Featured Post

6 Tips Cari Jasa Desain Grafis Murah dan Berkualitas

Cara Copy Potongan atau Bagian Foto Tertentu di Photoshop

desainspot.com - Pernah tidak ketika sedang mengedit gambar di Photoshop, ada bagian gambar tertentu yang ingin anda copy atau bahkan cut ke layer baru? Terus, mungkin objek tersebut ingin anda perbanyak atau melakukan hal lainnya?

Untuk itulah tutorial kali ini hadir. Yaitu memberikan anda informasi mengenai cara melakukan copy terhadap bagian foto atau gambar tertentu di Photoshop.

Dan pada panduan ini, saya akan menggunakan gambar yang cukup sederhana untuk memudahkan seleksi pada bagian yang akan di-copy agar mudah untuk anda ikuti.

Foto tersebut adalah foto donat yang menurut saya akan mudah untuk dipilih objek utamanya karena warna latar belakangnya adalah warna solid (1 warna dan bukan gradasi) sehingga donatnya akan semakin mudah untuk diperbanyak.

Cara copy potongan atau bagian gambar tertentu di Photoshop

Anggap saja bahwa semuanya sudah tahu cara membuka foto di Photoshop ya. Saya rasa hal itu sudah bukan hal yang perlu anda pelajari lagi, bukan?

Oh iya lupa, berikut foto sebelum dan sesudah untuk melihat perbandingan gambar asli dan hasil akhir yang akan diperoleh.

Cara copy potongan atau bagian foto tertentu di Photoshop

Untuk bahan latihan, silahkan gunakan foto apa saja untuk mengikuti panduan ini. Yang penting kan tahu bagaimana caranya.

Kalau ingin menggunakan foto yang sama, buka saja situs Pixabay dan cari gambar donat di bagian jenis gambar vektor.

Selain copy, kita juga mengenal istilah cut. Namun kali ini, tujuannya hanya untuk copy bagian gambar saja untuk kemudian digandakan (diperbanyak).

Sebab, kalau kita ingin meng-cut bagian foto yang sudah memiliki background seperti pada foto yang diambil menggunakan kamera, maka bagian foto yang diseleksi tersebut akan juga ikut terhapus.

Yuk langsung baca langkah-langkahnya secara berurutan hingga akhir pada sub-judul dibawah ini berikut penjelasannya.

1. Pilih alat seleksi termudah untuk digunakan dan lakukan seleksi pada objek

Peringatan: Sesaat setelah anda membuka gambar yang akan diedit di Photoshop, anda bisa menduplikat layer background ataupun tidak.

Dan karena foto yang saya gunakan sepertinya tidak perlu menggandakan layernya, akhirnya saya langsung saja menyeleksi objek yang akan saya copy atau cut.

Alat seleksi yang saya gunakan adalah Rectangular Marquee Tool karena foto yang saya gunakan tidak membutuhkan tool seleksi yang rumit. Jadi cukup dengan membuat alat seleksi berbentuk kotak saja sudah bisa.

Lihat caranya bagaimana saya memilih Rectangular Marquee Tool dan melakukan seleksi pada objek dibawah ini.
Rectangular Marquee Tool untuk memilih bagian foto tertentu di Photoshop

2. Duplikat potongan foto yang sudah diseleksi ke layer baru dan ubah ukurannya

Untuk tahapan yang kedua ini, hal yang akan dilakukan adalah menggandakan atau menduplikat potongan objek foto yang telah diseleksi diatas dan menempatkannya di layer baru secara otomatis.

Dan, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menekan tombol keyboard berupa Ctrl + J atau bisa juga dengan klik kanan pada layer dan pilih Duplicate Layer.

Nah sesaat kemudian, potongan gambar yang diseleksi sebelumnya akan berada di layer baru hasil duplikat yang baru saja dilakukan.

Langkah berikutnya adalah dengan merubah format layer baru tersebut menjadi Smart Object Layer karena nanti akan diubah ukuran objeknya menjadi lebih kecil namun tetap mempertahankan kualitas gambarnya.

Bagi yang belum terlalu mengenal format layer tersebut di Photoshop, silahkan baca mengenai manfaat Smart Object Layer pada postingan saya terdahulu.

Selanjutnya adalah melakukan transformasi untuk merubah ukuran foto dari layer baru hasil duplikat tersebut.

Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + T pada keyboard lalu mulai ubah ukuran gambarnya menjadi lebih kecil sesuai yang dibutuhkan.

Susunan layer Photoshop dan perubahan ukuran gambar menjadi kecil

3. Lakukan duplikat pada bagian foto beserta layernya secara berulang

Selanjutnya adalah memperbanyak potongan foto sesuai dengan jumlah yang diinginkan. Caranya adalah dengan melakukan duplikat pada layer seperti pada langkah di poin 2 diatas.

Pada tahap ini, silahkan berkreasi sendiri mengenai jumlah layer objek yang akan anda perbanyak, terapkan beberapa ukuran yang berbeda jika memang dibutuhkan, ubah sudut pandang objek dengan melakukan rotasi gambar dan sebagainya.

Kembangkan saja sendiri bagaimana anda ingin melihat hasil akhirnya. Kalau saya, hasilnya ya sama seperti hasil akhir foto pertama diatas (sebelah kanan tanda panah).

Tutorial menarik: 3 Cara Memindahkan Gambar atau Layer Dalam Dokumen Photoshop

Jika ada pertanyaan terkait cara copy potongan atau bagian foto tertentu menggunakan Photoshop, silahkan sampaikan lewat komentar dibawah ini.

Comments