Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

Cara Merubah Efek Auto-Levels di Photoshop

Efek Auto (otomatis) pada Levels di Photoshop biasanya digunakan untuk merubah tingkat kecerahan dan juga kontras serta jangkauan tone warna dari foto yang sedang di-edit dengan merubah nilai histogram-nya.

Menariknya, ternyata efek auto-correct (memperbaiki otomatis) tersebut ada caranya agar bisa diubah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Perubahan pengaturan Auto pada Levels ini juga bisa merupakan salah satu trik untuk meningkatkan warna foto di Photoshop yang bisa anda gunakan dengan cepat yang bahkan hanya membutuhkan beberapa detik saja dalam penggunaannya.

Sebagai perbandingan, berikut saya berikan gambar mengenai foto asli dan juga hasil dari menerapkan efek otomatis menggunakan fitur Levels ini.

Cara merubah efek auto-levels di Photoshop

Pada gambar diatas, foto kedua (tengah) dan yang ketiga (kanan) adalah 2 dari 4 efek auto-levels yang saya ubah.

Menariknya lagi, warna bayangan (shadow), terang (highlight) dan juga warna "tengah" (midtone) bisa kita ubah sesuai dengan preferensi warna yang kita pilih dan inginkan.

Cara merubah pengaturan efek auto-levels di Photoshop

Perlu diketahui bahwa efek otomatis ini ternyata juga tidak hanya dimiliki oleh fitur Levels saja. Anda juga bisa merubah pengaturan otomatis pada fitur Curves dari yang pernah saya coba.

Dan, untuk memulai melakukan perubahan pengaturan ini, berikut langkah-langkah yang bisa anda lalui.

1. Buat New Adjustment Layer baru dan pilih Levels

Tahap pertama adalah pilih layer teratas yang akan anda berikan efek ini kemudian, buat New Adjustment Layer baru dan memilih fitur Levels lewat panel atau melalui menu Layer - New Adjustment Layer - Levels.

Sesaat setelah itu, akan ada layer baru yang berisi pengaturan Levels dan biasanya juga muncul panel properties pengaturannya seperti gambar dibawah ini.

Pengaturan auto-levels di Photoshop

2. Buka tab pengaturan Auto Options di Photoshop

Pada jendela pengaturan Levels diatas, anda sudah menemukan fitur Auto seperti yang saya tunjukkan.

Ketika efek tersebut di klik, maka Photoshop akan merubah warna foto yang berada di layer bawahnya secara otomatis.

Baca juga: Cara Save Semua Tab Photoshop ke PSD Sekaligus

Namun, terkadang efek yang dihasilkan bisa jadi tidak sesuai dengan yang diinginkan sehinga anda biasanya akan mengutak-atik nilai Histogram gambar dengan menggeser tanda panah yang ada.

Sebelum anda merubah atau memilih efek Auto tersebut, akan lebih baik untuk melakukan perubahan efeknya terlebih dahulu.

Caranya adalah buka Tab pengaturan Properties Levels yang terbuka lalu pilih Auto Options.

Membuka pengaturan Auto Options di Photoshop

3. Memilih efek Auto Levels melalui pengaturan Auto Color Correction Options

Ketika pilihan Auto Options sudah diklik, kemudian akan terbuka pengaturan Auto Color Correction Options yaitu opsi koreksi warna otomatis di Photoshop.

Fitur ini disebut sebagai koreksi warna sepertinya karena opsi yang dihadirkan juga mampu mengoreksi bahkan merubah warna foto di Photoshop secara otomatis.

Jadi, tidak hanya tingkat kecerahan gambar dan bayangannya saja.

Berikut tampilannya yang dibuka melalui Auto Options pada langkah kedua diatas.

memilih efek Auto Levels di Photoshop

Pada pilihan gambar diatas, anda bisa memilih efek yang disediakan sesuai dengan yang anda butuhkan.

Dan ketika anda melakukannya, anda akan melihat perubahan pada foto yang sedang diedit apakah sudah sesuai atau perlu untuk memilih efek lainnya.

Bahkan, efek yang tersedia juga bisa anda ubah dan jadikan sebagai fitur bawaan (Save as defaults) sehingga anda tidak perlu bolak-balik melakukan perubahan pengaturan.

Coba deh edit salah satu foto di Photoshop dan terapkan efek Auto Levels ini yang telah diubah pengaturannya. Kemungkinan hasilnya adalah yang anda harapkan.

Jangan lupa juga bahwa cara merubah efek auto levels ini juga bisa diterapkan pada auto curves ya. Silahkan bereksperimen!

Comments