Cara Undo Sampai 1.000x di Photoshop

Ketika akan membatalkan proses pengeditan menggunakan Photoshop dan ingin kembali ke proses sebelumnya, Photoshop menghadirkan fitur yang bernama Undo.

Cara menggunakannya sangat mudah jika menggunakan keyboard karena proses tersebut biasanya dimulai dengan hanya menekan Ctrl + Z saja.

Namun, cara diatas hanya akan membantu untuk kembali pada 1 tahap proses sebelumnya saja. Bagaimana jika kalian mau kembali pada 5, 20 dan seterusnya hingga bahkan sampai 1.000 tahap sebelumnya?

Cara menggunakan Undo berkali-kali

Jika kalian ingin melakukan Undo berkali-kali, mau puluhan, ratusan hingga 1.000 kali pun, maka caranya adalah dengan menekan shortcut Alt + Ctrl + Z berkali-kali sesuai jumlah tahapan sebelumnya yang ingin dikembalikan.

Jadi misalnya ingin kembali pada pengeditan 5 tahap sebelumnya, maka kalian harus menekan pintasan tersebut sebanyak 5x juga dan seterusnya.

Dan ada juga cara untuk melakukan sebaliknya yaitu mengembalikan ke tahapan setelahnya (bukan sebelumnya) yaitu dengan menekan Shift + Ctrl + Z.

Jadi, kebalikan dari Undo itu adalah Redo.

Cara menggunakan Undo berkali-kali di Photoshop

Kalau ingin mengaksesnya menggunakan menu di Photoshop, buka saja menu  Edit dan kalian akan bisa menemukannya disana.

Lalu, gimana cara membuat jumlah Undo tambah banyak hingga 1.000x?

Kayaknya membuat Undo hingga ribuan kali itu terdengar gak guna banget. Siapa juga yang mau pakai fiturnya sebanyak itu?

Tapi mau bagaimana lagi, Photoshop memang memungkinakan untuk melakukan hal tersebut sebab itulah jumlah maksimum yang disediakan.

Menggunakan batas maksimum sampai 1.000x itu selain mungkin gak akan pernah digunaan sebanyak itu, juga beresiko memperberat kinerja Photoshop.

Baca juga: Tips Pilih Layer Otomatis di Photoshop

Akan tetapi, itu juga berarti bahwa kalian bisa menaikkan atau mengurangi jumlah batasan Undo sebagaimana pengaturan bawaan (default).

Jadi kalau misalnya Photoshop yang kalian gunakan saat ini jumlah undo-nya hanya bisa sampai 20 kali dan itu tidak cukup, maka bisa ditambah atau dinaikkan menjadi 30 atau 40 dan sebagainya.

Cara mengubah batas jumlah Undo ini diatur pada bagian History State dalam preferensi Photoshop itu sendiri.

Untuk mengubahnya, pilih menu Edit - Preference - Performance.

Mengakses History State (Undo) untuk diubah

Jika sudah, cari opsi History States dan ubah jumlah atau nilainya dengan menggulir opsinya ke kanan atau kiri sesuai tujuan kalian apakah akan mengurangi atau menambah jumlah history (riwayat Undo) yang dibutuhkan.

Menambah atau mengurangi jumlah Undo di Photoshop

Kalau saya, jumlah riwayat tersebut biasanya berkisar antara 20 - 40 saja dan itu sudah lebih dari cukup.

Jika pengaturannya sudah disimpan, maka setingan terbaru itulah yang akan digunakan Photoshop saat bekerja selanjutnya.

Jika sudah tahu cara melakukan Undo berkali-kali dan juga mengubah jumlahnya di Photoshop, kalian juga bisa mengeceknya secara langsung pada menu Window - History.

Pada panel yang muncul, fitur tersebut juga bisa bermanfaat untuk menyimpan riwayat pekerjaan yang dilakukan hingga bisa untuk mengembalikan proses penyuntingan ke tahap paling awal. Selain itu, bisa juga dengan memilih langsung riwayat pengeditan pada tahap tertentu jika melakukan Undo menggunakan keyboard tidak ingin kalian lakukan.

Komentar

Baca juga: