Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

7 Alasan Foto Profesional Penting Untuk Bisnis Kecil

desainspot.com - Fotografi tidak sekedar bagaimana kita bisa mengabadikan suatu momen berharga dalam kehidupan. Dalam perkembangannya sejak lama, keberadaan berbagai gambar dengan kualitas profesional juga sangat membantu perkembangan sebuah bisnis.

Jika Anda baru-baru ini terlibat dalam usaha UKM ataupun bisnis kecil, pernahkah terpikir untuk memulainya dengan melibatkan foto yang profesional dalam bisnis Anda tersebut?

Bukannya tanpa alasan, akses terhadap foto yang berkualitas tinggi saat ini sudah menjadi hal yang mudah untuk didapatkan meskipun dengan hanya memanfaatkan kamera smartphone yang ada di genggaman Anda saat ini.

Baca juga: 10 Tips Fotografi Menggunakan Kamera Hp Agar Foto Anda Lebih Menarik Lagi

Pentingnya foto yang berkualitas profesional untuk bisnis kecil

Alasan foto profesional itu penting untuk bisnis kecil

Dengan menyebutkan penggunaan kamera hp diatas, itu juga berarti bahwa penggunaan teknologi kamera yang ada saat ini tidak sebatas pada kamera yang mahal saja sebagaimana yang dimiliki oleh fotografer profesional.

Meskipun foto yang dihasilkan dari kamera ponsel nantinya akan digunakan untuk keperluan bisnis, hal itu akan semakin memudahkan pelaku bisnis kecil untuk memaksimalkan alat yang sudah dimiliki.

Pada akhirnya, hal itu juga bisa sangat bermanfaat untuk menekan pengeluaran dana saat awal memulai bisnis kecil dan mengalokasikannya ke operasional bisnis lainnya yang lebih penting.

Hal yang tak kalah pentingnya juga mengenai peran fotografi itu sendiri dalam dunia bisnis (skala kecil maupun besar) secara umum adalah, bukankah kebanyakan bisnis saat ini berlomba-lomba menampilkan bisnisnya melalui foto yang sangat berkualitas?

Terlebih untuk bisnis yang fokus pada pemasaran online dimana dunia digital saat ini hampir "merasuki" segala aspek kehidupan manusia.

Alasan lainnya kenapa bisnis kecil Anda pun harus memanfaatkan fotografi yang berkualitas profesional adalah sebagai berikut.

1. Gambar yang profesional akan lebih menarik perhatian konsumen

Coba perhatikan perilaku penggunaan kamera kita sendiri. Suatu foto yang tidak kita sukai tidak akan menunggu lama untuk kita hapus dari memori kamera yang kita gunakan.

Terlepas dari apakah kita tahu mengenai seperti apa itu foto yang profesional atau tidak, kita menghapus gambar yang kita anggap tidak berkualitas sepanjang waktu.

Sama halnya dengan calon pelanggan bisnis kecil Anda.

Jika Anda saja tidak menyukai foto produk Anda sendiri, bagaimana mungkin Anda bisa berharap bahwa orang lain pasti akan menyukainya?

Jika foto yang Anda hasilkan bisa sangat jelas dengan warna yang menarik atau kompisisi foto yang seimbang dan lain sebagainya, maka peluang produk Anda untuk dilirik pelanggan pun akan semakin besar.

Contoh terbaik yang bisa saya berikan untuk alasan penggunaan fotogarfi profesional yang pertama ini adalah foto-foto produk yang berada di halaman depan marketplace seperti TokoPedia, Shopee, BukaLapak dan sebagainya.

Coba saja diperhatikan. Adakah setidaknya foto yang buram atau blur disana ketika diakses menggunakan hp? Rata-rata penggunaan cahayanya juga cukup terang sehingga produk yang dijual terlihat sangat jelas bukan?

2. Dukungan bagi bisnis kecil untuk memanfaatkan pemasaran secara visual

Saya seringkali menganggap bahwa foto produk yang tidak profesional (pecah dan buram, terlalu banyak elemen pada latar belakang, objek utama tidak dominan, dsb) sebagai langkah untuk tidak melayani konsumen dengan baik.

Saya memang tidak setiap saat memiliki anggapan tersebut, namun hal itu menjadi salah satu bahan pertimbangan utama saya ketika melakukan transaksi online sebagai seorang konsumen.

Karena jujur saja, ketika sebuah produk ditampilkan dengan baik secara visual (visually appealing), maka hal itu juga meningkatkan kepercayaan saya terhadap produk dan juga pemilik toko online dalam waktu yang bersamaan.

Dan kita tahu bersama bahwa kedua hal tersebut sangatlah penting bagi bisnis apapun termasuk usaha kecil yang Anda jalankan saat ini.

Ingat!

Otak manusia itu sangat menyukai gambar dan hal itu juga berlaku bagi Anda dan konsumen Anda juga bukan?

Baca juga: Foto dan Desain Anda Profesional? Coba Jual di ShutterStock!

Apalagi, kita mendapatkan begitu banyak informasi setiap hari dan tidak semuanya bisa kita ingat dengan baik ketika hari berganti.

Namun tahukah Anda, selama apapun Anda membaca deskripsi atau keunggulan suatu produk tertentu, tidak banyak informasinya yang masih bertengger di ingatan dengan baik. Tapi, kemungkinan besar Anda masih menyimpan foto produk tersebut dalam pikiran Anda bukan?

Karena itu, foto atau elemen visual lainnya yang profesional akan semakin dibutuhkan untuk pengembangan pemasaran bisnis Anda kedepannya.

3. Fotografi sebagai bagian dari brand bisnis

Di Instagram, ada begitu banyak postingan bisnis yang memiliki gayanya masing-masing.

Terkadang, 1 foto bisa "dipecah" menjadi 3 postingan yang terlihat sebagai satu kesatuan yang utuh dan mendukung tampilan grid platform Instagram sendiri.

Terdapat pula bisnis yang secara konsisten menggunakan tone, warna, atau filter foto tertentu sebagai identitasnya dan tidak merubahnya sehingga hal tersebut menjadi ciri khas akun bisnis tersebut.

Dengan menggunakan gaya foto tertentu, maka audiens yang menjadi konsumen Anda juga sangat mungkin mengasosiasikan tema foto yang sering Anda gunakan dengan bisnis Anda sendiri.

Bahkan, ketika akan ada kompetitor bisnis yang melakukan hal yang sama, maka konsumen akan berpikir bahwa mereka mencontek apa yang sudah Anda lakukan.

Hal ini akan membantu brand bisnis Anda untuk dianggap sebagai pelopor dan memiliki sisi originalitas yang tidak dihadirkan oleh pesaing bisnis lainnya.

Dan itu bisa sangat membantu bisnis Anda kedepannya dalam mengembangkan brand yang Anda usung.

4. Biaya untuk mendapatkan foto yang profesional bagi bisnis kecil saat ini setidaknya semakin terjangkau

Tidak hanya karena Anda bisa langsung memulainya menggunakan smartphone, namun perkembangan bisnis jasa fotografi pun semakin ketat dengan harga yang semakin kompetitif.

Ini peluang bagi bisnis Anda untuk mendapatkan foto yang semakin berkualitas dengan harga yang semakin terjangkau jika memutuskan untuk menggunakan jasa fotografer profesional.

Seharusnya ini menjadi berita baik, kan?

Hal ini juga didukung dengan banyak dan terjangkaunya alat fotografi dalam ruangan (studio foto) yang semakin memudahkan para fotografer untuk memotret produk jika harus dilakukan secara indoor.

5. Selain menarik perhatian pelanggan, foto juga akan membantu produk bisnis Anda untuk dibagikan di media sosial

Semakin banyak konsumen mengetahui produk atau layanan bisnis Anda, maka peluang untuk mencapai target penjualan pun semakin besar dan mudah.

Jika kualitas foto yang Anda tampilkan profesional, maka hal itu juga bisa meningkatkan jumlah share produk tersebut terutama di media sosial sehingga akan semakin banyak menjangkau konsumen.

Dan bukan hal yang mustahil bahwa hal itu juga bisa bermanfaat dalam mengurangi penggunaan dana untuk beriklan secara digital.

Sudahlah menjangkau banyak pelanggan, dana iklan pun berkurang. Artinya apa hayooo?

6. Sebagai bagian dari seni, fotografi produk juga menyampaikan kisah yang berbeda-beda dalam pikiran yang melihatnya

Jika kita perhatikan, foto produk itu sangat beragam macamnya. Bahkan, merupakan kombinasi dari berbagai tema fotografi.

Ada foto produk yang hanya menampilkan foto produk itu sendiri secara tunggal tanpa ada objek lain didalamnya. Ada yang menggunakan nama atau bahkan foto artis atau selebriti untuk meyakinkan konsumen.

Ada yang menyatukannya dengan konsep fotografi abstrak hingga yang terlihat aneh sekalipun dan masih banyak lagi.

Berbagai tema atau konsep tersebut tentu akan menghadirkan kisah yang berbeda-beda dalam pikiran konsumen yang melihatnya dan juga akan menghadirkan kesan yang beragam.

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa apakah konsep yang Anda gunakan dalam bisnis sesuai dengan ekspekatsi atau tujuan yang ingin Anda capai. Bingung? Tanyakan saja pada fotografer yang Anda sewa.

Intinya, ini adalah bagian dari ungkapan bahwa "satu gambar seribu makna."

Pertanyaannya, makna apa yang ingin Anda tonjolkan dalam foto produk Anda?

Hal ini juga menjadi bagian yang sangat erat kaitannya dengan story-telling secara visual disebabkan tiap-tiap foto memiliki ceritanya sendiri-sendiri.

7. Efektif dalam pengeluaran anggaran bisnis kalaupun mengeluarkan biaya untuk memakai layanan fotografer profesional

Beberapa poin diatas yang sudah saya sebutkan sebagai bagian dari manfaat memiliki foto profesional untuk bisnis kecil adalah:
  • Hemat biaya bahkan bisa gratis
  • Menarik perhatian pelanggan untuk mengetahui penawaran bisnis Anda
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Membantu membangun brand bisnis
  • Meningkatkan keterjangkauan atau visibilitas sebuah produk
  • Bagian dari strategi pemasaran secara visual
Dan mungkin masih ada lagi yang belum saya sebutkan.

Menariknya, poin-poin tersebut bukankah menjadi bagian penting dalam penggunaan anggaran bisnis yang semakin efektif?

*Penting:
Jika Anda memanfaatkan website untuk pemasaran online, ketahui juga penggunaan Photoshop online berbasis web untuk mengedit foto dan desain dari bisnis Anda.

Kesimpulan:

Baik itu bisnis dengan skala yang masih kecil maupun yang besar, saya kira semua pebisnis akan selalu berusaha untuk memastikan bahwa anggaran yang dikeluarkan dan strategi pemasaran yang diterapkan bisa berguna bagi pengembangan bisnis tersebut di masa depan.

Jadi, masuk akal jika ada anggapan bahwa menyediakan foto yang berkualitas tinggi atau profesional itu adalah juga bagian dari investasi yang berguna bagi bisnis itu sendiri untuk saat ini dan di masa mendatang dengan atau tanpa menyewa jasa fotografi.

Comments