Featured Post

6 Tips Cari Jasa Desain Grafis Murah dan Berkualitas

Cara Simpan File Photoshop ke Berbagai Format

Cara menyimpan file dan dokumen di Photoshop ke berbagai format ini merupakan salah satu panduan dasar yang harus diketahui terutama bagi yang baru belajar.

Untuk format file penyimpanannya sendiri bisa beragam. Mulai dari PSD agar bisa diedit kembali nantinya, berbagai format gambar seperti JPG, JPEG. PNG, gif, dan seterusnya.

Bahkan, jika membuat atau mengedit video-pun bisa disimpan dalam format video yang diinginkan meskipun tidak semua ekstensi file video tersedia. Namun, khusus untuk video sendiri, sepertinya butuh panduan khusus dan semoga saya bisa mempublikasikannya nanti.

Sama halnya dengan gambar bergerak dengan format .gif, tidak akan dibahas dalam tutorial kali ini. Namun, karena sebelumnya saya sudah pernah menerbitkan tutorial membuat animasi gambar bergerak (GIF), Anda bisa membaca panduan tersebut karena juga sudah diinformasikan bagaimana cara untuk menyimpannya.

Cara simpan file Photoshop menjadi PSD, JPEG/JPG, dan PNG

Oleh karena itu, yang paling memungkinkan saat ini adalah bagaimana cara menyimpan file Photoshop kedalam format PSD, JPEG, JPG, dan juga PNG.

1. Cara menyimpan dokumen Photoshop ke format PSD

PSD adalah format file dasar untuk dokumen Photoshop. File ini merupakan jenis file yang berisi semua perubahan dan pengaturan yang Anda terapkan pada dokumen ketika bekerja menggunakan Photoshop.

Sebagai contoh, jika Anda merubah foto sehingga memiliki efek foto matte menggunakan Photoshop dan semua pengaturan yang telah diterapkan ingin disimpan agar nantinya bisa diedit kembali, maka file yang harus disimpan harus dalam bentuk PSD.

Ketika dokumen tersebut belum selesai dikerjakan dan ingin dilanjutkan untuk diedit nanti, maka tinggal buka file PSD-nya saja.

Untuk menyimpan dokumen Photoshop menjadi PSD sangat mudah dilakukan. Cukup pilih File - Save as atau tekan Shift + Ctrl + S pada keyboard, lalu pilih file type-nya dengan ekstensi (akhiran) .psd.

Dalam menyimpan file PSD, kapasitas file terkadang sangat besar tergantung dari resolusi dari gambar atau foto asli yang diedit dan juga seberapa banyak layer dan pengaturan yang diterapkan. Untuk mengurangi penggunaan kapasitas file PSD yang besar ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Buat layer baru dan tempatkan posisinya paling atas. Kemudian, isi warna layer baru tersebut dengan warna solid (1 warna). Saya sendiri biasanya menggunakan warna putih saja dan bisa sedikit mengurangi kapasitasnya.
  2. Jika terdapat beberapa layer yang bisa digabungkan, ubah tipe layer yang ada menjadi Smart Object.
  3. Hapus layer yang tidak lagi digunakan agar tidak menambah kapasitas penyimpanan file PSD.
Oh ya, tahu tidak bahwa semua dokumen Photoshop yang terbuka bisa disimpan semuanya dalam bentuk PSD dan format lain dengan hanya beberapa klik saja?

Jika terterik, silahkan baca tutorial tentang cara save semua tab Photoshop ke PSD sekaligus yang sudah saya terbitkan.

2. Menyimpan file kedalam format .jpeg atau .jpg

.jpeg dan .jpg biasanya berupa file berjenis raster atau sederhananya adalah foto yang dihasilkan menggunakan kamera.

Untuk menyimpan file dengan format tersebut, caranya sama dengan langkah pada cara pertama diatas. Yang membedakan adalah file type (tipe/format file) yang harus Anda pilih adalah .jpeg atau .jpg.

Pada kotak dialog yang terbuka ketika akan menyimpan file foto atau gambar tersebut, pastikan saja bahwa Anda menemukan dan memilih salah satu dari kedua ekstensi file tersebut.

3. Menyimpan dokumen Photoshop ke gambar berekstensi .png

Semua gambar atau foto yang kita hasilkan menggunakan kamera bisa diubah formatnya dari Jpeg ke PNG. Namun, sangat disarankan bahwa file png yang tersimpan nantinya adalah file berjenis vektor dan usahakan tidak memiliki sebaran warna gradasi (gradient) agar hasilnya tampil maksimal.

Contoh terbaik untuk penggunaan file png ini adalah gambar logo perusahaan atau logo blog Anda sendiri seperti yang saya gunakan untuk blog ini.

Seringkali, dalam pembuatan logo, tidak seluruh bidang gambar atau dokumen di Photoshop terisi oleh semua elemen grafis yang digunakan. Yaitu ditandai dengan bagian dalam layer yang memiliki latar belakang berwarna putih dan abu-abu sebagai latar transparan bawaan yang ada di Photoshop.

Warna latar belakang tersebut menginformasikan bahwa tidak ada elemen atau warna apapun yang Anda isi di dokumen tersebut. Dan agar tidak bisa ditampilkan sehingga yang ada adalah tampilan logo saja, maka Anda perlu untuk menyimpan filenya dalam bentuk .png.

Untuk caranya, sama dengan diatas yaitu gunakan saja shortcut Shift + Ctrl + S dan pilih tipe filenya menjadi .png.

Peringatan:
Ketika gambar berjenis raster (foto) yang awalnya berformat .jpeg lalu diubah menjadi .png, biasanya akan berkurang kualitasnya (pecah) ketika Anda mengubah ukuran gambarnya di Photoshop. Juga, biasanya kapasitas gambarnya menjadi lebih besar dari aslinya.

Jadi, pastikan bahwa Anda menyimpan file atau dokumen Photoshop menggunakan format gambar yang sesuai dengan projek yang sedang Anda kerjakan.

Comments

  1. Informasi yang sangat bermanfaat, kunjungi juga website kami di https://mapraport-ijazah-agenda.com/
    Salam sukses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga niken, semoga panduan Photoshop ini benar-benar bermanfaat.

      Delete

Post a Comment