Featured Post

Jualan Kaos Modal Desain Premium Plus Edit Dikit di Photoshop

Pernah punya niat berjualan kaos namun terkendala kemampuan desain atau proses pembuatan desainnya terlalu rumit bagi Anda? Saat ini, dengan hanya bermodalkan kemampuan Photoshop dasar, Anda sudah bisa berbisnis dengan memiliki hingga ratusan desain kaos berkualitas premium.

Tutorial Membuat Efek Foto Kolase Vertikal di Photoshop

desainspot.com - Lagi bingung mau buat tutorial apa. Akhirnya, saya putuskan untuk membuat sesuatu yang sederhana saja yaitu efek foto kolase vertikal di Photoshop.

Jika Anda mengikuti terus panduan penggunaan Photoshop di blog ini, maka sudah tahu kan kalau tutorial efek foto kolase ini sudah pernah juga saya publikasikan sebelumnya?

Lebih tepatnya, seingat saya ada 2 panduan yang sudah ada yaitu:
  1. Cara membuat efek foto kolase sederhana di Photoshop, dan juga;
  2. Tutorial cara membuat efek foto kotak kolase (collage of polaroids) di Photoshop.

Dan untuk kali ini, cara yang digunakan pun sama dengan kedua panduan yang sudah ada diatas. Bedanya, hanya pada bentuk kotak yang vertikal, penambahan garis stroke, dan juga penggunaan foto dimana dalam latihan ini saya menggunakan 4 gambar.

Berikut hasil akhir dari pembuatan efek foto kolase vertikal ini.

Cara membuat efek foto kolase vertikal di Photoshop

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Simak tahapannya berikut ini.

1. Buat dokumen baru

Tak lain dan tak bukan, langkah pertama tentu saja membuat dokumen baru. Dan untuk tutorial ini, ukuran dokumennya adalah sebagai berikut.

Pengaturan dokumen baru efek foto kolase vertikal di Photoshop

2. Membuat 4 kotak dengan ukuran yang sama

Selanjutnya adalah membuat bentuk kotak menggunakan shape yaitu Rectangle Tool (U) dengan ukuran 200px X 600px.

4 kotak kolase vertikal yang sudah diatur posisinya

Jangan lupa bahwa masing-masing kotak berada di layer yang berbeda. Dan, bedakan juga warnanya seperti gambar diatas agar lebih memudahkan Anda nantinya. Setelah itu, atur posisinya agar saling bersebelahan satu sama lain.

Untuk mengatur posisi kotak diatas maupun objek lainnya, silahkan baca 3 cara mengatur posisi gambar maupun teks di Photoshop.

Namun untuk latihan kali ini, cukup dengan melakukan drag and drop objek saja sih sebenarnya.

Ingat juga untuk merubah nama layernya menjadi Kotak 1, Kotak 2, Kotak 3 dan Kotak 4.

Tampilan pengaturan layer beserta nama layer kotak kolase vertikal di Photoshop

3. Mulai memasukkan semua gambar atau foto ke Photoshop

Tahapan selanjutnya adalah dengan cara memasukkan gambar foto ke Photoshop yang sudah Anda persipakan. Silahkan gunakan foto sendiri atau mengambilnya dari situs download foto gratis ya.

Pokoknya foto apapun jadi dan tidak harus sama ukurannya. Apalagi kalau cuma ingin latihan saja.

Setelah itu, tentukan foto mana yang akan Anda masukkan ke masing-masing 4 kotak kolase vertikal yang baru dibuat tadi.

Jika misalnya ada foto yang ingin Anda tampilkan pada Kotak 1, jangan lupa ubah nama layer tersebut menjadi Foto 1 dan tempatkan atau posisikan layer foto tersebut berada tepat diatas layer Kotak 1.

Dan lakukan hal yang sama untuk layer foto lainnya.

Pengaturan posisi layer foto diatas masing-masing layer kotak kolase vertikal

4. Menampilkan foto didalam masing-masing kotak kolase vertikal

Tanpa menunggu lama, berikutnya Anda sudah bisa langsung menampilkan semua foto yang sudah dimasukkan dan diubah posisinya seperti diatas kedalam kotak kolase vertikal yang sudah ada.

Caranya adalah klik kanan pada salah satu layer foto (misalnya Foto 1) kemudian pilih Create Clipping Mask.

Cara memasukkan foto kedalam kotak kolase vertikal di Photoshop

Setelah itu, terapkan langkah yang sama untuk semua layer foto yaitu dengan membuat clipping mask seperti diatas.

Untuk memastikan bahwa objek foto tampil dengan baik, silahkan Anda pilih layer foto yang diinginkan dan geser masing-masing foto yang ada menggunakan mouse atau tanda panah pada keyboard.

Dan juga, lakukan transfromasi atau perubahan ukuran foto yang ada sesuai kebutuhan.

Pada contoh tutorial ini, beberapa foto yang saya gunakan ternyata ukurannya lebih kecil dari ukuran dokumen baru yang saya buat pada langkah pertama. Jadi mau tidak mau, harus memperbesar dimensi gambarnya.

Begitu juga jika ukuran foto terlalu kebesaran, silahkan transformasi saja agar lebih kecil dan tampil secara proporsional.

5. Membuat garis pembatas diantara masing-masing kotak kolase vertikal (foto)

Pada hasil akhir gambar diatas, terlihat juga bahwa terdapat garis lurus vertikal (atas-bawah) berwarna putih yang menjadi pembatas foto. Garis tersebut sebenarnya berbentuk kotak menyerupai kotak kolase vertikal itu sendiri.

Hanya saja, karena warna latar blog ini adalah putih, maka garis pembatas putih pada bagian atas dan bawah, juga bagian paling kiri dan paling kanan bidang foto menjadi tidak terlihat.

Untuk membuatnya, saya menggunakan Stroke.

Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada salah satu kotak kolase vertikal (misalnya pada layer Kotak 1) lalu pilih Blending Options. Kemudian, cari fitur Stroke dan terapkan pengaturan sebagai berikut.

Membuat pembatas antar foto menggunakan Stroke di Photoshop

Jika sudah, langsung saja klik Ok untuk menyelesaikan sekaligus menutup pengaturan Stroke tersebut.

Kemudian, klik kanan kembali layer Kotak 1 yang sudah memiliki garis Stroke dan pilih Copy Layer Style untuk meng-copy pengaturan blending options yang baru saja diterapkan.


Setelah itu, pilih semua kotak kolase vertikal lainnya (Kotak 2, 3, dan 4) lalu klik kanan dan pilih Paste Layer Style.

Dan... Jreeeeeeeennggggg!!! Semua layer kotak vertikal akan memiliki pengaturan yang sama karena fitur blending options yang digunakan dalam tutorial ini hanya Stroke saja.

Jika penasaran mengenai bagaimana tampilan akhir dari susunan layer yang saya gunakan, berikut saya perlihatkan gambarnya.

Susunan layer akhir efek foto kotak kolase vertikal di Photoshop

Selesai.

Jangan bilang susah ya. Hehehehe. Tapi jika memang ada langkah yang kurang dipahami dan perlu ditanyakan, silahkan langsung sampaikan di komentar.

Lihat juga: Cara Simpan File Photoshop ke Berbagai Format

Tapi kalau menurut saya, sepertinya tutorial membuat efek foto kotak kolase vertikal di Photoshop ini seharusnya mudah. Meskipun saya akui juga bahwa bisa saja saya keliru dalam hal tersebut. Terima kasih sudah mampir dan jangan lupa untuk membagikan panduan ini.

Comments