Efek Foto Objek Ganda (Mirror) di Photoshop

Tutorial Photoshop kali ini biasanya dikenal dengan sebutan efek foto Mirror (pantulan objek) seperti ketika sedang berkaca.

Namun alasan saya menyandingkannya dengan istilah "Objek Ganda" adalah karena:
  1. Hasil akhir yang didapatkan menjadikan objek utama bahkan keseluruhan bidang gambar digandakan (duplikasi) dengan posisi tertentu.
  2. Mengantisipasi bias (kesalah-pahaman) pembaca bahwa efek foto ini bukanlah pantulan cermin kaca (mirror) sebagaimana yang ada di dunia nyata saat bercermin.
Berikut adalah hasil yang saya peroleh dari contoh gambar yang saya gunakan.

Cara membuat efek foto objek ganda (mirror) di Photoshop

Kalau laptopnya baik-baik saja dan meskipun performanya tidak terlalu cepat ketika menggunakan Photoshop, maka hasil tersebut bisa didapatkan hanya dalam waktu 3 menit-an saja kayaknya.

Cepat banget karena tool yang digunakan juga mudah serta jumlah layernya hanya ada 2 dan itu udah termasuk layer background yang menjadi lokasi foto asli yang dibuka di Photoshop.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memulainya.

1. Duplikat layer background

Sudah tahu lah ya bagaimana cara menduplikat layer? Saya ingatkan lagi kalau memang lupa. Klik layer gambar asli lalu tekan Ctrl + J pada keyboard.

2. Putar (flip) gambar secara horisontal

Pada layer hasil duplikat, tekan Ctrl + T untuk mengaktifkan alat transformasi foto.

Jika sudah, pindahkan titik referensi (titik tengah) saat transformasi tersebut aktif ke sudut gambar (kanan/kiri) yang menjadi arah kemana objek foto akan dihadapkan.

Lalu, klik kanan pada bagian dalam foto dan pilih Flip Horizontal.

Tahapan memutar gambar secara horisontal di Photoshop

Jika proses diatas sudah dilakukan, maka proses transformasi dengan memutar gambar tersebut pun sudah bisa diakhiri.

Hasilnya?

Penggandaan objek untuk efek foto mirror sudah dilakukan

Tampak bahwa prosesnya berhasil namun gambar hasil penggandaan tersebut masih belum bisa ditampilkan karena ukuran kedua foto dari 2 layer tersebut belum berubah.

Nanti kita lanjutkan pada tahap ketiga bagaimana cara menampilkannya tanpa harus mengubah ukuran kanvas.

Proses pemutaran gambar diatas yang memanfaatkan titik referensi saat tool tranformasi aktif itu memiliki 2 keunggulan yaitu:
  1. Mengurangi tahapan pemindahan gambar misalnya menggunakan Move Tool.
  2. Tidak perlu melakukan perubahan ukuran foto maupun kanvas (lembar kerja).
Akan tetapi, ada satu kekurangannya yaitu layer background juga secara otomatis berubah dimana foto asli mendapatkan tambahan warna solid (biasanya Putih) yang entah dari mana sumbernya.

Tapi jika kebutuhannya hanya untuk mendapatkan efek mirror atau objek ganda saja, maka tidak masalah meskipun prosesnya sedikit destruktif (merusak layer asli gambar).

3. Menampilkan seluruh isi layer (foto) yang digandakan

Untuk tahap terakhir ini, ada satu menu di Photohop yang mungkin jarang atau bahkan belum pernah kalian gunakan sebelumnya.

Namanya adalah Reveal All yang bisa dibuka melalui menu Image - Reveal All yang berfungsi untuk menampilkan (reveal; mengungkap) semua elemen grafis pada dokumen Photoshop yang sedang kalian kerjakan.

Cara menampilkan gambar tersembunyi di Photoshop dengan Reveal All

Silahkan klik menunya dan lihat bagaimana menu tersebut akan membantu untuk menampilkan gambar hasil efek mirror yang tadi masih tersembunyi.

Tidak sekedar untuk menampilkan saja, namun secara otomatis, Reveal All juga akan merubah ukuran lembar kerja dimana hasil transformasi foto sebelumnya adalah ukuran tambahannya.

Kalaupun akan ada tambahan dari proses membuat efek foto mirror ini, sepertinya itu adalah proses menyimpan file di Photoshop sesuai format yang kalian butuhkan.

Komentar

Baca juga: