Program & Cara Rekam Layar Jadi GIF

Membuat konten tutorial seperti yang disajikan blog ini tentu butuh gambar/foto untuk membantu pembaca  mempelajari sesuatu.

Namun, gambar yang diam (statis) terkadang tidak cukup sedangkan jika harus dalam bentuk video, prosesnya terlalu lama untuk laptop yang gak canggih-canggih amat seperti yang saya miliki. Oleh karena itu, gambar bergerak (GIF) dengan format .gif adalah salah satu jalan tengah terbaik.

Dengan gambar GIF, semakin mudah membuat panduan yang bisa membantu proses pembelajaran untuk dipahami dengan baik dan juga menjadikan konten lebih menarik untuk dibaca.

Dan saya akan menginformasikan kepada kalian mengenai program apa yang saya gunakan serta cara melakukan perekaman layar menjadi GIF dan bukan video.

Di blog ini sendiri, ada salah 1 tutorial Photoshop yang saya publikasikan dengan merekam layar yang hasilnya saya simpan menjadi GIF yaitu pada cara memindahkan gambar (layer) antar-dokumen Photoshop.

Ini salah satu contoh hasilnya.

Program dan cara rekam layar jadi GIF

Aslinya, contoh GIF diatas itu memiliki kualitas yang tinggi.

Namun, sengaja saya kompres dan ubah ukuran gambarnya secara online agar kapasitasnya semakin kecil. Tapi, hasilnya masih tetap terlihat jelas, kan?

Jika tertarik mengenai hal itu, nanti saya buatkan panduannya secara terpisah, ya.

Software gratis yang saya gunakan untuk merekam layar (screenshot) menjadi GIF

Btw, saya menggunkan Windows 10 sebagaimana sistem operasi laptop saya sejak pertama kali beli.

Kalau kalian memakai MacBook, coba saja dulu unduh file portable program yang akan saya informasikan untuk memakainya langsung tanpa harus melewati proses instalasi. Lalu tes apakah mendukung dengan sistem operasi yang kalian gunakan.

Saya sendiri belum tahu secara pasti mengenai hal ini karena informasi di situsnya memang sangat sedikit.

Jadi nama programnya itu adalah ScreenToGif dimana program ini bersifat gratis dan juga open-source serta gak ada iklannya.

Program untuk rekam layar monitor jadi GIF dan video

Jadi bisa kalian gunakan sebebas-bebasnya.

Dan tidak hanya untuk merekam layar yang hasilnya disimpan dalam bentuk file GIF saja, namun dalam bentuk video juga bisa.

Terkait aktivitas merekam layar monitor laptop saya menjadi video maupun GIF ini, ada cerita yang membuat saya kerepotan dalam waktu yang cukup lama.

Kalau cari-cari informasi online kan, banyak tuh yang merekomendasikan untuk screenshot video atau juga gambar bergerak menggunakan media player seperti VideoLAN (VLC) dan juga GOM Player.

Bahkan, panduannya dalam bentuk video di YouTube juga banyak banget dari yang berbahasa Indonesia hingga bahasa bule.

Baca juga: Animasi Teks Bergerak di Photoshop

Setelah saya ikuti, eh, hasilnya sangat tidak bagus dan kadang prosesnya tidak berhasil. Intinya gak guna banget menggunakan kedua playar-pleyer tersebut.

Cukup buat nonton video saja lah dan bukan untuk ngerekam. Karena kualitasnya juga berkurang dan hasilnya tidak seperti yang mata saya lihat pada layar laptop (PC).

Dan akhirnya, pencarian saya pun terhenti pada ScreenToGif ini. Alhamdulillah.

Apalagi ukuran file untuk di-download itu ada yang hanya 1 MB-an dan juga 3 MB lebih dikit karena ada 2 versi yaitu portable dan juga versi khusus instalasi.

Cara merekam layar laptop (PC) menjadi GIF dengan ScreenToGif

Nah, sekarang saatnya mengetahui bagaimana cara menggunakan ScreenToGif untuk merekam layar monitor kalian.

Dan yang akan saya contohkan adalah khusus untuk menyimpan hasil screenshot layar dalam format .gif saja seperti judul tulisan ini.

1. Mengatur folder penyimpanan frame gambar

Jika filenya sudah berhasil di-instal dan dibuka, kita lakukan dulu perubahan sedikit pada pengaturan programnya.

Dan untuk tahap ini, tidak ada yang saya ubah selain pada pengaturan lokasi penyimpanan semua frame gambar yang akan direkam pada layar monitor.

Caranya adalah dengan memilih Options lalu pilih Storage dan pada bagian kanan tentukan Path (Cache) lalu tentukan mau disimpan di folder mana.

Lokasi penyimpanan frame gambar monitor yang direkam
.
Pada lokasi folder diatas, program ini akan membuat folder baru secara otomatis dimana nama foldernya adalah ScreenToGif juga.

2. Mulai merekam layar monitor dengan ScreenToGif

Langkah selanjutnya adalah mulai melakukan seleksi pada bagian monitor mana saja yang akan direkam. Apakah seluruh layar atau bagian tertentu saja yang bisa kalian tentukan sendiri.

Untuk itu, kenali beberapa fitur ScreenToGif berikut ini.

Mengenal fitur perekaman video dan gif di ScreenToGif

Setelah pemilihan area monitor yang akan direkam sudah dilakukan, maka proses screenshot gambar GIF pun sudah bisa dimulai.

Memilih bagian monitor mana saja yang akan direkam dengan ScreenToGif

3. Jeda (Pause) proses perekaman layar

Saat kalian sudah mulai melakukan proses perekaman ini, mungkin saja ada tahapan yang tidak ingin kalian tampilkan atau anggaplah ingin ke kamar mandi dulu sebentar.

Untuk menghentikan sementara, jeda (pause) prosesnya, fitur yang tersedia juga ada kok.

Menghentikan sementara proses penagkapan layar monitor

Setelah kembali dari aktivitas sebelumnya, maka kalian pun bisa melanjutkan kembali proses penangkapan layar monitor ini.

Jika sudah selesai hingga akhir, maka pas disamping tombol Pause diatas, kalian bisa memilih tombol Stop untuk mengakhiri semua proses perekaman layar monitornya.

Dan sesaat setelah itu, akan ditampilkan secara otomatis mengenai aplikasi Editor gambar yang telah berhasil dijalankan.

Tampilan Editor ScreenToGif

4. Evaluasi hasil rekam layar monitor (Preview & Editing)

Proses berikutnya adalah dengan melakukan evaluasi melalui dua tahapan yaitu pra-tinjau (preview) hasil akhir serta melanjutkannya dengan proses editing jika memang diperlukan.

Untuk memutar hasil gambar GIF, pilih menu Playback - Play.

Cara play gambar GIF yang baru saja direkam

Jika memang ada frame yang memerlukan proses penyuntingan lebih lanjut misalnya ada belasan atau puluhan frame yang harus dihapus, seleksi saja frame tersebut lalu tekan Delete pada keyboard untuk menghilangkannya.

Cara menghapus frame pada gambar GIF

Proses penghapusan frame seperti pada contoh diatas bisa disebabkan oleh aktivitas monitor yang terganggu (loading aplikasi yang direkam terlalu lama dan lainnya), ingin membuat transisi antar-frame memiliki speed yang sama dan seterusnya.

Kalau memang tidak ingin melakukan proses editing ini juga tidak apa-apa. Yang penting hasilnya sudah sesuai harapan ketika di-play.

5. Menyimpan hasil akhir perekaman layar menjadi GIF

Sampailah kita pada tahap akhir cara merekam tangkapan layar monitor menjadi gambar GIF ini yaitu bagaimana cara menyimpan filenya.

Dan untuk memulai proses menyimpan gambar GIF ini, cukup buka menu File - Save As kemudian perhatikan pengaturan lainnya sebagaimana berikut ini.

Cara menyimpan hasil rekaman layar monitor menjadi GIF

Jika diperhatikan sejak proses pertama penggunaan ScreenToGif ini sampai terakhir, maka bisa dilihat bahwa saya memiliki 2 folder penyimpanan gambar di laptop yaitu:
  1. Folder Pertama: C:\Users\user\Pictures untuk menyimpan frame gambar pada folder yang dibuat otomatis oleh ScreenToGif.
  2. Folder Kedua: C:\Users\user\Pictures\Foto untuk menyimpan gambar GIF (hasil akhir) sesuai lokasi folder yang saya inginkan.
Selain itu, tampak juga pada gambar diatas bahwa selain format file GIF, ScreenToGif juga mendukung format file lainnya seperti video dan bahkan PSD Photoshop. Silahkan dieksplorasi lebih jauh.

Demikian program yang saya gunakan di Windows 10 untuk merekam layar monitor menjadi GIF serta bagaimana cara melakukannya. Semoga kalian bisa menggunakannya dengan baik terutama dalam membuat materi atau bahan pelajaran yang bisa membantu orang lain untuk mengasah pengetahuan atau skill secara online.

Komentar

Baca juga:

Ada Berapa Ukuran Standar Foto Polaroid?