Featured Post

6 Tips Cari Jasa Desain Grafis Murah dan Berkualitas

Cara Save Semua Tab Photoshop ke PSD Sekaligus

Saat menggunakan Photoshop, kita terkadang membuka banyak foto yang akan diedit atau beberapa tab desain yang berbeda-beda. Untuk menyimpan semua tab tersebut, biasanya kita save satu-satu kan?

Nah ternyata, ada loh cara untuk save atau menyimpan semua tab di Photoshop itu ke format PSD maupun JPEG maupun TIFF.

Dan, kita tidak perlu melakukannya satu per satu untuk lebih menghemat waktu.

Bayangkan saja kalau ada 7 atau bahkan belasan dan puluhan tab. Hal itu tentu akan sangat menguras waktu bukan?

Cara menyimpan semua dokumen tab Photoshop ke format PSD sekaligus

Dalam panduan kali ini, saya secara sengaja hanya menekankan pada penyimpnan file dalam format PSD saja ya meskipun seperti saya katakan diatas bahwa untuk format gambar JPEG maupun TIFF juga memang sangat memungkinkan.

Cara otomatis simpan semua tab Photoshop menjadi PSD

Hal ini disebabkan oleh selain cara simpan file Photoshop ke berbagai format lainnya sudah pernah saya jelaskan, juga karena format gambar seperti JPEG mungkin tidak sesuai untuk anda yang menginginkan hasil foto yang lebih kecil kapasitas filenya.

Selain itu, menyimpan file dalam bentuk PSD juga akan sangat membantu ketika anda teralihkan ke pekerjaan lain sementara projek Photoshop-nya belum selesai dikerjakan dan perlu untuk diedit di lain waktu.

Baiklah.

Langsung saja saya berikan tutorialnya dibawah ini.

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menyimpan semua tab Photoshop menjadi PSD adalah memilih menu File - Scripts - Image Processor.

Cara simpan semua tab Photoshop ke PSD sekaligus

Untuk tahapan pertama diatas, saya kira akan sangat mudah dilakukan ya?

Dan ketika fitur Image Processor tersebut diklik, maka akan secara otomatis memunculkan kotak pengaturan yang dibutuhkan.

Untuk seperti apa settingannya, berikut gambar dari pengaturan yang saya terapkan sekaligus berisi opsi mana saja yang perlu anda pilih atau aktifkan.

Cara menyimpan semua tab Photoshop ke format PSD secara otomatis

Keterangan dari gambar diatas adalah sebagai berikut:

  1. Use Open Images: Menggunakan semua gambar pada seluruh tab yang terbuka di Photoshop.
  2. Select Folder: Memilih folder penyimpanan file tab menjadi PSD di laptop atau PC.
  3. Save as PSD: Simpan kedalama format PSD.
  4. Run: Jalankan proses penyimpanan semua tab sesuai opsi pengaturan yang telah dipilih.

Pada bagian File Type gambar diatas, terlihat bahwa format JPEG dan TIFF tidak saya pilih karena hanya ingin menyimpan semua tab menjadi PSD saja. Bukan format gambar lainnya.

Kalau anda ingin memilih semua format gambarnya juga tidak apa-apa karena memang hal itu bisa dilakukan.

Setelah proses penyimpanan (run) dijalankan, maka Photoshop kemudian akan menyimpan semua tab yang terbuka sesuai format berdasarkan pengaturan yang baru saja anda pilih.

Dan setelah semua prosesnya telah selesai, sayangnya tidak ada notifikasi dari Photoshop yang menyatakan bahwa semua proses yang berjalan telah berakhir.

Maka dari itu, silahkan menuju folder penyimpanan yang telah dipilih sebelumnya untuk memastikan bahwa semua tab sudah tersimpan dengan baik.

Menariknya dengan menggunakan cara ini adalah, tentu saja file PSD yang telah tersimpan tersebut juga menyimpan semua layer beserta pengaturan yang anda terapkan.

Jadi, anda tidak perlu khawatir akan kehilangan efek atau layer yang sudah ada.

Saya sendiri tidak tahu batasan penyimpanan file layer serta settingannya sampai mana. Namun sejauh pengalaman saya, semua layer tampak baik-baik saja.

Namun jika anda khawatir karena terlalu banyaknya layer dan pengaturan dalam 1 tab Photoshop, buka saja kembali filenya yang telah disimpan tadi untuk memastikan dengan baik.

Oh ya, karena penyimpanan tab dalam format JPEG tidak saya sarankan menggunakan cara ini dalam memperkecil ukuran foto, maka sudah saya sediakan panduan Photoshop online terbaik berbasis web untuk mendapatkan foto yang berkualitas meskipun ukurannya telah diubah.

Demikian cara singkat untuk save atau menyimpan semua tab Photoshop yang terbuka ke format PSD secara sekaligus (otomatis) dengan hanya beberapa langkah mudah. Semoga bisa bermanfaat dengan baik.

Comments