Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Photoshop Online Terbaik Berbasis Web Untuk Edit Foto dan Desain

cSelamat datang kembali di DesainSpot.com, informasi yang akan dibagikan kali ini adalah mengenai bagaimana mengedit foto atau bahkan membuat desain vektor menggunakan tool Photoshop secara online resmi dari Adobe Photoshop langsung. Tapi tidak hanya itu saja, Anda juga akan saya berikan alternatif lain yang juga mirip banget dengan Photoshop dan juga sangat memungkinkan untuk melakukan banyak hal dengan berbagai keuntungan yang bisa didapatkan.

Karena penggunaan Photoshop maupun alternatifnya ini adalah secara online (web-based), berarti Anda diharuskan untuk mengunjungi salah satu atau kedua situs yang akan saya rekomendasikan.

Jadi, jika sedang berencana untuk membeli atau berlangganan software Adobe Photoshop aslinya, cara ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenali fitur apa saja yang tersedia yang bisa memberikan gambaran tentang berbagai dukungan untuk membantu projek fotografi Anda kedepannya.

Jangan lewatkan: Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Bahkan, bisa jadi Anda akan mengurungkan niat untuk berlangganan Adobe Photoshop karena salah satu situs yang akan saya rekomendasikan nanti juga cukup banyak memiliki fitur yang sangat mirip sekali dengan Photoshop itu sendiri. Tentunya tidak semua tool di Photoshop ada disana. Namun untuk pengeditan gambar atau pembuatan desain dari level dasar hingga tingkat lanjut sudah cukup tersedia.

Penggunaan Photoshop online ini juga bisa meminimalkan pemakaian software bajakan dan membantu Anda untuk tetap bisa bekerja dimana saja, bahkan jika hanya memiliki hp saja. Karena syaratnya adalah yang penting terhubung ke jaringan internet.

Dan, bagi yang merasa bahwa penggunaan laptop untuk mengedit foto menggunakan Photoshop itu terlalu berat karena spesifikasi RAM yang dimiliki terlalu sedikit, kenapa tidak mengedit gambar secara online saja?

Yuk simak selengkapnya.

1. Photoshop Express Editor

Cara menggunakan Photoshop online asli dari Adobe

Express Editor adalah versi asli Photoshop online yang dikeluarkan langsung oleh pihak Adobe. Jadi, untuk yang pertama ini tentu tidak diragukan lagi karena pengembangnya sendiri yang membagikannya langsung ke pengguna.

Tapi sebelum menggunakannya, pastikan bahwa Anda sudah menginstall Adobe Flash Player karena jika tidak, maka tool Photoshop online-nya tidak bisa diakses. Sehingga, Anda akan diberi peringatan untuk memasangnya terlebih dahulu sebagai syarat penggunaannya.

Cara menggunakan Photoshop Express Editor online

Ketika tulisan ini diturunkan, Photoshop Express Editor baru mendukung penyuntingan gambar atau foto yang berformat JPEG saja. Dan untuk hasil terbaik, sangat disarankan agar kapasitas foto yang diunggah tidak lebih dari 16 megapixels dan dalam format JPEG, JPG atau JPE.

Baca juga: Cara Simpan File Photoshop ke Berbagai Format

Kelemahan Photoshop online yang pertama ini adalah hanya fokus pada pengeditan foto (gambar berbasis raster) saja. Itupun untuk menyunting secara lebih lanjut sangat terbatas terutama jika ingin menggunakan Layer Mask, Blending Options dan sebagainya.

Bahkan meskipun ada banyak tool yang tersedia, rasa-rasanya seperti mengedit foto menggunakan aplikasi hp. Tapi mungkin sebagaimana namanya yaitu "express," maka tool dan fitur yang disediakan pun khusus untuk mengedit foto secara cepat. Silahkan saja dicoba sendiri.

Kunjungi alamat situsnya di: https://www.photoshop.com/tools?wf=editor

2. Free Photo Tool

Untuk yang kedua ini, menurut saya lebih dari Photoshop Express Editor online diatas. Bahkan saking cukup lengkapnya tool dan fitur yang tersedia, saya kadang berpikir bahwa kok bisa-bisanya Adobe Photoshop kalah dengan Free Photo Tool.

Mungkin biar banyak yang beli softwarenya kali ya?!

Photoshop online terbaik dan lengkap

Disini, Anda bahkan bisa membuat logo baru benar-benar dari nol. Terdapat tampilan layer yang bisa diatur (manajemen layer), fitur blending options yang menjadi salah satu andalan Photoshop juga ada, Layer Mask juga tersedia. Format gambar yang mendukung lebih variatif hingga PSD pun bisa. Dan masih banyak lagi.

Bahkan, kemampuan konversi atau compress gambarnya sangat saya rekomendasikan untuk digunakan karena foto yang aslinya berukuran (misalnya) 10 MB, setelah dikompres bisa menjadi hanya ±30 kb saja.

Menariknya, setelah saya bandingkan dengan cara memperkecil ukuran foto di Photoshop untuk saya gunakan di blog, kualitas dari foto yang telah berubah ukuran dan kapasitasnya pun masih terjaga dengan baik dengan menggunakan Free Photo Tool.

Dan juga, jika menggunakannya hanya untuk merubah ukuran gambar, tidak perlu menggunakan tool transformasi yang biasanya ada atau melakukannya secara manual.

Ketika Anda akan menyimpan hasil foto, pada panel pengaturan yang muncul, Anda bisa langsung merubah ukuran gambar sesuai yang diinginkan sebelum menyimpannya. Fitur ini bahkan di Photoshop pun tidak ada.

Kunjungi alamat situsnya di: https://www.freephototool.com/

Kesimpulan:

Kedua situs Photoshop online diatas tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, silahkan untuk dicoba saja karena tingkat kebutuhan pengguna berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Namun jujur saya, saya seolah tidak bisa tidak mengatakan bahwa sampai saat ini, Free Photo Tool adalah rekomendasi utama saya sebab entah itu edit foto maupun pembuatan desain, sangat mumpuni dengan kehadiran berbagai tool dan fitur yang sudah ada. Bahkan, tidak perlu install Adobe Flash Player dulu.

Dan juga, jika Anda hanya memerlukan pengeditan gambar untuk melakukan transformasi, sebelumnya saya telah merekomendasikan situs favorit untuk merubah ukuran foto secara online lainnya. Pastikan saja untuk dibaca dan dipraktekkan.

Demikian apa yang harus Anda lakukan untuk menedit foto dengan mengakses Photoshop online yang berbasis website (web-based) ini. Semoga bisa bermanfaat dengan baik. Jangan lupa bagikan artikel ini ya. Terima kasih.

Comments