Featured Post

6 Tips Cari Jasa Desain Grafis Murah dan Berkualitas

desainspot.com - Untuk mendapatkan jasa desain grafis murah bagi kebutuhan bisnis dan sebagainya, kita tahu bahwa di internet ada begitu banyak penawaran yang bisa kita temukan.

Baik dengan melakukan pencarian sendiri di mesin pencari seperti Google hingga informasi layanan yang seringkali kita temukan di media sosial maupun di situs forum dan marketplace.

Namun sayangnya, baik harga yang murah dan mahal, tidak menjadi jaminan seberapa berkualitas hasil desain akhir yang akan didapatkan.

Oleh karena itu, saya akan coba memandu anda untuk menemukan jasa desain grafis yang tidak hanya murah (terjangkau) namun juga berkualitas terutama jika hasilnya akan digunakan untuk hal yang berhubungan dengan bisnis anda.

6 cara menemukan jasa desai grafis murah dan juga berkualitas secara online

Untuk menemukan jasa desain yang anda butuhkan, dalam artikel ini saya batasi cara pencariannya yaitu melalui internet atau secara online saja.

Cara cari jasa desain grafis murah dan berkualitas

Hal ini dimaksudkan untuk efisiensi dalam menggunakan waktu berharga anda dan juga mengatasi jika daerah tempat anda tinggal saat ini sulit untuk menemukan desainer grafis.

1. Tentukan apakah hasil akhir desain akan dicetak atau tidak

Untuk contoh kasus yang pertama ini, kita bisa mengambil inspirasi dari desain brosur makanan atau katalog mobil dan sebagainya yang kebanyakan pasti akan dicetak.

Jasa desain grafis gratis jika mencetak desain di tempat yang sama

Artinya, jika anda menghendaki untuk mencetak desain brosur menu dari restoran atau rumah makan anda, maka anda bahkan berkesempatan untuk mendapatkan layanan pembuatan desain yang gratis.

Dan tentu syarat utamanya adalah anda akan mencetak hasil desain tersebut di tempat yang sama.

Di internet, banyak saya temukan layanan cetak online seperti ini yang benar-benar memberikan layanan gratis desain dengan syarat diatas.

Sama halnya juga dengan pengalaman saya sebelumnya yaitu untuk menghasilkan uang dari desain dan cetak undangan pernikahan.

Waktu itu, kalau cetaknya di saya, maka desain undangan pernikahannya pun saya gratiskan sebagai bentuk pelayanan ke konsumen.

Oleh karena itu, rencanakan terlebih dahulu apakah hasil desainnya akan dicetak atau sekedar untuk diupload di situs bisnis anda seperti desain sebuah katalog produk dan lain sebagainya.

2. Temukan desainer grafis di situs resminya, bergabung di marketplace online atau kunjungi situs freelancer desain terpercaya

Cara menemukan desainer grafis terbaik di marketplace atau situs freelancer

Hingga saat ini, semakin banyak desainer grafis atau industri berkaitan yang menawarkan layanan di situs resminya masing-masing atau dengan membangun blog desain grafis sendiri terutama bagi freelancer.

Dan, marketplace seperti BukaLapak, TokoPedia dan lainnya pun sudah memungkinkan kita untuk menemukan jasa desain dengan harga yang murah.

Khusus marketplace, banyak penawaran menarik yang terjangkau dan juga adanya penawaran bonus yang menguntungkan pembeli.

Belum lagi ada program Flash Sale tiap marketplace dimana banyak pemilik jasa yang menawarkan layanan desainnya dengan harga yang lebih terjangkau lagi.

Selain itu, situs freelancer desain grafis juga pantang anda lewati. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:
  • Sribulancer
  • Projects.co.id
  • Sribu
  • Gobann
Dan masih banyak lagi.

Di website freelancer diatas, pencari jasa desain bahkan bisa melihat rating masing-masing desainer dan juga projek apa saja yang sudah pernah dikerjakan untuk menilai sejauh mana kualitas desain yang bisa kita prediksi.

Baik situs resmi atau blog pribadi desainer grafis, marketplace maupun situs freelancer, beberapa jenis situs tersebut bisa juga sebagai langkah aman untuk menghindari penipuan sehingga transaksi anda akan lebih aman.

3. Jangan terlalu tergiur dengan harga murah

Murah dalam hal biaya itu memang relatif.

Bagi seorang pebisnis profesional, harga jasa desain sejumlah 500ribu terkadang masih kemurahan. Disisi lain, banyak juga yang saya yakin tertarik untuk mencari harga jasa 50ribu saja.

Menariknya, kedua perbandingan harga tersebut tidak bisa menjadi jaminan akan kualitas desain yang diharapkan.

Desain terbaik, ada harga ada kualitas

Karena itu, jangan hanya melihat dari segi harganya saja.

Pada poin kedua diatas, situs-situs yang anda kunjungi tersebut bisa menjadi pedoman bagi anda untuk melihat profil desainer beserta untuk instansi atau bisnis apa saja mereka pernah bekerjasama.

Itulah pentingnya rating dan juga testimoni dari pelanggan sebelumnya. Dan anda bisa dengan mudah mengetahui kedua hal tersebut di masing-masing website yang dikunjungi.

4. Ketahui lebih jauh mengenai layanan apa saja yang ditawarkan dalam jasa desain tersebut

Kalau kita sederhanakan, hasil akhir desain itu ya pasti berupa gambar dalam berbagai format. Bisa JPEG, PSD, dan lain sebagainya.

Apa saja layanan desain grafis yang ditawarkan pemilik jasa?

Oleh karena itu, ketahui juga bahwa harga jasa desainnya itu mencakup apa saja. Kalau hanya mendesain saja dan mengirimkan filenya, menurut saya masih kurang karena ada beberapa hal yang harus anda ketahui.

Beberapa hal tersebut sangat penting yang mencakup:
  1. Berapa lama maksimal pengerjaan desain?
  2. Format file apa saja yang akan anda dapatkan?
  3. Berapa kali menerima revisi untuk perbaikan?
Beberapa lagi masih ada yang perlu dipikirkan. Namun kali ini, 3 hal diatas sudah cukup sebenarnya.

Maksud saya begini.

Kalau anda memesan desain dan hanya dikirimkan file JPEG-nya saja, maka suatu saat ketika anda ingin mengeditnya akan sangat merepotkan karena tidak memiliki file PSD untuk Photoshop atau CDR untuk CorelDraw.
Kedua format tersebut baik PSD maupun CDR adalah file raw (mentah) dimana memungkinkan kita untuk mengedit beberapa bagian bahkan semuanya sesuai dengan kebutuhan.

Kalau cuma JPEG saja, maka pengeditannya harus dilakukan dari awal lagi dan itu akan menguras waktu karena bisa jadi anda tidak tahu sama sekali dalam menggunakan Photoshop dan program terkait.

5. Pilih 2 diantara 3 dari layanan desain grafis yang anda gunakan

Apa itu?

3 poin penting dalam bisnis yang menurut saya juga harus anda sampaikan ke desainer grafis adalah:
  1. Harga murah
  2. Kualitas baik
  3. Pengerjaan dan pengiriman cepat
Silahkan pilih 2 saja dari prioritas yang ada.

Bagaimana menentukan prioritas dalam desain grafis?

Kalau mau murah dan kualitasnya baik, anda harus rela menunggu karena ide untuk membuatnya butuh proses yang lebih lama.

Jika ingin cepat selesai dan harga murah, maka anda harus merelakan kualitasnya.

Jujur saja, semua hal butuh proses. Maka dari itu, sebagai klien anda jangan terlalu egois untuk menuntut banyak hal dari seorang desainer grafis.

Namun, ketika poin diatas juga bisa anda dapatkan dari 1 penyedia layanan. Biasanya ada penawaran desain yang murah, kualitas bagus dan juga cepat disebabkan karena penyedia memiliki tim yang banyak.

Tapi pertanyaannya, dengan cara apa anda tahu bahwa timnya memang benar-benar ada banyak?

Oleh karena itu, baik desainer grafisnya bekerja sendirian atau dalam tim, memilih dua saja dari pilihan diatas akan menjadi cara yang aman bagi anda dan penyedia layanan desainnya pun akan bekerja dengan baik untuk orderan desain yang anda lakukan.

Jangan rakus!

6. Dalam tahap revisi akhir, pastikan bahwa desain yang anda dapatkan bukan 100% hasil contekan dari desain yang sudah ada. Bagaimana caranya?

Cara ke-6 ini untuk memastikan bahwa desain akhir yang anda dapatkan memang benar-benar unik dan original dibanding yang lainnya.

Terutama untuk desain seperti logo, kartu nama dan lain sebagainya yang sudah pasti anda menginginkan tidak terlalu mirip dengan yang sudah ada, terutama pesaing bisnis.

Caranya ada 2 untuk mengetahuinya dan mudah kok untuk anda lakukan.

Pertama, gunakan fitur Google Images atau pencarian gambar. Yang perlu anda lakukan adalah memasukkan gambar langsung ke Google Images dan nanti akan ditelusuri secara otomatis untuk menghindari duplikat desain.

Yang kedua, gunakan situs Reverse Image. Sudah tahu apa itu?

Cara mengetahui perbedaan desain anda dengan yang sudah ada

Prosesnya sama dengan Google Images yaitu dengan upload gambar lalu situs dengan fitur Reverse Image tersebut juga akan bekerja secara otomatis untuk mencari gambar atau desain yang mirip dengan yang anda order.

Karena bisa jadi, desain akhir yang anda dapatkan terlalu mirip dari yang sudah ada. Namanya juga manusia, bisa saja desainer grafis yang satu memiliki ide yang sama dengan yang lain meskipun peluangnya sangat kecil.
Hal ini juga untuk menghindari desain yang anda dapatkan bukanlah murni hasil copy-paste dan edit sedikit saja yang dilakukan oleh penyedia layanan.

Dengan begitu, anda tidak hanya akan mendapatkan desain yang murah dan berkualitas, namun juga unik, asli, berbeda, dan menarik.

Semoga bermanfaat.

Comments