Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

Cara Menggunakan Merge Layer di Photoshop

desainspot.com - Sudah tahukah anda apa itu Merge Layer di Photoshop?

Fitur ini adalah salah satu kelebihan Photoshop yang mungkin sudah anda diketahui namun jarang digunakan sehingga anda tidak menyadari betapa pentingnya alat tersebut.

Secara harfiah, jika kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia, arti kata merge adalah mengabungkan atau menyatukan.

Cara menggunakan Merge Layer Photoshop

Akan tetapi, dari hasil penggunaan fitur tersebut, tidak serta merta kita bisa memaknai bahwa merge layer berfungsi untuk menyatukan atau menggabungkan banyak layer menjadi 1 saja.

Kok bisa begitu?

Hal ini disebabkan karena fungsi penggabungan layer tersebut setidaknya sudah dimiliki oleh dua fitur populer lainnya yaitu Smart Object Layer di Photoshop dan juga Flatten Image.

Apa bedanya Merge Layer di Photoshop dengan fitur penggabungan layer lainnya?

Meskipun Merge Layer juga bisa dikatakan memiliki fungsi untuk "menggabungkan layer," hanya saja tidak benar-benar menyatukan layer yang ada misalnya dari 10 layer dalam satu dokumen Photoshop, digabungkan menjadi hanya 1 saja.

Sebaliknya, alat ini justru menjaga semua layer yang sudah ada beserta semua efek atau pengaturan tiap layer agar tetap sesuai dengan yang sudah anda edit sebelumnya.

Bedanya adalah, merge layer berfungsi untuk menampilkan hasil akhir penyuntingan foto atau desain dalam 1 layer baru saja tanpa menghilangkan layer lainnya yang sudah dibuat sebelumnya.

Contohnya kasusnya seperti gambar dibawah ini.

Tampilan layer hasil Merge Layer di Photoshop

Pada gambar diatas, tampak bahwa layer yang sudah dibuat sebelumnya tidak ada perubahan sama sekali.

Akan tetapi, pada layer teratas yang saya tandai, terdapat layer baru yang merupakan hasil akhir pengeditan foto namun tidak menghilangkan layer yang sudah ada beserta semua pengaturan yang sudah anda terapkan.

Jika kita bandingkan dengan menggunakan Smart Object Layer yang ada di Photoshop, sejatinya sama saja.

Namun ketika anda ingin merubah pengaturan tertentu pada layer lain untuk mendapatkan hasil akhir yang berbeda, maka harus membuka ulang isi dari Smart Object Layer tersebut.

Yah, meskipun ada sih panduan sebelumnya mengenai cara mengembalikan layer Smart Object di Photoshop agar tampilannya seperti sedia kala.

Tapi menurut saya agak repot juga sih sebenarnya.

Sama halnya juga dengan menggabungkan layer menggunakan fitur Flatten Image dimana semua layer yang ada disatukan menjadi hanya 1 layer saja.

Kelemahan dari Flatten Image ini adalah, karena tinggal menyisakan 1 layer saja, maka kita akan kesulitan untuk mengedit ulang bagian tertentu yang dirasa perlu untuk dikurangi atau ada yang harus ditambahkan.

Sedangkan kalau menggunakan Merge Layer, maka hasil akhirnya bisa kita dapatkan dengan mudah dan layer yang sudah ada tetap terjaga dengan baik.

Cara mudah menggunakan Merge Layer untuk mendapatkan hasil terbaik

Meskipun saya telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjelaskan bagaimana proses dan manfaat dari Merge Layer di Photoshop, tentu akan lebih baik bagi anda untuk bisa mempraktekkan cara menggunakannya langsung, bukan?

Jadi, mari kita langsung saja pada tahapan bagaimana membuatnya supaya anda bisa tahu caranya sekalian memahaminya dengan baik.

Tahap 1. Pastikan untuk memilih layer teratas dari semua susunan layer yang ada

Anda tentunya sudah tahu kan mengenai manajemen layer di Photoshop.

Kapanpun kita akan menambahkan layer baru, maka secara otomatis posisinya akan berada diatas layer yang anda pilih.

Dan, karena proses kerja merge layer ini adalah "menduplikat" tampilan hasil akhir dari semua layer yang ada, maka sudah barang tentu hasil akhir yang akan didapatkan akan kita tampilkan di layer teratas.

Oleh karena itu, silahkan arahkan kursor anda ke layer teratas dan pilih (klik) layer tersebut.

Memilih layer teratas di Photoshop untuk mulai menggunakan Merge Layer

Tahap 2. Proses penggabungan semua layer menggunakan Merge Layer

Setelah Tahap 1 diatas sudah dilakukan dengan baik dimana hal tersebut sangatlah mudah, maka langkah selanjutnya adalah langsung menggabungkan semua layer dengan menciptakan layer baru yang akan menampilkan hasil akhir dari pekerjaan anda.

Caranya adalah dengan menggunakan kombinasi shortcut di keyboard yaitu Shift + Ctrl + Alt + E.

Sesaat kemudian, anda akan melihat layer baru yang merupakan hasil akhir projek anda menggunakan Photoshop.

Susunan layer ketika menggunakan Merge Layer di Photoshop

Coba deh sembunyikan semua layer lainnya dengan menghilangkan simbol mata pada panel layer yang ada dan hanya menampilkan layer teratas saja. Maka, yang tampil di monitor anda adalah benar-benar hasil akhirnya saja kan?

Seperti yang saya katakan diawal, jika hasil akhirnya perlu dirubah lagi, tinggal dihapus saja layer baru hasil merge tersebut dan lakukan perubahan pada layer lain yang dibutuhkan. Kemudian, ulangi lagi proses Merge Layer diatas.

Gampang, kan?

Menarik: Cara Save Semua Tab Photoshop ke PSD Sekaligus

Semakin banyak jumlah layer yang anda miliki, tentu penggunaan fitur ini akan sangat berguna.

Selebihnya, tinggal dari anda saja bagaimana menyesuaikan kebutuhan anda dengan fungsi dari penggabungan layer menggunakan teknik merge Photoshop yang satu ini.

Comments