Tutorial Efek Foto Duotone UNIK di Photoshop

Efek foto Duotone biasanya menampilkan maksimal 2 warna pada objek utama gambar yang dibuat. Kadang juga bisa sampai 3 jika ingin membuat warna latar foto yang berbeda. Mau tahu bagaimana cara membuatnya supaya lebih unik di Photoshop dengan cara yang mungkin tidak kalian sadari sebelumnya?

Keunikan yang saya maksudkan tidak hanya terletak pada proses awal penyuntingan gambarnya, namun juga membuat foto objek utama bertekstur sehingga tampil beda dari yang aslinya.

Berikut gambar foto asli dan beberapa efek duotone yang saya hasilkan.

Panduan cara membuat efek foto duotone di Photoshop

Sebagai saran awal, baiknya foto yang kalian gunakan adalah foto yang gambar latarnya tidak mengandung unsur objek lain yang "ramai."

Misalnya foto selfie yang belakangnya adalah dinding dengan warna putih saja atau yang tidak memiliki beragam warna yang menonjol untuk hasil yang lebih maksimal.

Tujuannya adalah agar hasil akhirnya hanya fokus pada objek utama saja dan mengantisipasi kombinasi warna yang tidak sesuai.

Tertarik pastinya donk dengan perbandingan foto diatas?! Untuk membuatnya, langsung saja ikuti tutorial dibawah ini.

1. Membuka foto di Photoshop dan langsung menyimpannya

Lah, kok?!

Baru mau dibuka fotonya malah langsung main suruh nyimpen aja?! Terus, efek foto duotone-nya bagaimana?

Nah, disinilah keunikan proses yang akan saya sampaikan.

Yaitu membuat perubahan warna menjadi 2 warna saja sekaligus menciptakan tekstur pada foto yang akan diedit.

Jadi proses pengeditannya yang pertama yaitu pada proses penyimpanan yang akan dilakukan.

Setelah foto berhasil dibuka, langsung tekan Alt+Shift+Ctrl+S pada keyboard atau akses menggunakan menu File - Export - Save for Web (Legacy).

Cara menyimpan foto di Photoshop untuk digunakan di web

Kalau kalian memiliki blog atau web, salah satu cara menyimpan foto yang diedit di Photoshop adalah menggunakan cara ini.

Namun untuk keperluan lain juga tetap bisa. Dan saat pengaturannya sudah terbuka, terapkan contoh pengaturan seperti berikut ini.

Cara menyimpan gambar ke format PNG-8

Format gambar yang saya pilih adalah PNG-8, namun bisa juga kalau memilih PNG-24. Hasilnya tampak sama biasanya.

Yang akan membedakan nanti adalah pada Color reduction algorithm (algoritma pengurangan warna), penentuan efek Dither yang akan menjadi efek tekstur pada foto dan juga nilai Colors (tabel warna).

Pada tabel warna ini, biasanya pemilihan warna menjadi 2 sangat saya rekomendasikan sebagai nilai minimumnya yang akan membuat gambar memiliki hanya 2 warna saja (duotone).

Silahkan tes-tes saja pengaturan lainnya dan perhatikan pratinjau gambar yang dihasilkan. Jika sudah, langsung tekan Save saja untuk mulai menyimpannya.

Tips tambahan:
"Jika kalian punya foto lama hasil kamera hp yang waktu itu masih belum beresolusi tinggi seperti saat ini, coba saja ubah dengan efek foto ini karena hasilnya akan cukup unik meskipun gambarnya berkualitas rendah."
Gitu loh cara ngakalinnya!

2. Membuka foto duotone yang baru saja disimpan

Pada tahap pertama, efek foto duotone sudah kita dapatkan sekaligus dengan tekstur yang diinginkan.

Selanjutnya, tinggal buka kembali hasil foto yang baru saja disimpan tersebut. Dan, jika layer gambarnya bertuliskan Index, ubah menjadi layer Background seperti biasa dengan memilih Image - Mode - RGB Color.

Cara membuat layer Indexed Color menjadi RGB Color

Hal ini dikarenakan gambar tersebut dalam mode Indexed Color dan harus diubah menjadi RGB agar fitur dan tool pada Photoshop aktif.

Jika layernya masih Index, banyak fitur yang tidak bisa digunakan yang mungkin dibutuhkan untuk tahap berikutnya.

3. Merubah warna foto Duotone

Pada tahap 1, efek foto duotone sudah didapatkan. Namun, bisa saja warnanya tidak seperti yang diharapkan.

Karena itu harus diubah dan pada langkah ini, saya hanya membuat layer transparan baru saja dan mengisinya dengan warna yang saya inginkan. Kemudian dikombinasikan dengan penggunaan Blend Mode pada layer dengan memilih Multiply.

Merubah warna foto duotone

Kalau mau, coba juga gunakan warna gradasi (gradient) untuk melihat hasil yang berbeda pada pewarnaan foto.

4. Menyimpan gambar hasil akhir

Jika pemilihan warna pada tahap 3 sudah selesai, maka tidak perlu ada lagi yang dilakukan selain melaksanakan proses penyimpanan gambar untuk kedua kalinya dan ini adalah tahap akhir pada panduan ini.

Proses penyimpanan foto ke format JPEG di Photoshop

Proses menyimpan foto di Photoshop yang terakhir ini juga masih sama dengan tahap 1 diatas yaitu menggunakan Save for Web.

Bedanya hanya pada pemilihan format gambar dimana saya menggunakan JPEG supaya bisa dilihat dengan baik di laptop atau jika ingin menggunakannya di sosial media.

Kalau mau disimpan seperti biasa (Save As) juga boleh.

Mengenai format gambar akhir ini, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan dimana kalian akan menggunakannya.

Cukup unik bukan proses dan hasil membuat efek foto Duotone bertekstur di Photoshop ini?

Komentar

Baca juga: