3 Cara Aktifkan Layer Mask Photoshop

Layer Mask di Photoshop adalah alat yang memiliki proses kerja yang dapat dibalik untuk menyembunyikan bagian (isi) layer yang akan dikerjakan. Untuk mengaktifkannya, ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan.

Namun sebelum itu, apa sih maksudnya proses yang dibalik tersebut?

Secara fungsi, kita ketahui bahwa layer adalah sebuah media (container) dari elemen grafis yang akan dimuat atau ditampilkan.

Sedangkan, mask secara bahasa artinya adalah topeng dimana alat tersebut berfungsi untuk menutupi/menyembunyikan objek dibaliknya.

Cara aktifan Layer Mask di Photoshop

Lalu, kembali pada pernyataan saya diatas mengenai "proses kerja yang dapat dibalik," Layer Mask kemudian berfungsi ganda dimana ketika diaktifkan, maka kehadiran utamanya digunakan untuk menyembunyikan elemen grafis (bagian tertentu yang dipilih) sehingga tidak terlihat, dan bisa dibalik yaitu dengan menampilkannya kembali.

Baca juga: Cara Gabung Foto di Photoshop

Hal ini juga akan menyebabkan kita (mungkin) akan berpikir bahwa bagian yang disembunyikan tersebut tak ubahnya layer yang transparan dan pendapat tersebut memang ada benarnya.

Berbeda dengan ketika kita menyeleksi objek lalu menggunakan tombol atau menu Delete. Kalau itu, jelas-jelas memang bermaksud untuk menghapus dan bukan untuk menyembunyikan.

Hal wajib yang harus dilakukan ketika mengaktifkan Layer Mask di Photoshop

Saat Layer Mask berhasil diaktifkan, ada 2 hal yang harus dilakukan agar penggunaannya maksimal dan juga tidak merepotkan.

Hal tersebut adalah dengan memastikan bahwa warna Foreground dan Background adalah Hitam dan Putih saja. Bukan warna lainnya.

Jika warna Foreground adalah Hitam dan kalian mulai menyapukan Brush pada foto, maka bagian dimana kuas tersebut diterapkan akan disembunyikan atau transparan sesuai pengaturan Brush yang ada.

Sedangkan jika warna Foreground-nya Putih dan kalian menyapukannya pada bagian yang disembunyikan tadi, maka bagian yang tadinya sudah disembunyikan akan ditampilkan kembali.

Cara merubah warna Foreground dan Background sebelum menggunakan Brush dan Layer Mask

Ingat apa kata saya diawal: "prosesnya bisa dibalik yaitu disembunyikan dan ditampilkan kembali," dan itu tanpa harus menggunakan Undo.

Lah terus kalau yang dipakai hanya warna Foreground saja, kenapa harus mengatur warna Background?

Jawaban menurut saya ya, biar gak repot!

Karena kadang kalau ada yang salah, kalian gak perlu lagi memilih warna secara manual.

Apalagi, perubahan warna Foreground dan Background di Photoshop itu memang secara khusus sudah disiapkan shortcut key-nya di keyboard oleh pihak Photoshop sendiri.

Cukup dengan menekan tombol huruf D, maka akan secara otomatis berubah menjadi Hitam-Putih. Kalau ingin dibalik menjadi Putih-Hitam, tinggal menekan huruf X saja.

Jadi gak harus make Color Picker (Pemilih warna).

Cara mengaktifkan Layer Mask

Sepanjang yang saya tahu, Layer Mask ini bisa diaktifkan pada semua jenis layer yang ada di Photoshop. Termasuk layer background yang terkunci.

Saya belum memeriksa semuanya sih. Tapi biasanya begitu.

Untuk mengaktifkannya, sebenarnya pada banyak tutorial yang saya bagikan sudah saya jelaskan dan tampilkan juga.

Namun jika masih bingung atau mungkin jika baru belajar, saya akan beritahu 3 cara yang biasanya saya gunakan.

Selain syarat warna diatas, syarat utama yang harus dilakukan juga adalah dengan memilih layer mana kalian akan mengaktifkan Layer Mask ini. Lalu ikuti metode dibawah ini.

1. Menggunakan menu Photoshop

Pilih Layer - Layer Mask - Reveal All.

Cara membuka Layer Mask dengan menu Photoshop

Kalau saya sih yang ini jarang digunakan karena prosesnya harus klik beberapa kali. Tapi tiap orang tentu beda-beda kebiasaan menggunakan sebuah tool pastinya.

2. Menggunakan panel Layer Adjustment

Lihat bagian terbawah susunan layer di Photoshop!

Disitu ada panel khusus yang berisi berbagai tool dan fitur termasuk juga Layer Mask. Kalau ini jujur saja adalah favorit saya.

Cara aktifkan Layer Mask melalui Layer Adjustment

Untuk mengaktifkan Layer Mask, tinggal klik saja.

3. Layer and Mask

Ini sebenarnya tool dasar namun penggunaannya bisa memberikan hasil yang juga profesional.

Kalau kedua cara diatas kita harus menggunakan Layer Mask secara manual, pada cara ketiga ini justru semi-otomatis untuk mendapatkan hasil seleksi pada objek yang halus banget.

Prosesnya pun beda. Pertama kita harus melakukan seleksi pada objek, lalu klik kanan dan memilih Layer and Mask.

Mengaktikan Layer Mask setelah seleksi objek dengan Select and Mask

Jika pengaturan yang dibutuhkan sudah selesai dilakukan, pastikan bahwa sebelum menekan Ok, kalian harus memilih Layer Mask terlebih dahulu pada bagian Output to.

Ada cara lainnya yang belum saya sebutkan?

Komentar

Baca juga: