Memutihkan Gigi di Photoshop (2 Layer Saja)

Cara memutihkan gigi di Photoshop ini hanya memerlukan 2 layer saja yaitu layer untuk Background (foto asli) dan juga Hue/Saturation sebagai alat untuk merubah warna gigi yang akan di-edit.

Dengan begitu, hampir bisa dipastikan bahwa prosesnya akan sangat cepat dan juga mudah untuk dilakukan oleh pemula sekalipun.

Selain itu, proses awalnya pun hanya menggunakan alat seleksi yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Cara memutihkan gigi di Photoshop

Untuk melihat bagaimana tampilan foto awal (asli) serta hasil yang saya dapatkan, perhatikan gambar yang saya sertakan berikut ini.

Cara memutihkan gigi dengan Photoshop

Mengenai hasil diatas, saya tidak melakukan tahapan untuk membuat gigi objek terlalu cerah kayak di iklan-iklan.

Cukup dengan melakukan rekayasa foto dengan memutihkan giginya dan terlihat tetap realistis dan tidak berlebihan.

Setidaknya itu menurut saya dari hasil yang saya tampilkan. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut, ikuti tahapan prosesnya dibawah ini.

1. Lakukan seleksi pada bagian gigi yang akan dibuat lebih putih

Alat seleksi yang saya gunakan adalah Polygonal Lasso Tool. Tapi kalau mau menggunakan yang lain juga, boleh-boleh saja.

Yang mana saja yang membuat kalian nyaman dan mudah digunakan.

Mengenai area (bagian) yang saya seleksi, saya tidak hanya fokus pada bagian gigi saja namun juga sedikit dilebihkan hingga mengenai bibir.

Menyeleksi area gigi di Photoshop

Kalau hanya menyeleksi gigi saja, nanti repot sendiri karena struktur gigi biasanya tidak rata dan juga akan memakan waktu yang lama.

Karena itu, saya membuat seleksi pada bagian lainnya juga yaitu bibir. Toh tidak masalah.

2. Pilih Yellow pada Hue/Saturation

Berikutnya adalah dengan membuka Hue/Saturation yang langsung mengaktifkan Layer Mask secara otomatis.

Layer Hue/Saturation yang secara otomatis aktif Layer Mask-nya

Kemudian, pada pengaturan Hue/Saturation tersebut, ganti warna Master menjadi Yellow (kuning).

Disnilah warna gigi tersebut akan diubah menjadi lebih putih dari sebelumnya. Dan tampak digambar bahwa area gigi memang didominasi oleh warna kuning atau warna yang mirip coklat serta orange.

Jika sudah memilih warna kuning, ubah pengaturan Hue/Saturation dimana yang saya ubah adalah Saturation: -100 (terendah) dan Lightness: +100 (tertinggi, terbesar).

memutihkan gigi di Photoshop dengan Hue/Saturation

Jika pada foto yang kalian gunakan tidak hanya ada warna kuning pada gigi namun juga warna merah misalnya, silahkan untuk tidak hanya melakukan perubahan pada warna Yellow seperti diatas. Tetapi juga memilih Red dan terapkan pengaturan yang sesuai.

Sebagai tambahan, jika saat memutihkan gigi seperti diatas membuat area bibir dan lainnya berubah warna dan terlihat aneh serta tidak realistis, gunakan Brush pada layer Hue/Saturation karena sudah aktif (terdapat) Layer Mask disana untuk menyembunyikan bagian tersebut.

Panduan memutihan gigi ini tidak jauh berbeda dengan cara mengubah warna mata di Photoshop sebelumnya. Prosesnya mirip banget bahkan pada tutorial tersebut saya juga menggunakan kombinasi Brush dan Layer Mask.

Karena pada dasarnya, satu teknik pengeditan foto itu bisa diterapkan pada beragam jenis foto yang lainnya.

Demikian tutorial cara memutihkan gigi di Photoshop ini saya akhiri. Semoga panduannya berguna buat kalian dan yang lainnya.

Komentar

Baca juga: