Featured Post

Tutorial Efek Foto Glitch - VHS di Photoshop

Teknik Copy-Paste Efek Blending Options di Photoshop

desainspot.com - Pernah tidak anda memiliki 1 layer dalam dokumen Photoshop yang sudah diberikan atau diterapkan pengaturan Blending Options dan anda ingin melakukan copy-paste efek yang sudah untuk diterapkan pada layer lainnya?

Kenapa harus copy-paste efek Blending Options?

Bagaimana cara copy dan paste efek Blending Options ke layer lain?

Alasan utamanya adalah agar bisa menerapkan efek yang sama pada beberapa layer yang berbeda. Bisa juga karena anda hanya ingin mengambil beberapa bagian penting dari efek Blending Options kemudian menerapkan pengaturan yang berbeda.

Misalnya, merubah warna dan ukuran Stroke, menerapakan warna gradasi yang berbeda dengan layer lainnya dan masih banyak lagi.

Cara copy-paste efek Blending Options di Photoshop

Oh ya, Blending Options pada Photoshop ini juga sering disebut sebagai Layer Style.

Cara untuk mengakses fitur ini adalah dengan melakukan klik 2X pada layer atau bisa juga dengan klik kanan pada layer tersebut lalu memilih Blending Options.

Ketika sudah terbuka, anda bisa melihat ada begitu banyak fitur yang tersedia didalamnya untuk membantu anda dalam melakukan pengeditan foto maupun desain.

Tampilan Blending Options atau Layer Style Photoshop

Seringkali, copy-paste efek ini bisa ditemukan pada pembuatan efek teks dan untuk penyuntingan gambar juga, berbagai fitur yang ada tentu sangat membantu juga dalam memenuhi kebutuhan anda.

Tanpa lama-lama, ikuti panduan dibawah ini bagaimana cara melakukan copy-paste efek Layer Style ini yang sebenarnya juga sudah pernah saya tampilkan pada beberapa tutorial lainnya.

Tahap 1. Pilih layer yang sudah diterapkan efek Blending Options/Layer Style

Untuk langkah pertama, tentukan layer yang mana yang mau di-copy efek Blending Options-nya.

Jika anda belum memiliki layer yang memiliki efek menggunakan fitur tersebut, coba saja dibuat dulu sebagai bahan latihan.

Layer dengan efek Blending Options atau Layer Style

Tahap 2. Copy layer yang sudah memiliki efek yang dimaksud

Tahap selanjutnya adalah dengan meng-copy langsung efek Blending Options sebagai referensi untuk diterapkan pada layer lainnya.

Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada layer yang ingin di-copy efeknya kemudian pilih Copy Layer Style.

Mulai melakukan copy terhadap efek Blending Options

Tahap 3. Paste Layer Style yang baru saja di-copy di layer lainnya

Jika sudah, maka langkah ketiga adalah dengan menentukan akan di-paste ke layer mana efek Blending Options yang baru saja di-copy.

Jika sudah selesai menentukan layer tujuan, maka klik kanan layer tersebut dan pilih Paste Layer Style.

Cara paste efek Blending Options ke layer lain

Bisa juga dengan menekan Alt sambil memilih dan menyeret tulisan Effects dan memposisikannya pada layer tujuan.

Oh ya, jika ingin copy-paste layer style pada beberapa layer lainnya secara bersamaan tanpa harus melakukannya satu-satu, cukup lakukan seleksi (pilih) beberapa layer yang diinginkan lalu paste layer style-nya langsung.

Tutorial menarik: Cara Save Semua Tab Photoshop ke PSD Sekaligus

Pada tahap ini, teknik meng-copy dan menempelkan pengaturan efek pada layer sudah selesai dilakukan dan anda bisa langsung melihat hasilnya.

Bagaimana jika hanya ingin meng-copy salah satu efek saja?

Pada proses penggunaan cara diatas, terkadang kita berada pada kondisi dimana hanya terdapat salah satu efek Blending Options saja yang ingin di-copy.

Untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya, anda tetap bisa menggunakan cara diatas dan membuka kembali pengaturannya dan menghilangkan tanda centang pada fitur yang digunakan.

Selain itu, ada juga teknik untuk meng-copy salah satu efek saja yaitu dengan menekan tombol Alt sembari memilih efek yang diinginkan lalu diseret menuju layer tujuan.

Cara copy-paste salah satu efek Layer Style

Apa yang terjadi jika nilai persentase Fill pada panel layer diubah hingga 0 (nol)?

Pada situasi tertentu, anda bisa saja memutuskan untuk tidak menampilkan isi (konten) dari layer yang ada dengan mengurangi atau bahkan menurunkan nilai Fill layer menjadi 0%.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah; apa yang akan terjadi pada efek Blending Options atau Layer Style yang sudah ada? Apakah akan disembunyikan atau tidak ditampilkan juga?

Nah, hal menarik dari fitur tersebut adalah, meskipun nilai Fill menjadi 0 (tersembunyi/transparan), maka efek Blending options ini justru tidak terpengaruh sama sekali atau tetap tampil sebagaimana adanya.

Baca juga: Cara Membuat Efek Teks Emas di Photoshop

Jadi, anda tidak perlu khawatir akan tidak ditampilkan atau transparannya efek yang baru saja anda terapkan meskipun konten utamanya bersifat transparan.

Comments