Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

Domain Authority Blog Turun Tapi Pengunjungnya Naik

Lupa-lupa ingat saya mengenai update algoritma Google yang terkahir, entah bulan Juni atau Juli 2019 sebelum menerbitkan artikel ini. Yang saya tahu, Domain Authority (DA) blog ini yang terakhir kali saya cek 1 atau 2 minggu lalu sudah merangkak naik menjadi 9. Eh, sekarang ternyata 6.

Sebagai salah satu metrik penting dalam optimasi mesin pencari (SEO), DA yang merupakan metrik yang dipublikasikan oleh MOZ pun mengalami pembaharuan menjadi Domain Authority 2.0 dengan salah satu sasaran utamanya adalah untuk mendeteksi backlink yang dimanipulasi antara lain yaitu jual beli link dan blog-blog PBN.

Lebih lengkapnya, silahkan baca langsung DISINI.

Dengan adanya kedua update tersebut, hari ini saya coba perhatikan dampaknya terhadap blog ini. Apakah akan ada penurunan trafik atau pengunjung secara signifikan mengingat DA-nya turun 3 poin dibanding awal atau tidak.

DA blog turun tapi pengunjung meningkat

Dan alih-alih pengunjung blog ini menurun, hal yang sebaliknya justru yang didapatkan.

Meskipun DA blog ini turun, yang mengherankan justru pengunjungnya tetap naik dibanding sebelumnya dengan membandingkan antara jumlah pengunjung blog pada bulan Juni dan Juli di tahun yang sama (2019). Kata orang-orang "No screenshot, HOAX!" Tapi saya gak peduli karena sebenarnya ini adalah data yang sangat privat dan sensitif. Rahasia dapur masing-masing blogger atau pengelola situs.

Dengan adanya penurunan DA yang justru memberikan dampak positif bagi perkembangan blog ini, bukan berarti bahwa saya tidak peduli sama sekali dengan backlink maupun pengaruhnya terhadap peningkatan DA suatu situs.

Namun kedepannya, saya rasa blogger termasuk saya sendiri memang sudah seharusnya memperhatikan kualitas sebuah konten karena hal ini yang menjadi alasan utama bagi blog kita semua untuk bisa ditemukan di Google dan bagaimana konten tersebut dapat membantu pengunjung atau pembacanya.

Selain itu, membangun backlink yang berbayar sudah jelas-jelas merupakan pelanggaran terlebih untuk situs-situs berjenis bookmark maupun citation premium yang secara terang-terangan menawarkan jual-beli link.

Dan, berinvestasi pada blog-blog PBN pun bisa menghabiskan biaya yang cukup besar serta waktu yang tidak sedikit untuk membuat dan mempublikasikan konten. Jadi, kita mainnya yang natural saja. Biarkan segala sesuatunya berjalan sebagaimana adanya. Kalau ada yang kasih backlink ya syukur, tidak ada juga, kita tidak kehilangan apa-apa.

Membeli backlink memang sudah cukup lama dianggap melanggar. Dan kalau dipikir juga, optimasi website dengan cara tersebut memang cukup tidak adil bagi pengelola blog atau situs lainnya yang tidak memiliki dana yang banyak namun cukup mampu bersaing dari segi konten yang disajikan.

Terlebih algoritma Google sendiri terus-menerus diperbaharui yang salah satu tujuan utamanya adalah untuk menampilkan hasil penelusuran yang relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Dengan adanya pembaharuan tersebut, baik yang dilakukan oleh Google maupun MOZ, menurut saya, urusan DA ini memang masih penting untuk dikembangkan namun tidak akan menjadi fokus utama saya untuk saat ini.

Toh, saya juga memang tidak punya uang untuk berinvestasi di situs milik orang lain.

Mending saya manfaatkan saja konten yang sudah ada dan lebih dikembangkan lagi serta fokus pada sisi optimasi on-page yang sudah jelas-jelas sangat berguna dalam mengoptimalkan blog ini. Meskipun sekedar memanfaatkan featured post, saya kira hal itu juga bisa cukup membantu blog ini agar mengenali postingan apa saja yang sudah ada dan meningkatkan jumlah tampilan atau tayangan halaman dari postingan tersebut.

Dan jika memungkinkan, jangan lupa juga untuk membeli domain blog jika dananya sudah cukup. Menggunakan nama domain sendiri sangat berguna untuk mendapatkan trust dari pengunjung ketika blog kita muncul di hasil penelusuran mesin pencari dan berbagai manfaat lainnya sebagaimana yang sudah dirasakan oleh blog ini.

Bahkan saya sendiri merasakan bahwa peluang untuk diterima di jaringan periklanan Google Adsense lebih besar dibanding masih menggunakan sub-domain.

Hal penting lain yang juga perlu diketahui oleh pemilik atau pengelola situs dan blog adalah, sepanjang tidak melakukan pelanggaran terutama menurut Google, hal tersebut sebenarnya sudah merupakan langkah optimasi untuk bisa bersaing di mesin pencari.

Apalah gunanya berbagai teknik SEO yang diterapkan kalau nantinya berujung pada penalti deindex atau menurunnya jumlah pengunjung secara signifikan. Jadi baiknya, pikirkan bagaimana rencana jangka panjangnya ketimbang terus-terusan menargetkan untuk mendapatkan nilai DA tertentu hanya dalam waktu yang singkat dengan cara-cara yang manipulatif.

Comments