Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Situs Favorit Untuk Memperkecil Ukuran Foto Secara Online

Seringkali, saya menggunakan Photoshop untuk memperkecil ukuran foto untuk digunakan di blog agar ketika kapasitas gambarnya menjadi lebih kecil, maka loading halaman juga menjadi lebih cepat. Dan seringkali juga, saya menggunakan situs online untuk melakukannya karena penggunaannya yang mudah dan juga cepat.

Beda halnya dengan penggunaan Photoshop dimana laptop kecil saya terkadang menjadi berat dibarengi dengan beberapa program lain yang saat itu tidak ingin ditutup.

Situs favorit untuk memperkecil ukuran foto secara online

Mengenai situs favorit saya ini, pengguna lainnya sebenarnya bisa menemukannya dengan mudah di internet. Dengan hanya mengetikkan kata kunci seperti "free online image resizer," maka akan ada begitu banyak situs yang bisa digunakan untuk merubah ukuran foto yang diinginkan.

Namun, dari semua yang ditawarkan, saya pribadi hanya menggunakan 2 saja karena untuk semua kebutuhan perubahan ukuran gambar yang saya perlukan, sudah bisa terpenuhi dengan baik yang juga mencakup 2 kriteria utama yaitu:

  1. Kapasitas gambar menjadi lebih kecil.
  2. Kualitas gambar tetap terjaga dengan baik. Setidaknya masih bisa sedikit memanjakan mata bagi yang melihatnya menurut standar saya sendiri.
Situs favorit pertama saya yang sering digunakan adalah ImageResizer.com. Sebelumnya, situs ini beralamat di ImageResize.org. Untuk penggantian nama, saya kira tidak perlulah dihiraukan.

Alasan saya menggunakan situs ini adalah kemampuan kompresi gambarnya dengan hasil yang maksimal. Baik untuk gambar dengan format JPG, JPEG maupun PNG. Dan untuk memperkecil ukuran foto, sangat memungkinkan bagi saya untuk melakukan perubahan ukuran pada 1 gambar saja maupun lebih (bulk).

Untuk panduan penggunaan situs favorit pertama saya tersebut, sudah saya publikasikan sebelumnya. Pastikan saja untuk membacanya jika kebingungan untuk melakukan transformasi gambar.

Namun, tidak semua hasil perubahan ukuran foto yang saya butuhkan terpenuhi. Terkadang, kualitasnya sudah bagus, tetapi kapasitasnya masih cukup tinggi untuk beberapa gambar yang memiliki cukup banyak warna.

Kalau untuk foto dengan ekstensi .png, situs pertama ini sangat saya sarankan untuk digunakan. Namun untuk foto dengan format .jpg maupun .jpeg, terkadang menjadi lebih menantang dan sesekali tidak sesuai dengan yang saya butuhkan.

Oleh karena itu, saya berpindah menggunakan situs yang kedua yang juga sering saya kunjungi jika hasil dari situs pertama diatas tidak sesuai. Nama situsnya adalah Img-Resize.com.

Namun untuk penggunaan situs yang kedua, saya hanya membatasinya untuk mengecilkan gambar dengan format raster saja (jpg dan jpeg). Untuk gambar png, sebenarnya juga bisa dilakukan, namun mungkin karena kebiasaan saya saja yang sudah terlanjur menggunakan situs favorit yang pertama sehingga situs kedua ini sangat jarang saya pakai untuk gambar vektor.

Untuk Anda yang tertarik mencobanya, silahkan saja kunjungi kedua situs favorit saya seperti diatas dan bandingkan mana yang hasilnya lebih baik sesuai yang Anda butuhkan.

Tidak ada paksaan bahwa Anda harus mengikuti saya dalam hal ini, karena saya hanya menyampaikan saja tool apa yang sering saya gunakan untuk merubah ukuran foto secara online. Dan barangkali dengan itu, Anda juga bisa mengambil manfaat darinya.

Kalau tidak mau diikuti juga, saya rasa tidak akan ada yang untung maupun rugi. Tapi, jujur saja bahwa informasi kedua situs diatas bisa sangat berguna ketika kita tengah mengerjakan sesuatu dengan cepat yang membutuhkan gambar dengan kapasitas yang kecil namun tetap berkualitas. Maka, salah satu jawabannya adalah dengan melakukan pengeditan secara online.

Comments