Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

Transformasi; Cara Merubah Ukuran Foto di Photoshop

desainspot.com - Istilah transformasi dalam penggunaan Photoshop salah satunya bertujuan untuk merubah ukuran atau dimensi (lebar dan tinggi) foto sesuai kebutuhan penggunanya. Dan cara untuk melakukannya sangatlah mudah.

Transformasi cara merubah ukuran foto di Photoshop

Hal ini disebabkan karena menurut saya, perubahan ukuran gambar tersebut merupakan salah satu bagian dasar dalam penggunaan Photoshop itu sendiri. Bahkan menjadi bagian terdasar penggunaan software lainnya yang memungkinkan untuk melakukan perubahan dimensi foto.

Hal ini juga terkait dengan nama fitur khusus yang tersedia di Photoshop yang disebut sebagai Transform yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai jenis transformasi termasuk membesarkan maupun mengecilkan ukuran foto.

Cara merubah ukuran foto di Photoshop

Sebelum melakukan transformasi gambar, sangat disarankan untuk merubah layer gambar tersebut menjadi Smart Object Layer.

Secara khusus, saya bahkan sudah mempublikasikan beberapa manfaat smart object layer di Photoshop baik dalam kaitannya untuk membantu manajemen layer maupun menjaga kualitas foto yang akan diubah dimensinya.

Silahkan di kepo-in saja.

Setelah itu, Anda bisa langsung merubah ukuran foto dengan mengaktifkan fitur Transform melalui menu Edit - Free Transform atau bisa langsung menggunakan shortcut di keyboard dengan menekan Ctrl + T.

Setelah itu, silahkan langsung klik atau pilih salah satu sudut gambar dan mulai merubah dimensi foto dengan menggesernya secara diagonal (miring) kearah kanan-kiri.

Cara merubah ukuran gambar dengan membesarkan dan mengecilkan foto di Photoshop

Pada gambar diatas, saya menandai 4 sudut gambar yang memungkinkan Anda untuk memulai melakukan perubahan ukuran foto.

Dan pada contoh yang ada, saya ibaratkan memilih sudut kiri bagian atas foto yang kemudian akan kita geser dengan sudut miring baik keatas maupun bawah.

Yang perlu Anda ingat, jika sudut tersebut digeser miring kearah kiri-atas, maka itu berarti bahwa Anda memerintahkan Photoshop untuk memperbesar gambar.

Sedangkan jika digeser kearah kanan-bawah, maka hal itu berarti sebaliknya yaitu mengecilkan dimensi foto yang Anda transformasi.

Tips untuk mendapatkan ukuran foto yang proporsional

Maksud dari ukuran foto yang proporsional disini bertujuan untuk mendapatkan gambar hasil transformasi yang tidak aneh dan sesuai dengan realita yang ada.

Misalnya, fotonya terlalu tinggi tapi lebarnya biasa saja atau tidak berubah sehingga objek utama malah kelihatan terlalu ramping dan sebagainya yang tidak sesuai dengan kenyataannya.

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini mengenai ukuran foto yang proporsional dan yang tidak.

Cara membuat ukuran foto proporsional di Photoshop

Lihat kan? Gambar bagian atas adalah gambar yang tidak proporsional atau tidak tepat sementara yang bagian bawah saya yakin adalah apa yang Anda inginkan (benar).

Oleh karena itu, ingat beberapa tips transformasi foto berikut ini ketika Anda menggunakan Photoshop:

1. Tekan tombol Shift + Alt secara bersamaan pada keyboard sambil menggeser (memperbesar atau mengecilkan gambar) saat melakukan transformasi. Hal ini bertujuan agar semua bidang gambar menyesuaikan ukurannya secara otomatis.

2. Jika Anda sudah memiliki ukuran foto tertentu, misalnya lebar gambar maksimal adalah 500 px, silahkan aktifkan fitur Maintain aspect ratio pada panel dibawah menu Photoshop ketika fitur transformasi aktif. Lalu, tekan atau pilih ikon bergambar rantai.

Aktivasi fitur Maintain aspect ratio di Photoshop

Setelah itu, pada bagian W yaitu Width (lebar gambar), masukkan nilai 500 px seperti yang Anda butuhkan. Kalau ukuran pas yang Anda inginkan adalah tinggi gambar, tinggal pilih saja H yaitu Height (tinggi gambar).

Pilih salah satu saja karena ukuran lainnya akan berubah dan menyesuaikan diri secara otomatis.

Kalau satuan pixels (px) tidak muncul melainkan hanya % atau yang lainnya, klik kanan pada salah satu bagian dalam kotak dan pilih satuan gambar yang Anda inginkan.

Semudah itulah untuk melakukan transformasi atau merubah ukuran foto secara proporsional menggunakan Photoshop. Jika ada yang perlu Anda tanyakan, silahkan sampaikan lewat komentar. Ada tambahan mungkin?

Comments