Cara Gabung Foto di Photoshop (Hasil OK)

Cara untuk menggabungkan foto di Photoshop ini mungkin hanya butuh waktu 5 menit saja atau lebih sedikit. Cepat deh pokoknya.

Dan, dengan sangat percaya diri saya juga ingin mengatakan bahwa hasil akhirnya nanti bisa OK banget buat kalian yang mau belajar dengan teknik menyatukan gambar yang sangat mudah.

Untuk material fotonya pun sudah saya siapkan dan tinggal kalian download saja. Tapi, kalau memang hobi motret menggunakan kamera profesional maupun penikmat fotografi menggunakan kamera hp, silahkan gunakan juga foto karya sendiri sebagai bahan praktek.

Yang penting tahapan serta teknik untuk gabung fotonya bisa diketahui, yekan?

Untuk tutorial ini sendiri, saya menyatukan 2 foto dimana gambar yang saya gunakan beserta hasil akhirnya sudah saya satukan dan bisa dilihat dibawah ini.

Cara menggabung foto menggunakan Photoshop

Bagaimana?

Keren kan hasilnya mengingat waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaannya hanya beberapa menit saja? Kan? Kan?

Kalau ingin belajar dengan contoh gambar yang sama, berikut tautannya menuju situs download foto gratis favorit saya yaitu Pixabay:
Foto hasil akhir yang saya tampilkan diatas tentu ada kekurangannya.

Apalagi pada bagian seleksi objek anak kecil yang memang saya sengaja tidak terlalu detail. Apalagi gak pakai mouse sama sekali.

Tapi meskipun demikian, saya kira hasilnya tetap ok-ok saja kan?

Teknik menggabung foto dengan Photoshop

Teknik yang saya gunakan untuk penggabungan kedua gambar ini adalah kombinasi antara pemakaian salah satu alat seleksi dasar saja yaitu Quick Selection Tool untuk memilih objek utama dan "memperhalus" seleksinya menggunakan Select and Mask.

Lalu pada tahap akhir, saya kemudian memberikan efek warna untuk mendapatkan kesan bahwa antara foto yang satu dan yang lainnya menyatu dengan baik sehingga terlihat lebih realistis tanpa merubah tone warna secara drastis.

Oh ya, panduan ini bisa menggunakan Photoshop CS6, 5 juga kayaknya, PS 2018 dan versi terbaru.

Kita langsung saja pada proses atau tahapan-tahapannya ya. Yuk disimak dengan baik dan jangan ada yang kalian lewatkan sedikitpun.

1. Memuat semua foto di Photoshop dalam 1 dokumen yang sama

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka 2 foto yang akan disatukan di Photoshop dan semuanya harus berada dalam 1 dokumen yang sama.

Terkhusus bagi yang baru mulai belajar, silahkan baca panduan yang sudah saya publikasikan sebelumnya tentang cara menambah foto ke dokumen Photoshop.

Cara paling termudah adalah dengan drag and drop dimana urutan prosesnya adalah dengan membuka gambar latar terlebih dahulu lalu masukkan foto utama (anak kecil) supaya susunan layernya juga sesuai.

Susunan gambar dan layer foto yang akan disatukan

Kalau sudah terlanjur membuka 2 foto yang ditampilkan dalam 2 dokumen, maka bisa dengan menggunakan cara memindahkan gambar antara dokumen Photoshop.

Jangan lupa juga untuk menemukan ukuran gambar utama yang sesuai dan tepat dengan keinginan kalian saat melakukan transformasi atau merubah ukuran foto tersebut.

2. Menyeleksi objek utama menggunakan Quick Selection Tool dan Select and Mask

Selanjutnya adalah dengan mulai melakukan langkah seleksi pada objek utama yaitu si anak kecil dan saya hanya bermodalkan Quick Selection Tool (W).

Penggunaan tool tersebut dikarenakan hampir setiap sudut dan sisi objek sudah rapi banget sehingga belum membutuhkan alat seleksi yang lebih detail.

Ini juga yang menyebabkan kenapa saya menggunakan foto anak kecil tersebut sebagai bahan latihan kalian agarlebih mudah diikuti tahapan-tahapannya.

Apalagi, bagian menyeleksi objek itu biasanya sering memusingkan para pemula. Benar gak?

Setelah gambar diseleksi, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan klik kanan lalu memilih Select and Mask.

Cara melakukan seleksi foto yang akan digabung

Bagian dalam hasil seleksi adalah yang kalian butuhkan dari objek utama untuk ditampilkan. Sedangkan, bagian luarnya akan disembunyikan atau ditutupi (mask) karena tidak akan dibutuhkan dalam panduan ini.

Kalau mau dihapus juga boleh asalkan hasil seleksinya sudah sesuai dengan detail yang diharapkan.

Saat Select and Mask dipilih, maka pengaturan property yang saya terapkan adalah sebagai berikut.

Seleksi objek dengan menerapkan Select and Mask

Penting untuk diingat adalah ketika seleksi objek sudah sangat rapi, penggunaan Select and Mask ini sangat saya rekomendasikan karena output atau hasil akhir dari prosesnya membuat seleksi semakin rapi lagi dan juga secara otomatis mengaktifkan Layer Mask pada layer gambar yang diseleksi sebelumnya.

Sebelum klik OK, kalian bisa membuka Output Settings seperti gambar diatas. Pada bagian Output to, pilih saja Layer Mask. Nanti akan aktif sendiri.

Ini hasil seleksi serta Layer Mask yang sudah aktif yang saya peroleh.

Seleksi objek yang rapi dengan Select and Mask Photoshop

Ingat ya, kalau hanya menggunakan Layer Mask saja kelamaan bos karena harus klak-klik sana-sini pada bagian objek utama yang mau disembunyikan. Bikin repot saja.

Silahkan deh tes-tes pengaturan Select and Mask diatas untuk melihat kemampuan fitur tersebut. Bisa jadi pengaturan yang saya terapkan berbeda dengan yang kalian butuhkan.

Lanjut!

3. Menambah efek bayangan pada foto yang digabung

Pada gambar hasil seleksi diatas terutama bagian bawah objek utama, tampak bahwa penyatuan gambar belum tampak terlalu bagus jika disandingkan dengan foto latar belakangnya dan malah kayak orang lagi ngambang.

Apalagi saya sejak awal sebenarnya mau membuat efek foto dimana anak kecil tersebut seolah menyatu dan dalam posisi duduk diatas bukit.

Dan sebagai pengingat, manusia itu juga adalah makhluk 3D (3-Dimensi) dimana kehadiran sebuah bayangan itu adalah salah satu bukti eksistensi (keberadaan) manusia itu sendiri.

Kalau ada bayangan tapi gak ada objeknya kan malah jadi horor.

Oleh karena itu, kalian harus menambahkan efek bayangan pada bagian foto yang saya maksud.

Saya sendiri melakukannya dengan membuat layer baru (transparan) diatas layer Background lalu menggunakan Brush berbentuk bulat untuk menambahkan efek tersebut.

Warna bayangannya tetap hitam ya. Dan pada pengaturan brush-nya, Hardness: 0% agar warnanya transparan dan juga bergradasi (tidak solid/pekat).

Membuat bayangan dengan brush dan susunan layernya di Photoshop

Secara umum, penambahan bayangan ini kadang juga tidak diperlukan terutama pada objek foto yang tidak tampak semuanya.

Beda dengan foto anak diatas dimana tampak full-body dan posisinya mendukung sehingga wajib dibuat bayangannya. Paham lah, ya?

4. Akhir: efek perpaduan warna pada seluruh bidang foto

Nah, sekarang tahap akhir untuk menggabungkan foto di Photoshop yaitu membuat perpaduan warna pada gambar secara seimbang.

Minimal, biar lebih enak dilihat dan menghindari kesan bahwa gambar tampak seperti "ditempel" sembarangan gitu.

Untuk tujuan tersebut, hal pertama pada langkah ini adalah dengan menggunakan efek warna Color Lookup pada New Adjustment Layer dengan pilihan warna FallColors.look yang merupakan bawaan dari Photoshop.

Cara merubah warna dengan Color Lookup

Ini opsional sebenarnya karena cara merubah warna foto di Photoshop itu banyak sekali. Kalau diibaratkan aplikasi edit foto, Color Lookup ini fungsinya gak jauh beda sama filter foto itu sendiri.

Tinggal pakai saja. Pada efek ini, tidak ada tambahan pengaturan lain. Cukup dengan memilih FallColors saja.

Setelah itu, tambahkan Adjustment Layer baru yaitu Levels dimana kalian hanya perlu memilih opsi Auto saja sebagai penyeimbang warna dan supaya warna objeknya tidak terlalu orange atau kemerahan..

Penggunaan Auto-Levels untuk perpaduan warna foto

Jika pengaturan diatas sudah dilakukan, maka cara gabung atau menyatukan foto di Photoshop ini pun sampai disini saja.

Silahkan berkreasi dan kembangkan sendiri baik dengan me-modifikasi tahapan diatas ataupun misalnya dengan menambahkan efek blur pada gambar latar belakang yang digunakan untuk hasil yang lebih maksimal lagi.

Bisa juga dengan berlatih menggunakan jumlah foto yang lebih dari 2 dan seterusnya. Kalau ada pertanyaan, jangan sungkan-sungkan ya. Dan tolong bantu saya membagikan tutorial ini di media sosial kalian ya.

Tetap semangat!

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?