunakan shortcut tertentu tanpa menyatukan maupun menghapus layer yang sudah ada untuk bisa diedit kembali nantinya.

1. Menjadikan semua layer menjadi 1 layer menggunakan smart object

Jika Anda menggunakan cara pertama ini, maka file PSD yang akan disimpan nantinya masih memungkinkan Anda untuk mengedit kembali berbagai pengaturan yang Anda terapkan sebelumnya.

Tahapannya adalah dengan memilih semua layer yang ada kemudian klik kanan dan pilih opsi Convert to Smart Object.

Jangan Lewatkan: Smart Object Layer Photoshop, Ini 5 Manfaat yang Harus Anda Ketahui!

Setelah itu, semua layer yang ada akan menjadi 1 layer saja. Jika sudah, tinggal tekan Ctrl + A (Select All) untuk menyeleksi semua bidang gambar lalu pilih Ctrl + C (Copy) dan buka dokumen Office Word untuk kemudian ditempelkan (Paste/Ctrl +V) disana.

Kelemahan cara yang pertama ini adalah, meskipun filenya masih bisa diedit kembali dengan berbagai pengaturan yang masih tersimpan dengan baik, namun Anda harus membuka "isi" atau kontennya di tab PSD yang baru karena telah terkonversi ke Smart Object.

Namun untuk keunggulan lainnya, Anda bisa langsung merubah ukuran gambar secara non-destruktif jika setelah di-paste ke Word ukuran gambarnya terlalu besar.

2. Membuat 1 layer baru sebagai gambar hasil akhir di Photoshop dengan mempertahankan semua layer yang sudah ada

Pernah tidak ketika menggunakan Photoshop, Anda mengedit foto dimana terdapat banyak layer dalam proses tersebut dan Anda ingin membuat 1 layer lagi yang menjadi hasil akhir dari keseluruhan pengaturan yang ada tanpa harus menggabungkan layer seperti cara 1 diatas?

Atau, Anda tidak ingin menyimpan file gambarnya dalam format Jpeg terlebih dahulu namun melihat hasil akhirnya langsung dalam 1 layer dana masih di dokumen kerja PSD yang sama?

Jika pernah, maka salah satu cara yang saya rekomendasikan untuk melakukannya dan juga untuk membantu Anda menyalin filenya ke Office Word adalah dengan menggunakan shortcut.

Tahapannya adalah pilih layer aktif yang posisinya berada paling atas kemudian tekan Ctrl + Shift + Alt + E pada keyboard.

Sesaat kemudian, akan terbentuk 1 layer baru yang merupakan hasil akhir gambar yang diedit tersebut.

Penting:
"Layer yang dipilih haruslah yang berada paling atas karena prosesnya adalah menyatukan semua pengaturan pada semua layer yang ada dibawahnya."
Jadi, jika menggunakan cara ini dan layer dalam dokumen Photoshop hanya ada 5 dan Anda memilih layer nomor 3, maka hasil yang dimunculkan hanyalah penggabungan antara layer 1, 2 dan 3. Sedangkan layer 4 dan 5 tidak akan dimasukkan hasilnya.

Kemudian tinggal tekan Ctrl + A dan Ctrl + C saja pada keyboard lalu paste ke Office Word hasil akhir gambarnya.

Kedua cara diatas adalah untuk menyalin langsung gambar hasil akhir dari Photoshop ke Office Word tanpa menyimpan hasil akhirnya terlebih dahulu dalam format gambar seperti Jpeg, Png dan sebagainya.

Comments